Berlangsung di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, California konferensi I/O 2023 telah selesai dihelat pada Kamis, (11/5/23) . (Sumber gambar: Google)

Rampung Digelar, Cek 6 Pengumuman Terbesar di Ajang Google I/O 2023

11 May 2023   |   09:01 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Konferensi tahunan pengembang perangkat lunak I/O telah selesai dihelat pada Kamis, (11/5/23). Berlangsung di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, California acara ini pun akhirnya mengungkap hal-hal terbaru yang sedang dikembangkan oleh raksasa teknologi Google. 

Tahun ini, Google I/O juga digelar secara langsung pascapandemi melanda global dalam beberapa tahun terakhir. Namun, perusahaan teknologi raksasa itu juga menyediakan siaran langsung yang dapat disaksikan masyarakat lewat berbagai platform, termasuk website Google atau channel YouTube Google. 

Baca juga: 10 Tools Gratis Bantu Pengguna Pahami Google Search
 
 

Pengumuman penting pun telah diwartakan Google, mulai dari sistem operasi Android, inovasi perangkat keras hingga teknologi AI. Nah, bagi Genhype yang tidak sempat menonton acara tersebut, berikut Hypeabis.id rangkum enam inovasi dari Google I/O 2023. 
 

1. Tiga Perangkat Baru di Jajaran Pixel

Salah satu pengumuman yang paling dinantikan para penggemar dari Google I/O adalah hadirnya perangkat keras terbaru dari Google. Tahun ini, perusahaan teknologi itu pun meluncurkan tiga produk baru yakni Pixel Fold, Tablet Pixel, dan Pixel 7A yang telah lama ditunggu khalayak.

Pixel Fold dibanderol seharga US$1.799 atau setara Rp26.425.000 (kurs Rp14.687) yang menandai entri pertama Google ke layar lipat. Adapun, perangkat ini mengusung layar luar OLED 5,8 inci yang terbuka untuk menampilkan layar 7,6 inci yang lebih lewat panel OLED dengan kecepatan refresh rate 120Hz. 

Ada juga Tablet Pixel 11 inci baru dengan harga US$499 atau Rp7.329.000. Menjadi tablet entry level, perangkat ini berfungsi sebagai tablet biasa dan layar pintar berkat dok pengisi daya magnetis yang disertakan yang juga berfungsi sebagai speaker.

Terakhir, Google juga memperbarui jajaran A-series kelas menengahnya dengan penambahan Pixel 7A. Sama seperti Pixel Fold dan Pixel Tablet, perangkat ini memiliki chip Tensor G2 Google, bersama dengan layar 1080p 6,1 inci yang dapat berjalan hingga 90Hz. 

Adapun, Versi dasar ponsel series 7A dibanderol US$499 atau Rp7.329.000, tetapi beberapa operator akan memiliki opsi harga hingga US$549 atau Rp8.063.000 yang mendukung gelombang milimeter (mmWave). 
 

2. Google Search Bakal Didukung Snapshot Bertenaga AI

Google Search tahun ini juga akan mendapatkan pembaruan lewat inovasi snapshot AI. Setelah memilih fitur baru bernama Search Generative Experience (SGE) nantinya Genhype akan mulai melihat jawaban yang didukung AI di bagian paling atas hasil pencarian untuk beberapa kueri.

Tak hanya itu, kalian pun dapat mempersempit informasi dalam snapshot dengan pertanyaan lanjutan. Adapun, cuplikan AI ini juga  didukung model terbaru bahasa besar Google (LLM) yang disebut PaLM 2, yang mendukung puluhan layanan Google, termasuk chatbot Bard. 
 

3. Bard Bakal Tersedia untuk Semua Orang

Berbicara tentang Bard, Google juga akhirnya mengumumkan bahwa chatbot bertenaga AI-nya tersebut sekarang tersedia untuk semua orang , terlepas dari apakah kalian ada di daftar tunggu. Perusahaan pun menambahkan sejumlah fitur baru, termasuk dukungan bahasa Jepang dan Korea. Selain itu kalian juga kan lebih mudah untuk mengekspor teks yang dihasilkan ke Google Docs dan Gmail.

Dari segi visual, perusahaan ini juga mulai memberi fitur mode gelap baru dan fitur pencarian visual, bahkan mereka   berencana untuk menambahkan lebih banyak fungsi di masa mendatang. Termasuk pembuatan gambar AI yang menggunakan pembuat gambar AI Adobe atau Firefly, serta integrasi dengan layanan pihak ketiga seperti OpenTable dan Instacart. 

Baca juga: Google Luncurkan Bard, Siap Bersaing dengan ChatGPT dari Open AI
1
2


SEBELUMNYA

Berisiko Ketergantungan, Inhaler Sudah Tidak Direkomendasikan Bagi Pasien Asma

BERIKUTNYA

7 Kontroversi SEA Games 2023, dari Bendera Terbalik hingga Larangan Sapu Bersih Medali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: