Google Discover (Sumber foto: Google)

Mengenal Lebih Jauh Fitur Google Discover

20 April 2023   |   12:11 WIB

Genhype sudah mengenal Google Discover? Secara default, fitur Discover (penemuan) selalu aktif pada aplikasi Google di ponsel. Fitur ini akan menampilkan informasi seperti cuaca dan saham, dan berita-berita terkini di aplikasi Google dan peramban Chrome di ponsel.

Cukup banyak orang yang cukup puas dengan fitur ini tanpa harus mengutak-atik lebih lanjut. Namun bila Anda belum merasa pas dengan fitur ini, kita bisa melakukan penyesuaian. Kita bahkan bisa menonaktifkannya bila perlu.
 

Mengkonfirmasi ketertarikan kita

Tiap kartu (card) yang ditampilkan oleh fitur Discover disesuaikan dengan ketertarikan kita. Kartu ini bisa menampilkan informasi seperti cuaca, berita, dan skor terbaru dari klub sepakbola kesayangan Anda.

Google mendeteksi  ketertarikan ini secara otomatis, dari riwayat pencarian dan berita yang kita klik. Karena itu, Discover mensyaratkan sejarah aktivitas dan pencarian (Web & App Activity) sudah diaktifkan.  Deteksi otomatis ini belum tentu cocok. Untungnya, kita bisa mengkonfirmasinya atau menolaknya.

Bila kita mengklik kartu atau berita, Google akan menganggap kita memang tertarik pada informasi tersebut. Bila ini tidak benar, kita bisa memberikan masukan. Ketuk simbol titik tiga di bagian kanan bawah kartu. Ini akan menampilkan menu More Options. Anda bisa memilih bahwa Anda tidak tertarik pada berita itu saja (not interested in this), tidak tertarik pada topiknya, atau tidak suka sumber beritanya.

 
Tampilan fitur Discover di aplikasi Google (tangkapan layar)
Sebagai contoh, bila sumbernya berasal dari situs yang Anda anggap sering menyuguhkan berita bombastis dan propaganda, Anda bisa memasukkannya ke dalam daftar hitam. Google tidak akan menampilkan lagi berita dari situs itu. Bila Anda tidak tertarik pada topiknya, ini juga bisa diblokir.

Pengaturan ketertarikan bisa dilakukan lebih jauh dari menu Google. Ini bisa diakses dengan mengklik foto profil Anda dan memilih menu Settings. Selanjutnya, pilih Personalization, dan Manage your interest. Di sini ada dua bagian yang bisa diatur: Your interests (ketertarikan Anda, seperti yang dideteksi Google), serta Not interested.

Di bagian Your interest ini kita bisa melihat topik-topik apa saja yang diikuti oleh Discover. Kita bisa menghapusnya bila perlu. Ada pula topik-topik yang menurut Google akan menarik buat Anda, tetapi belum dipantau oleh Discover. Kita bisa menambahkannya.

Di bagian Not interested kita akan menemukan topik-topik dan sumber berita yang sebelumnya sudah kita tolak.  Bila ada topik atau situs berita yang ingin Anda munculkan lagi, Anda bisa menghapusnya dari bagian ini.

Selain ketertarikan, informasi yang ditampilkan juga tergantung pada lokasi saat ini dan riwayat perjalanan Anda. Apabila setelan tersebut dimatikan, Discover tidak akan menampilkan informasi seperti cuaca di lokasi Anda saat ini.


Menonaktifkan Discover

Buat saya fitur Discover ini sangat membantu buat menampilkan berbagai artikel dan berita yang menarik perhatian. Namun bagaimana kalau kita tidak lagi suka dan ingin menonaktifkannya? Ini bisa dilakukan dari setelan (settings) dan memilih menu General. Anda akan menemukan opsi untuk mematikan fitur Discover.

Baca juga: Optimalkan Fitur Google Lens Yuk

Fitur Discover tidak hanya terintegrasi dengan aplikasi Google di ponsel, tapi juga aplikasi peramban Google Chrome. Saya tidak keberatan dengan Discover di aplikasi Google, tapi saya tidak merasa perlu fitur ini ditampilkan di Chrome. Untungnya, fitur ini juga bisa dinonaktifkan di sini. Pilih ikon roda gigi di bagian kanan, lalu pilih Turn Off (matikan). Chrome tidak akan menampilkan lagi berita dan artikel dari fitur Discover.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Diduga Menjadi Penyebab Meninggalnya Carlo Saba, Kenali Gejala Serangan Jantung

BERIKUTNYA

Yuk Atur Uang Mudik dengan Cara Ini, Biar Enggak Boros di Perjalanan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: