ASUS ExpertBook P1 ( sumber gambar ASUS)

Cek Spesifikasi dan Harga ASUS ExpertBook P1, Debut Laptop Buatan Lokal

27 March 2023   |   21:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Vendor ASUS kembali mengumumkan ketersediaan laptop terbaru untuk segmen bisnis di pasar Indonesia, yaitu ASUS ExpertBook P1 (P1412) . Laptop ini ditujukan untuk sektor industri dengan berbagai skala bisnis, mulai dari UMKM sampai korporasi, termasuk instansi pemerintahan. ASUS ExpertBook P1 (P1412) merupakan laptop basic yang menghadirkan performa bertenaga serta visual yang imersif.

Tak hanya itu, sesuai target pasar yang dituju, laptop ini juga diklaim fleksibel dari sisi konfigurasi spesifikasi dan diproduksi dalam negeri. Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia, mengatakan perusahaan memang  tunduk pada regulasi pemerintah terkait Kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri. Hal ini dibuktikan dengan memproduksi laptop di dalam negeri.

Baca juga: Spesifikasi & Harga Laptop ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition

“Sejak kuartal keempat 2022, ASUS mulai mengembangkan produksi laptop di Indonesia, yakni ExpertBook P1 (P1412) series yang sudah mulai didistribusikan di awal 2023," papar Jimmy Lin dalam siaran tertulis, Senin (27/3/23).

ASUS ExpertBook P1 (P1412) menurut Jimmy tersedia dalam pilihan spesifikasi yang beragam. Oleh karena itu, mereka memilih untuk memproduksi ExpertBook P1 (P1412) dengan Intel Core generasi ke-11 yang bisa diproduksi dengan kuantitas berapapun.

Perangkat ini diklaim menjadi laptop basic dengan performa yang mumpuni dan visual yang imersif dengan pilihan prosesor Intel Core i3 sampai Intel Core i7. Selain itu ASUS ExpertBook P1412 juga hadir dengan NanoEdge display dan layar dengan sudut pandang hingga 178 derajat berlapis matte anti-glare untuk experience yang lebih nyaman.

Tak hanya itu, di dalam body laptop yang ringkas, prosesor Intel Core dengan dapur pacu RAM DDR4-3200MHz berkapasitas hingga 24GB. Kapasitas RAM yang besar dan dapat di-upgrade ini tentu akan bermanfaat bagi industri yang membutuhkan platform kerja yang dapat digunakan dalam jangka panjang.

Adapun, dari segi storage, pengguna juga bisa menikmati penyimpanan kecepatan tinggi dan sekaligus berkapasitas luas. Dilengkapi dengan dual-storage desain yang digunakan laptop diklaim bisa menampung SSD PCIe berkapasitas 1TB dan juga harddisk ataupun SSD SATA yang lebih terjangkau, dengan berkapasitas hingga 1TB.

Perlindungan Skala Enterprise
ASUS ExpertBook P1 (P1412) menyediakan beraneka ragam perlindungan standar industri, baik secara hardware maupun software. Adapun untuk bisnis dan instansi pemerintahan, tentunya fasilitas ini sangat krusial dan wajib ada di sebuah laptop.

Dari sisi hardware, laptop ini menggunakan reinforced chassis, reinforced lid serta E-A-R HDD protection. Meskipun secara desain laptop ini serupa dengan laptop di seri consumer, tapi reinforced chassis membuat daya tahan fisik laptop ini jauh lebih kuat. 

Daya tahan ini juga didukung dengan tambahan plat metal yang membuat komponennya lebih tahan terhadap goncangan dan benturan. Tak hanya lebih kuat, reinforced chassis juga disebut dapat meningkatkan kenyamanan mengetik.

Tak hanya di area keyboard, reinforced lid juga membuat area bezel menjadi lebih solid untuk menghindari kerusakan layar yang lebih parah saat kecelakaan fisik terjadi. Teknologi reinforced lid juga  memungkinkan cover laptop dibuka-tutup dengan sangat smooth. 

Sistem Keamanan & Pengelolaan 
 Dari sisi sistem keamanan untuk bekerja di sektor bisnis dan industri, ASUS ExpertBook P1 (P1412) hadir dengan sistem pengamanan yang kuat untuk memastikan data dan informasi rahasia tidak bocor ke luar.

Salah satunya lewat pengamanan hardware berupa TPM 2.0 (Firmware TPM) untuk memastikan para penyerang tidak bisa menerobos sistem operasi dan melakukan pencurian data. Adapun, untuk fisik laptop, tersedia juga security lock yang mencegah laptop dicuri oleh orang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, dari sisi kemudahan pengelolaan, laptop ini juga menyediakan ASUS Control Center. Teknologi ini berguna untuk memberikan kemudahan untuk memonitor, pengelolaan secara remote dengan antarmuka yang sangat mudah digunakan.

Baca juga: Jajaran Laptop Gaming Canggih yang Sudah Dibekali Kartu Grafis NVIDIA RTX 40, Intip Harganya

Ada juga teknologi ASUS Business Manager yang bisa mengamankan data-data di storage. Termasuk melakukan setting system dan menghapus total data, bahkan mengunci port USB dan melarang pengubahan di sistem operasi. 

Adapun, dari segi harga ASUS ExpertBook P1 (P1412) dibanderol mulai Rp5.999.000. Keuntungan lainnya adalah perusahaan memberikan garansi sampai dengan 3 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS Expert Warranty.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Jenahara x Mothercare Rilis Koleksi Ramadan untuk Anak

BERIKUTNYA

10 Tip Laris Manis Penjual Kuliner di Bulan Ramadan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: