Konser Coldplay (Sumber gambar: Instagram.com/coldplay)

Mengenal Restricted View, Istilah yang Muncul di Seat Plan Konser Coldplay Jakarta

12 May 2023   |   14:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Setiap orang memiliki alasannya masing-masing untuk datang ke suatu gelaran konser musik. Ada yang mungkin merasa cukup dengan melambai tangan dan bernyanyi bersama artis, tetapi di antaranya sangat mementingkan posisi terbaik agar bisa melihat penamilan artis dengan jelas.

Posisi penonton dalam gelaran memainkan peran penting bagi sebagian orang, terutama yang benar-benar menggemari sang artis. Itulah yang membuat posisi penonton ikut diatur dalam kategori tiket dan seat plan. Tak main-main, posisi penonton dalam setiap kategori tiket ini turut mempengaruhi harga tiketnya.

Baca juga: Minat Nonton Konser Coldplay? Ini Daftar Harga Tiketnya

Dengan posisi terbaik, penonton akan mendapatkan best view atau penglihatan terbaik dalam sebuah tajuk konser. Tentu saja ini turut mempengaruhi pengalaman menyaksikan konser yang lebih  dibanding lainnya.

Tak heran, harga tiket dengan penawaran best view ini dibanderol fantastis. Misalnya saja, pada seat plan gelaran konser Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno, jakarta yang dibagikan promotor PK Entertainment, di mana kategori Ultimate Experience dengan harga tiket Rp11 juta akan menempati jajaran seat CAT 1.

Posisi ini berada di sebelah kiri panggung artis yang memungkinkan penontonnya menyaksikan konser dengan tampilan wide view. Namun di samping tawaran best view, ada istilah berlawanan yang kerap dimunculkan para promotor di gelaran konser besar.

Kategori itu bernama restricted view, bisa dikatakan berlawanan dengan best view. Jika posisi best view menawarkan tampilan dari sudut dan poisi terbaik di mata penonton, maka restricted view memberi posisi dengan penglihatan terbatas saja. Artinya, pengalaman untuk menyaksikan visual artis di atas pentas mungkin akan berkurang karena keterbatasan penglihatan tersebut.
Melansir situs Ticket Master UK, penonton dengan keterangan tiket restricted view ini mungkin tak bisa melihat aksi panggung artis secara menyeluruh. Ini membuat harga tiket dengan embel-embel restricted view lebih murah dan terjual habis dalam waktu sekejap.

Biasanya, tiket dengan kategori ini berada di bagian kiri dan kanan ujung sudut belakang panggung, sementara panggung akan menghadap ke depan dengan penawaran bagi kategori tiket lainnya yang lebih mahal.

Dalam seat plan yang diperlihatkan promotor konser Coldplay di Jakarta, istilah restricted view disematkan pada kategori dan posisi seat plan CAT 7 dan CAT 8. Kategori CAT 8 berada di bagian tribun atas Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta dengan harga tiket Rp800.000, sementara posisi CAT 7 berada di tribun bawahnya yang dibanderol sedikit lebih mahal dengan harga Rp1,2 jutaan.

Meski terhalang oleh penglihatan yang terbatas, dua kategori tiket ini cukup menjadi incaran para penggemar Coldplay. Kategori CAT 7 dan CAT 8 sempat menjadi trencing topic di Twitter pada Kamis (11/5/2023) waktu malam. Beberapa di antaranya membagikan prediksi view konser dari kategori tiket tersebut. Akan tetapi, sebagian netizen lainnya menyebut tak terlalu mempermasalahkan keterangan restricted view tersebut.

Dengan permainan lighting dan sound apik seperti gelaran konser Coldplay di negara lainnya, sebagian netizen percaya jika konser ini akan tetap menyugguhkan penampilan yang menarik. “Percayalah lu beli CAT 8 juga tidak rugi karena dia Coldplay,” ujar salah satu netizen dengan nama akun @wonranihae.

Baca juga: Mengenal Xylobands, Gelang Menyala Coldplay yang Bikin Konser Makin Meriah

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cerita Ari Irham & Zoe Abbas Jackson Jadi Pemeran di Serial Bidadari Bermata Bening

BERIKUTNYA

Cek Istilah Babi di Makanan Jepang, China, dan Korea Selatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: