Canon EOS R8 (Sumber Foto: Canon Indonesia)

Canon EOS R8 Mirrorless Full-Frame Resmi Rilis di Indonesia, Cek Spesifikasi dan Harganya

08 May 2023   |   19:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Dewasa ini kebutuhan untuk fotografi makin meningkat, apalagi dengan adanya sejumlah profesi seperti fotografer, sinematografer, dan content creator. Untuk mendapatkan gambar video dan foto berkualitas tinggi layaknya profesional tentu dibutuhkan perangkat kamera canggih.

Kabar baiknya, hari ini diluncurkan kamera mirrorless full frame Canon EOS R8. Desainnya ringan dan ringkas dengan bobot sekitar 461 gram. Bahkan EOS R8 merupakan kamera fulll frame paling ringan yang berada dalam jajaran EOS seri R Canon.

Monica Arisetiawan, selaku Canon Bussiners Unit Director PT Datascript memaparkan bahwa di Indonesia sendiri, kamera dengan market entry level yang harganya low budget masih diperlukan. Namun, tetap didukung teknologi yang terus berkembang. Canon EOS R8 merupakan terobosan kamera hybrid yang memungkinkan pengambilan foto dan video dengan kualitas optimal.

Baca juga: Canon Rilis Lensa Telefoto Medium & Speedlite Ciamik, Cek Spesifikasinya Yuk!

"Ke depannya kamera mirrorless akan menjadi tren, dengan desain lebih ringkas dan autofokus yang lebih maksimal," kata Monica dalam acara peluncuran Canon EOS R8 di Jakarta Utara, Senin (8/5/2023).

Canon EOS R8 memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk mendukung kegiatan fotografi dan videografi layaknya profesional. Dani Nahason, asisten marketing manajer dari PT Datascript memaparkan bahwa Canon EOS R8 ini akan melengkapi lini kamera EOS R mulai dari seri advance sampai entry level.

"Pada kamera Canon EOS R8, kami berikan processor terbaru dari Canon, yakni DIGIC X yang mana secara pemrosesan sangat cepat dan membantu mengkompresi sehingga noise nya lebih minim, hasilnya pun lebih tajam," ujar Dani.
 

Para profesional bisa mendapatkan kreativitas lebih dengan kamera full-frame, mulai dari mendapatkan efek bokeh yang memukau dengan menghasilkan depth of field yang lebih dangkal, memaksimalkan pengambilan gambar dengan lensa sudut lebar, hingga gambar yang jernih minim noise pada ISO tinggi.

Selain itu, kamera ini juga dibekali sensor gambar CMOS full-frame 24,2 megapiksel dan prosesor DIGIC X, sehingga EOS R8 mampu mengambil gambar secara beruntun dengan kecepatan tinggi hingga 40 fps pada mode Electronic Shutter. Terlebih dengan adanya autofocus dapat mengambil objek bergerak dengan akurat.

"Untuk memotret pergerakan yang cepat seperti olahraga, dengan ukuran kecepatan gambar 40 fps pastinya sangat terbantu.

 

Canon EOS R8 (Sumber: Canon Indonesia)

Canon EOS R8 (Sumber: Canon Indonesia)



Di samping itu, pengguna juga bisa menikmati beberapa fitur yang ada pada EOS R8 seperti layaknya menggunakan kamera Cinema Profesional Canon, yaitu:
  • Focus Breathing Correction: Fitur ini berfungsi untuk mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus. Hal ini memberikan kontrol yang lebih besar terhadap transisi fokus yang sangat penting untuk ekspresi subjek.
  • False Colours and Zebras: Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengaturan tingkat kecerahan tertentu, termasuk pencahayaan dalam kondisi yang sulit.
  • Aspect Marker Display: Fitur ini berfungsi untuk pembingkaian rasio video sesuai dengan kebutuhan, seperti dimensi ratio untuk kebutuhan di media sosial (1:1), (16:9), dan sebagainya.
  • UVC (USB Video Class)/UAC (USB Audio Class): Fitur ini berfungsi untuk transmisi langsung audio dan video Full HD (plug-and-play) ke PC hanya dengan koneksi USB; ideal untuk live streaming.

Pada kesempatan yang sama Canon juga menghadirkan lensa zoom RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM. Lensa ini merupakan salah satu lensa zoom dengan mounting RF paling ringan dengan bobot hanya sekitar 210gram dan panjang 5,8cm saat ditarik.

Walaupun ringan, lensa ini mampu mencakup tampilan sudut lebar hingga standar pada kamera full-frame dan menawarkan fleksibilitas komposisi yang membedakannya dari lensa dengan focal length berukuran serupa.

Dilengkapi dengan Optical IS 4,5 stop, lensa ini juga mampu mencapai stabilisasi gambar hingga 7,0 stop melalui Coordinated Control IS apabila digunakan dengan kamera sistem EOS R yang dilengkapi dengan In-Body IS.

Di Indonesia sendiri, kamera mirrorless Canon EOS R8 dibanderol dengan harga Rp31.299.000 untuk bodinya saja. Adapun Canon EOS R8 RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM harganya Rp35.799.000 dan Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM segharga Rp5.499.000.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Serial Jepang Tomorrow I’ll Be Someone’s Girlfriend Hadir Dengan Karakter Baru di Musim Kedua

BERIKUTNYA

Cek 5 Fakta Unik Film Dune Part Two yang Siap Tayang Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: