Lemon (sumber gambar: Tamanna Rumee/Unsplash)

5 Manfaat Lemon Sebagai Bahan Pembersih yang Ampuh

22 October 2022   |   08:42 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sering menggunakan lemon sebagai bahan pelengkap hidangan? Biasanya, lemon digunakan untuk berbagai jenis makanan mulai dari macam-macam kue, saus, hingga perasan di atas salad. Rasanya yang asam memang menyegarkan dan menggugah selera.

Namun, siapa sangka jika lemon memiliki khasiat lain sebagai pembersih noda yang ampuh dan efektif. Terkenal dengan kandungan vitamin C, ternyata lemon juga mengandung mangnesium, kalsium, kalium, dan asam sitrat.

Menurut Jurnal Unimus, kandungan asam sitrat dalam lemon berkisar 48,6 gram per kilogram. Kandungan asam sitrat yang tinggi inilah yang membuatnya ampuh menjadi pembersih alami untuk berbgaai noda. Kira-kira apa saja manfaat lemon untuk sebagai bahan pembersih? Yuk kita simak!

Baca juga: Selain Minyak Serai, Ternyata Bahan Alami Ini Juga Digunakan untuk Konservasi Candi
 

1. Penghilang noda di piring

Kerap menjumpai noda membandel di piring dan alat masak lainnya? Lemon menjadi solusi alami untuk menghilangkan noda membandel pada berbagai perlatan maska tersebut. Bahkan, beberapa brnad sabun pencuci pring pun menggunakan bahan lemon sebagai pembersih. Gunakan satu buah lemon yang diperas ke dalam wadah tempat mencuci piring, sebelum dibilas dengan air bersih. Piring akan bebas noda dan bersih secara alami.
 

2. Menghilangkan bau tidak sedap di peralatan dapur

Kandungan asam yang tinggi juga mampu mengusir bau yang tidak sedap di peralatan dapur. Perasan lemon mampu menghilangkan bau tak sedap pada talenan yang biasanya lekat dengan aroma bawang merah dan bawang putih. Menggosok potongan lemon di atas talenen atau pisau mampu menghilangkan bau sekaligus membersihkannya dari bakteri.
 

3. Membuat perabotan dan toilet terlihat mengkilap

Selkain peralatan dapur, lemon juga bisa digunakan untuk membersihkan perabotan rumah seperti keran dapur, hingga kerak di dinding kamar mandi. Bagian lemon yang paling efektif untuk membersihkan perabot ini adalah kulit lemon. Campurkan perasan lemon dan sabun, kemudian gosok dengan kulit lemon untuk membuatnya tampak mengkilap.
 

Lemon (Sumber gambar: Han Lahandoe/Unsplash)

Lemon (Sumber gambar: Han Lahandoe/Unsplash)

 

4. Mengurangi karat

Untuk menghilangkan karat pada peralatan besi, campurkan garam batu dan perasan lemon ke dalam wadah, kemudian siramkan di sekitar perabot yang berkarat. Diamkan hingga 5 menit untuk membantunya menghancurkan karat yang menempel. Untuk karat yang membandel, kamu bisa menambahkan sedikit cuka sebelum menyiramnya. Setelah 5 menut, bilas perabot dengan air seperti biasa.
 

5. Membersihkan cermin dan kaca

Membersihkan cermin dan kaca juga cukup tricky. Salah dalam pembersihan, noda dan debu pada kaca dan cermin justru semakin membandel Untuk membuatnya bersih secara alami, kamu bisa menggunakan campuran perasan lemon dengan air yang dimasukkan ke dalam botol semprot.

Kocok botol semprot berissi jus lemon dan semprotkan di sekitar kaca atau cermin. Kemudian, usap kain perlahan dari atas ke bawah dengan kain microfiber. Kamu bisa menambahkan sedikit cuka ke dalam botol semprot untuk debu yang tebal.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mengenal Distribusi Dampak, Metode Mengenalkan Film untuk Memantik Perubahan

BERIKUTNYA

Jadwal MPL ID S10 Sabtu, 22 Oktober, ONIC Esports vs Aura Fire Berebut Ketemu RRQ Hoshi di Grand Final

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: