Ilustrasi minum lemon panas untuk detoksifikasi tubuh. (Sumber gambar : Freepik/Prostooleh)

7 Cara Detoks Tubuh Secara Alami, Mudah & Bisa Dilakukan di Rumah

08 May 2023   |   12:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

3. Tidur Cukup

Tidur yang cukup setiap malam membantu tubuh dalam mengurangi racun yang terbentuk. Saat tidur, organ-organ dalam tubuh tidak bekerja sekeras saat kamu bangun. Kurang tidur justru dapat melemahkan sistem imun sehingga membuat kamu mudah sakit.

Penelitian menunjukkan bahwa selama periode tidurlah keadaan otak kita mengalami perubahan fisiologis. “Tampaknya selama siklus kognitif ini, sel-sel otak melepaskan diri dari racun,” kata Michael Fenster, profesor kedokteran di Kansas Health Science Center. 
 

4. Kurangi Stres

Penting untuk mengelola stres. Tabone menerangkan, ketika stres menjadi kronis, di situlah hasil kesehatan negatif dapat muncul, dan gangguan jalur detoksifikasi internal dapat terpengaruh. 

Penelitian menunjukkan bahwa stres dapat mengalihkan energi dari proses penting seperti produksi hormon dan fungsi kekebalan ketika tubuh dalam mode lawan atau lari. Ini juga dapat menghambat pencernaan yang tepat dan berhubungan dengan perubahan bakteri usus.

“Untuk menjaga tingkat stres Anda, cobalah meditasi selama tiga hingga tujuh menit, dua kali sehari untuk membebaskan pikiran dari kekacauan. Atau berjalan-jalan di luar di alam,” saran Patel. 
 

5. Minum Air Lemon

Lemon adalah makanan pokok dari banyak diet detoks. Mengutip Narayana Health, lemon dikemas dengan antioksidan vitamin C, yang sangat bagus untuk kulit dan melawan radikal bebas pembentuk penyakit. 

Selain itu, buah yang masuk dalam kelompok citrus ini memiliki efek alkali pada tubuh, yang berarti dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH tubuh, bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Cobalah memulai hari kamu dengan air panas dan sepotong lemon untuk membantu membuang racun dan membersihkan sistem pencernaan tubuh. 
 

6. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikenal karena manfaatnya pada jantung, Namun, makanan yang memiliki aroma menyengat ini juga baik dalam mendetoksifikasi tubuh. Bawang putih tidak hanya antivirus, antibakteri dan antibiotik, tetapi mengandung bahan kimia yang disebut allicin, yang meningkatkan produksi sel darah putih dan membantu melawan racun.

Bawang putih paling baik dimakan mentah, jadi tambahkan beberapa bawang putih yang dihancurkan ke saus salad untuk meningkatkan rasa dan kesehatan kamu pada saat yang bersamaan. 
 

7. Jahe

Jika terlalu banyak makanan berlemak atau alkohol telah menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, sebaiknya kamu menambahkan jahe ke dalam makanan. Jahe tidak hanya bagus untuk mengurangi perasaan mual, tetapi juga dapat membantu meningkatkan pencernaan, mengalahkan kembung, dan mengurangi gas. 

Selain itu, jahe tinggi antioksidan dan baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk membantu pencernaan, cobalah menyeruput teh jahe atau menambahkan jahe parut segar ke jus buah atau sayuran. 

Baca juga: Pengetahuan Dasar Menangani Cedera, Mulai dari Luka Berdarah hingga Keracunan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Sejarah Hari Palang Merah Internasional yang Diinisiasi Jean Henry Dunant

BERIKUTNYA

Du Anyam hingga Aneka Coklat, Deretan Produk Lokal yang Dibawa IKEA ke Pasar Global

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: