Ilustrasi atlet esports (sumber gambar Unsplash/Sean Do)

Seleknas SEA Games Dimulai, PBESI Optimis Esports Jadi Pilar Utama Olahraga Indonesia

04 February 2023   |   08:58 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ajang olahraga SEA Games 2023 siap digelar 5-17 Mei 2023 di Kamboja. Berlangsung kurang lebih dua pekan, olahraga se-Asia Tenggara ini tidak hanya mempertandingkan cabang olahraga fisik saja, tetapi juga olahraga elektronik atau yang dikenal dengan esports.

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) pekan ini pun sudah resmi mengawali jalannya proses Seleksi Nasional (Seleknas) sebagai bagian dari persiapan fundamental menuju Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) cabang olahraga esports SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

Baca juga: Bertabur Bintang, Cek Daftar Coach & Players Esports di Seleknas SEA Games 2023 Kamboja

Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo optimis Indonesia mampu meraih juara di SEA games 2023. Pasalnya, tim esports Tanah Air memiliki catatan positif. Yaitu mampu meraih 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu pada SEA Games ke-31 Hanoi 2021, serta menjadi Juara Umum pada Kejuaraan Dunia IESF ke-14 pada Desember 2022.

“Kami [optimis] mengemban tanggung jawab yang besar dari negara untuk menjadikan esports sebagai salah satu pilar utama yang mampu menyokong prestasi olahraga Indonesia pada SEA Games ke-32 Kamboja 2023 nanti," papar Bambang dalam siaran tertulis, Jumat (3/2/23).
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Garudaku Esi (@garudaku.esi)


Bambang pun menegaskan bahwa PBESI akan melakukan seleksi yang ketat untuk menyaring para pelatih dan atlet esports untuk Seleknas maupun Pelatnas. Sebab bertanding atas nama negara berbeda dengan bertanding atas nama perorangan maupun klub. 

"Diperlukan atlet-atlet yang tidak saja memiliki skill yang piawai, namun juga mental yang kuat, karakter yang positif, berintegritas, serta memiliki semangat bela negara yang tinggi," jelasnya.


Sejumlah Atlet & Coach Esports Telah Mengikuti Seleknas

Sebelumnya, melalui akun sosial medianya, PBESI telah mengumumkan sejumlah nama atlet yang diundang untuk mengikuti Seleknas. Atlet-atlet tersebut akan diseleksi untuk masuk ke tahap berikutnya, yaitu tahap Pelatnas untuk beberapa nomor game yang akan dipertandingkan di SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

Selain atlet, PBESI juga secara resmi memanggil nama-nama coach esports untuk ikut dalam seleknas SEA Games 2023 di Kamboja.  Beberapa nama pun sudah muncul, seperti Steven Valerian Danilo untuk PUBG Mobile (squad 1), Tasia Eda Lestari untuk Mobile Legends, dan Jendra Wahyudi untuk PUBG Mobile (squad 2).
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Garudaku Esi (@garudaku.esi)


Kepala Bidang Pelatih dan Wasit PBESI, Christian Surjadi mengatakan pada tahun ini SEA Games ke-32 Kamboja 2023 akan mempertandingkan 9 (sembilan) nomor gim. Namun, berdasarkan analis-analis dan proyeksi peluang, PB ESI hanya mengajukan untuk dapat mengikuti 6 nomor gim saja dalam ajang tersebut.

Nomor-nomor gim tersebut adalah Mobile Legends: Bang Bang Men, Mobile Legends: Bang Bang Women, PUBG Mobile Squad, PUBG Mobile Solo, Valorant, dan CrossFire. Adapun, khusus PUBG Mobile Squad, PBESI mengajukan untuk memberangkatkan sebanyak dua tim di ajang SEA Games.

“Jumlah atlet esports yang dipanggil untuk mengikuti Seleknas masih mungkin bertambah. Komitmen kami sangat jelas, bahwa tahap Seleknas adalah tahap dimana kami akan melakukan seleksi yang sebaik-baiknya, berdasarkan analisis yang sangat komprehensif dari pelatih dan tenaga profesional," papar Christian.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

J-Hope Kejutkan Army dengan Rambut Panjang untuk Konsep Photo-Folio 'All New Hope'

BERIKUTNYA

Cek Perbedaan ChatGPT Reguler & ChatGPT Plus yang Baru saja Dirilis Open AI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: