Momen memilih jurusan kuliah kadang sering membuat bingung calon mahasiswa. (Sumber gambar: Unsplash/ Vasily Koloda)

SNBT Dimulai, Cek Daftar Jurusan Kuliah Favorit di Indonesia Ini

09 May 2023   |   11:42 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Proses Ujian Tertulis Berbasis Komputer dan Seleksi Nasional Berbasis Tes atau UTBK-SNBT telah dimulai pada 8 Mei 2023. Tentu saja momen ini menjadi ajang bagi para siswa SMA dan sederajat untuk mempersiapkan rencana perkuliahannya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, peserta SNBT pun kini dibebaskan untuk memilih lintas jurusan. Jadi, peserta dari berbagai jurusan baik SMA, SMK, dan MA dapat memilih program studi (prodi) sesuai minat dan keinginan di perguruan tinggi.

Baca juga: Dimulai Hari Ini, Cek Dokumen & Tata Tertib yang Harus Diperhatikan Peserta UTBK-SNBT 2023

Namun, pemilihan jurusan seringkali membuat bingung siswa saat kuliah. Nah, untuk membantu Genhype memilih berbagai jurusan, berikut jurusan favorit yang paling banyak diminati pelajar yang dapat menjadi referensi, kalian dihimpun dari berbagai sumber resmi.


1. Ilmu Komunikasi

Jurusan yang mempelajari tentang penyampaian informasi secara efektif melalui media ini memang tak pernah sepi peminat. Sebab, lulusan dari ilmu komunikasi dibutuhkan oleh hampir setiap perusahaan untuk memperkenalkan bisnis mereka ke publik.

Jurusan ilmu komunikasi mencakup berbagai bidang ilmu, seperti hubungan masyarakat, jurnalistik, penyiaran, manajemen komunikasi, periklanan, hingga komunikasi media. Adapun jurusan ini juga terdapat di beberapa kampus terbaik, seperti UI, Gajah Mada, Airlangga, Diponegoro.


2. Kedokteran

Kedokteran merupakan jurusan yang mempelajari masalah kesehatan. Kendati perlu biaya yang cukup besar dan waktu belajar yang lama, tapi jurusan ini selalu menjadi tujuan favorit. Sebab lulusannya banyak yang menjadi dokter dan dapat membuka praktek sendiri.

Tak hanya itu, kesadaran akan kondisi kesehatan masyarakat juta terus menjadi perhatian generasi muda Tanah Air. Komitmen untuk mengembangkan kesehatan masyarakat tak pelak membuat jurusan ini selalu ramai peminat. Adapun kuliah jurusan ini pun menjadi pilihan favorit di UI, UGM, Unair, Brawijaya, dan UNS.


3. Ilmu Hukum

Ilmu hukum juga menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati. Cakupan jurusan ini sebenarnya sangat luas, tapi secara umum ilmu hukum mempelajari tentang ketertiban hidup dan peraturan yang jelas dalam bermasyarakat berdasarkan norma dan hukum yang dibuat negara.

Biasanya lulusan kuliah dari hukum akan berkarir sebagai hakim atau jaksa, tapi ada juga yang memilih sebagai pengacara publik atau swasta dan notaris. Adapun perguruan negeri tinggi favorit untuk fakultas ini mulai dari UI, UGM, Padjadjaran, Unair, Undip, Unibraw, Unhas, USU, Unand, dan Unsri.


4. Desain Komunikasi Visual (DKV)

DKV menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati pelajar Indonesia, sebab lulusan jurusan ini pun memiliki peluang karier yang baik di masa depan. Jika Genhype menyukai desain visual dan memiliki banyak ide kreatif maka tidak ada salahnya memilih jurusan ini.

Setidaknya, ada enam PTN yang menjadi pilihan favorit calon mahasiswa yang ingin mempelajari DKV. Yaitu ITB, UGM, Unpad, Institut Seni Indonesia (ISI),Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI), dan Unnes semarang.

Baca juga: Calon Mahasiswa Wajib Tahu! Ini 3 Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri
1
2


SEBELUMNYA

Koleksi Fesyen Modest dengan Inspirasi Pakaian Suku Baduy Berlenggang di Hong Kong Fashion Week

BERIKUTNYA

Banyak Pengguna Twitter Kehilangan Followers, Ternyata Ini Sebabnya 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: