Clarissa Wirogo, pemenang pertama Modest Young Desainer Competition 2023. (Sumber : IFC)

Koleksi Fesyen Modest dengan Inspirasi Pakaian Suku Baduy Berlenggang di Hong Kong Fashion Week

09 May 2023   |   11:59 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Rancangan desainer pemenang Modest Young Desainer Competition (MYDC) 2023, Clarissa Wirogo, tampil dalam pekan mode bergengsi Hong Kong Fashion Week (Fashion InStyle) yang diselenggarakan 19-23 April 2023. Koleksi fesyen bernuansa monokrom ini ternyata terinspirasi dari pakaian Urang Kanekes.

Clarissa sengaja mengangkat fesyen dengan inspirasi budaya Suku Baduy agar masyarakat lebih mengenal luas tentang kelompok masyarakat yang memegang teguh nilai-nilai kearifan lokal serta hidup berdampingan dengan alam ini melalui rancangannya.
 
Secara kultural, masyarakat Kanekes terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Kanekes dalam yang umumnya mengenakan pakaian warna putih dan gelap, dan Kanekes luar yang hanya mengenakan pakaian dengan warna gelap.

Baca juga: Kala Keindahan Wastra Nusantara Dipadukan dengan Fesyen Berkelanjutan 

Mahasiswi Textile and Fashion Design PCU (Petra Christian University) Surabaya angkatan 2019 ini menampilkan koleksi bernuansa monokrom dengan menggunakan Wastra Nusantara seperti tenun lurik, jumputan, dan batik diatas katun dobby.
 
Clarissa mengaplikasikan keragaman wastra tersebut dalam siluet yang loose dan aksen tumpuk yang dinamis dalam dominasi warna putih dan gelap sesuai pakaian adat Urang Kanekes.
 
Koleksi ini memberikan tampilan yang maskulin dan modern sehingga mencerminkan sosok wanita Indonesia yang berani, modern, dan modis, namun tidak melupakan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di sekitarnya.
 
“Saya tidak menduga bisa meraih juara MYDC 2023, apalagi sebagai juara pertama. Sebuah kehormatan bagi saya mencoba kemampuan di antara para desainer-desainer muda dari seluruh Indonesia,” ungkap wanita yang ingin fokus di mengikuti ajang fesyen internasional itu.
 


Maret lalu, Clarissa Wirogo dinobatkan sebagai Pemenang Pertama Modest Young Designer Competition (MYDC) 2023. Selain mendapatkan penghargaan berupa uang tunai senilai Rp40 juta beserta plakat, sertifikat, dan souvenir, Clarissa berkesempatan mengikuti pekan mode bergengsi skala internasional di Hong Kong.

Modest Young Designer Competition (MYDC) merupakan ajang kompetisi desain untuk modest fashion yang terbesar di Indonesia. Merupakan bagian dari program Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) RI, dan Indonesian Fashion Chamber (IFC).

MYDC telah diselenggarakan secara berkelanjutan sejak tahun 2017 dengan tujuan untuk menjaring desainer muda yang kreatif dan inovatif serta memiliki kemampuan sebagai entrepreneur guna meningkatkan kompetensi busana muslim Indonesia agar memiliki daya saing tinggi di pasar nasional maupun global, dan sebagai upaya mewujudkan Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia.

Mengusung tema Intertwined Wastra, peserta kompetisi ini disyaratkan untuk membuat sketsa desain busana modest siap pakai dengan menggunakan inspirasi wastra/kain tradisional Indonesia dan digabungkan dengan sesuatu yang kekinian dan bersiap mengikuti pameran dagang.
 
Dari 500 lebih sketsa yang dikirimkan oleh peserta yang mendaftar, kemudian diseleksi untuk menentukan 15 Finalis oleh Dewan Juri yang terdiri dari Taruna K. Kusmayadi, Advisory Board IFC selaku Ketua Juri; Misha Ramadhan Nugraha, Asisten Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia; Dina Midiani, Trend Expert; dan Sofie, Fashion Designer & Entrepreneur.
 
15 finalis terpilih disyaratkan untuk mewujudkan empat koleksi dari enam sketsa desain yang dibuat serta mendapatkan coaching sebanyak tiga kali dari para juri. Kemudian, koleksi rancangan 15 finalis tersebut ditampilkan dalam acara Grand Final MYDC 2023 yang digelar dalam rangkaian acara Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ 2023 Road to IN2MOTIONFEST tanggal 8 Maret 2023 di The Westin Jakarta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
SEBELUMNYA

Menengok Arah Perkembangan Pendidikan Pascasarjana di Indonesia

BERIKUTNYA

SNBT Dimulai, Cek Daftar Jurusan Kuliah Favorit di Indonesia Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: