Proses pengambilan gambar (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Expect Best)

6 Pemenang Festival Film Bulanan Kemenparekraf Bakal Tampil Cannes

09 May 2023   |   17:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Enam pemenang Festival Film Bulanan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan hadir di International Film Market, Cannes, Prancis yang akan diselenggarakan mulai dari 16 Mei 2023. Keikutsertaan mereka merupakan hasil fasilitasi Kemenparekraf.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan keikutsertaan mereka menjadi ajang penting bagi para pembuat film untuk bertemu langsung dan mempresentasikan karya

Baca juga: Aktor Gaek Michael Douglas Dapat Penghargaan Palme d'Or di Festival Film Cannes 

“Kepada calon investor, distributor, buyer, produser, hingga jaringan festival film pendek bertaraf internasional,” katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Tidak hanya itu, para pemenang juga akan merasakan sensasi di ajang tersebut, sehingga dapat memperoleh pengalaman dan nilai tambah.

Dia menambahkan, diri memiliki harapan program Festival Film Bulanan itu dapat memberikan kontribusi positif yang nyata dan berkelanjutan bagi para sineas muda di dalam negeri untuk berkarya dan mengukir prestasi.

“Serta yang paling penting menyerap puluhan ribu tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan pelaku industri kreatif perfilman Indonesia,” tegasnya.

Dia menuturkan, Festival Film Bulanan juga telah melakukan kolaborasi dengan Institut Francais Indonesia (IFI) dalam kegiatan screening dan networking. Menurutnya, kerja sama ini sudah mulai berjalan dan diharapkan dapat terus berlanjut.

Dia berharap, kolaborasi yang terjalin kian mempererat kerja sama antara kedua negara dalam bidang ekonomi kreatif, khususnya film. Dengan begitu, maka akses jejaring distribusi film internasional Indonesia akan kian luas.

Pada 2023, Festival Film Bulanan bekerja sama dan terintegrasi dengan beberapa pihak seperti pemerintah, akademisi, swasta, media, komunitas, pelaku kreatif, dan konsumen. Tidak hanya itu, ajang ini juga berkolaborasi dengan sejumlah platform over the top (OTT).

Adapun, enam pemenang Festival Film Bulanan 2022 adalah: 
  1. Gemintang, karya Gresik Movie dari Jawa Timur, yang berhasil meraih penghargaan Ide Cerita Terbaik.
  2. Memorabilia yang merupakan karya Jogja Film Academy dari DI Yogyakarta meraih penghargaan Visual Terbaik.
  3. Cerita di Waktu yang Salah, karya Vanasea Films dari Jawa Barat meraih penghargaan kategori Audio Terbaik.
  4. Maramba, karya Etanan Films dari DI Yogyakarta berhasil memenangkan Dokumenter Terbaik.
  5. Semayam, pemenang penghargaan Film Terbaik Festival Film Bulanan 2022, karya Maju Jalan Film dari D.I. Yogyakarta.
  6. Iwi Marahena, sineas muda pembuat film dari Kota Masohi, Maluku Tengah.

Setelah mengadakan Festival Film Bulanan 2022, pemerintah kembali mengadakanya pada tahun ini. Dikutip dari laman festivalfilmbulanan.com, pendaftaran festival ini adalah dari 2 – 12 setiap bulannya.

Sementara itu, kurasi film akan dilakukan pada 13 – 21 dan pengumuman film terpilih pada 22 setiap bulan. Pada Februari tahun ini, lokasi fokus ajang ini adalah di Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta.

Kemudian, di Banten dan Jawa Barat pada Maret. Sementara pada April dan Mei masing-masing di DKI Jakarta & Jawa Timur dan Bali, Nusa Tenggara Barat, serta Nusa Tenggara Timur. Lokasi fokus di Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, dan Lampung adalah pada Juni.
Secara keseluruhan, terdapat 10 lokasi fokus ajang Festival Film Bulanan yang diadakan oleh Kemenparekraf sepanjang tahun ini.

Baca juga: Berkompetisi di Festival Film Cannes, Cek Fakta Menarik Basri and Salma in A Never-Ending Comedy

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Cek Cara Tampil Classy dengan Warna Sage Green Ala Gen Z

BERIKUTNYA

Resep Daifuku Mochi, Cocok Dihidangkan saat Kumpul Bersama Keluarga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: