Mochi (Sumber gambar: Unsplash/ Ahamada Zubery)

Resep Daifuku Mochi, Cocok Dihidangkan saat Kumpul Bersama Keluarga

09 May 2023   |   18:20 WIB

Like
Mochi atau moci adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan air dan dibentuk menjadi bola-bola kecil. Di Jepang, mochi sering dibuat pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru jepang. Sekarang ini, moci sudah banyak dijual di toko-toko kue di Indonesia. 

Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, serta biasanya diisi dengan aneka ragam isian, seperti kacang merah, stroberi, kacang hijau, keju, cokelat, dan lain sebagainya. Mochi menjadi salah satu makanan populer dan digemari di seluruh dunia karena rasa dan keunikan teksturnya.

Baca juga: Resep Tamagoyaki, Telur Dadar Khas Jepang

Mochi sudah ada sejak zaman kuno Jepang dan dianggap sebagai makanan sakral yang dihidangkan dalam berbagai acara ritual dan upacara tradisional Jepang.

Sebelum alat penggiling modern ditemukan, beras ketan diolah dengan cara dihaluskan menggunakan batu penggiling tradisional yang disebut "usu" dan "kine". Setelah beras ketan dihaluskan dan dicampur dengan air, adonan kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil dan dikukus hingga matang.

Di Indonesia, mochi merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat, tepatnya dari daerah Sukabumi. Mochi yang ada di Indonesia dan mochi yang ada di Jepang kurang lebih memiliki karakteristik, bahan pembuatan, serta proses pembuatan yang sama. Lalu dalam proses membuat mochi diperkenalkan ke Jepang dari Asia Tenggara.

Menurut beberapa Antropolog dan Sejarawan Indonesia, mochiyang ada di Indonesia berasal dari Kerajaan Sunda yang ada di wilayah barat pulau Jawa ketika masa kejayaan kerajaan-kerajaan Islam. Di Indonesia, sekarang mochi sudah berkembang luas, dan beberapa daerah lain di pulau Jawa, seperti Semarang dan Yogyakarta sudah memiliki mochi khas daerah masing-masing.

Mochi juga  telah banyak mengalami modifikasi ukuran dan rasa yang lebih besar. Salah satunya yang sedang viral saat ini di TikTok adalah mochi daifuku yang berasal dari Jepang, mochi yang memiliki isian pasta kacang merah yang biasanya dikasih tambahan berupa buah stroberi utuh. Konon, ichigo daifuku ditemukam pada tahun 1980-an terletak di kota Yoshimi. Kota ini diakui sebagai penghasil stroberi, sehingga menjadi alasan mengapa buah manis ini dijadikan bahan utama.

Selain diisi dengan potongan stroberi, mochi daifuku ini juga kerap dikreasikan dengan berbagai macam bahan. Mulai dari yang isiannya cokelat, es krim, atau buah lainnya seperti kiwi dan mangga. Camilan ini sangat pas disantap sebagai hidangan ringan saat berkumpul bersama keluarga atau teman dirumah. Berikut adalah resep membuat mochi daifuku yang bisa Genhype buat di rumah.


Bahan isian:

- 200 gr stroberi
- 150-200 gr pasta kacang merah
- 100 gr tepung ketan
- 10 gr tepung jagung
- 30 gr gula
- 175 ml air


Cara membuatnya:

1. Siapkan bahan-bahan, cuci dan keringkan stroberi dengan tisu dapur sampai kering.
2. Ambil secukupnya pasta kacang, bulatkan dan pipihkan isi dengan buah stroberi lalu bulatkan lagi, lakukan sampai selesai dan simpan di dalam kulkas sambil menunggu adonan kulit mochi selesai.
3. Campurkan kedalam mangkuk tepung ketan dan tepung jagung, gula, lalu aduk rata.
4. Tuangkan air, aduk rata. Lalu kukus adonan selama 30 menit sampai matang.
5. Jika menggunakan microwave waktu bisa lebih singkat.
6. Keluarkan adonan, angkat dan aduk-aduk saat masih panas, gulingkan adonan pada tepung maizena. Kemudian potong-potong adonan menjadi 12 bagian.
7. Ambil 1 potongan kulit mochi, pipihkan dan letakan bahan isian ke kulit mochi lalu bulatkan lagi. Lakukan hingga selesai dan disajikan.

Baca juga: Ini Dia Inspirasi 5 Makanan dari Tayangan Anime yang Mudah Dibuat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

6 Pemenang Festival Film Bulanan Kemenparekraf Bakal Tampil Cannes

BERIKUTNYA

Resep Kue Cubit Green Tea & Nutrijel yang Mudah Dibuat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: