Acara tahunan dari raksasa teknologi Google yang dinantikan adalah I/O (Sumber gambar: Google)

Cek Cara Streaming & Hal-hal Menarik dari Acara Google I/O 2023

10 May 2023   |   11:04 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Penikmat  teknologi dan pengguna android siap semringah. Sebab, konferensi tahunan pengembang perangkat lunak I/O 2023 dari Google siap digelar pada Kamis 10 Mei 2023. Tahun ini, gelaran itu pun bakal menghadirkan sejumlah event menarik.

Dihelat di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, California acara ini akan mengungkap hal-hal terbaru yang sedang dikembangkan oleh Google. Mulai dari sistem operasi Android, kecerdasan buatan, hingga perangkat keras Google Pixel yang ditunggu-tunggu khalayak. 

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Fitur Google Discover
 
 


Tak hanya itu, Google I/O tahun ini juga akan menjadi perhelatan pertama yang dapat dihadiri secara langsung pasca pageblug melanda global. Namun, Google juga menyediakan siaran langsung yang dapat disaksikan masyarakat lewat berbagai platform.

Penonton bisa mengakses live streaming acara ini melalui website Google atau channel YouTube Google. Selain itu, kalian pun bisa menyaksikan versi rekaman ulang dari acara di laman yang sama bila tidak sempat mengikuti secara langsung.

Adapun, acara ini akan dimulai pada 10 Mei 2023 pukul 13.00 siang EST/10 Pagi PT. Sementara itu, bagi penonton yang berlokasi di Indonesia, siaran dapat disaksikan pada 11 Mei 2023 pukul 00.00 WIB. 

Nah, biar enggak penasaran ada hal-hal menarik apa saja dari acara Google I/O 2023  berikut Hypeabis.id rangkumkan beberapa poin menarik yang bakal diumumkan dalam ulasan berikut:


1.  Google Pixel Tablet 

Salah satu pengumuman yang paling dinantikan para penggemar dari kegiatan Google I/O 2023 adalah hadirnya perangkat keras terbaru dari Google. Tahun ini, perusahaan teknologi itu disebut akan meluncurkan Pixel Tablet.

Sebelumnya info mengenai peluncuran tablet ini memang sempat bocor di situs Amazon Jepang. Kendati saat ini sudah dihapus, tapi informasi mengenai spesifikasi dari tablet tersebut sudah terlanjur diketahui publik.

Mengutip The Verge, tablet ini akan menggunakan chipset Tensor G2, sama seperti Pixel 7 Series. Adapun dapur pacu dari tablet ini didukung dengan RAM 8GB serta dua pilihan memori yang tersedia yaitu 128GB dan 256GB.

Laman tersebut juga menyertakan harga Pixel Tablet yang dibanderol 79.800 yen atau sekitar Rp8,7 juta. Namun, mengingat ini masih bocoran, maka Genhype perlu menunggu pengumuman resmi dari Google agar dapat tahu mengenai harga yang valid.


2. Pixel 7A

Selama beberapa bulan terakhir Google Pixel 7A juga telah bocor beberapa kali di internet sehingga kemungkinan besar akan diluncurkan tahun ini. Imbasnya, sejumlah spesifikasi perangkat ini pun sudah banyak diketahui khalayak.

Google Pixel 7A disebut akan memiliki chip Tensor G2, kamera utama 64MP yang ditingkatkan, dan kamera ultra wide 13MP. Selain itu, gawai ini juga akan mengusung layar dengan kecepatan refresh 90Hz dan dukungan pengisian daya nirkabel dengan daya 18W, sehingga mengalami peningkatan signifikan dari pendahulunya Pixel 6A.

Namun, dengan adanya peningkatan ini harga Pixel 7A juga disebut akan melambung lebih tinggi, yakni US$500 atau sekitar Rp7,3 juta. Tidak hanya Pixel 7A, Google disebut juga akan memperkenalkan Pixel Fold pada event Google I/O tahun ini.


3. Android 14 

Selain peluncuran tersebut, tahun ini I/O 2023 juga akan mengenalkan Android 14. Adapun, versi terbaru android ini akan menampilkan sejumlah optimalisasi untuk perangkat lipat, tablet, dan perangkat dengan layar lebih besar.

Diketahui, sejak peluncuran Android 14 beta diluncurkan bulan lalu Google memang menambahkan berbagai fitur baru yang menyatu dengan latar belakang android. Selain itu, mereka juga menambah dukungan kunci untuk sandi serta masa pakai baterai yang lebih lama.


4. Pengembangan Teknologi AI

Perhelatan I/O tahun ini disebut juga akan memfokuskan terkait teknologi AI yang sedang dikembangkan oleh Google yang mencakup peluncuran PaLM 2, atau versi terbaru dari model bahasa besar (LLM).

Tak hanya itu, beberapa peningkatan di Google Bard juga akan diumumkan. Hal ini mengikuti  inovasi penggunaan AI di Google dengan melibatkan pengkodean, matematika, dan logika sambil nantinya menambahkan dukungan untuk bahasa Jepang dan Korea.

Baca juga: Hal-Hal Menarik yang Diumumkan Google pada Ajang I/O 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Jadwal Match MLBB Women di SEA Games 10 Mei 2023, Indonesia Siap Lawan Kamboja & Filipina

BERIKUTNYA

Hari Lupus Sedunia 2023: Mengenal Lebih Dekat Gejala dan Pemicu Penyakit Autoimun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: