Ive (Dok. Starship Entertainment)

Dari Ive hingga STAYC, Intip Sederet Girlband K-pop Baru yang Bersinar

14 January 2022   |   14:02 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Banyaknya grup idol K-pop yang telah populer, tidak menutup ruang bagi grup-grup baru untuk menemukan penggemarnya. Dengan konsep baru yang berbeda, beberapa grup baru tersebut dengan cepat menarik perhatian para penggemarnya dengan karya-karya debut mereka.

Salah satu girl band K-pop baru yang menjadi perbincangan adalah Ive, grup yang dinaungi Starship Entertainment yang memulai debutnya pada 1 Desember 2021 dengan single Eleven. Grup ini terdiri dari enam personel, termasuk Yujin dan Wonyoung dari IZ*ONE, grup bentukan  Mnet Produce 48 yang sudah bubar.

Sejak perilisannya, single Eleven menempati posisi teratas di acara musik TV mingguan domestik dan berhasil masuk ke tangga lagu secara global seperti Billboard, Spotify, dan QQ Music China.

Setelah mencatat rekor penjualan album debut minggu pertama terbanyak, album single pertama Ive dengan nama yang sama juga dilaporkan terjual lebih dari 260.000 kopi pada akhir Desember 2021, menurut data dari lembaga analisis musik Gaon.
 

g

Kep1er (Dok. Wake One Entertainment, Swing Entertainment)

Selain Ive, ada juga girl group K-pop Kep1er, grup yang terdiri dari sembilan finalis acara audisi Mnet Girls Planet 999 yang ditayangkan dari Agustus hingga Oktober 2021. 

Grup multinasional dengan personel yang berasal dari Korea Selatan, Cina dan Jepang ini memulai debutnya pada 3 Januari 2022 dengan EP pertama bertajuk First Impact. Bahkan, album tersebut memecahkan rekor penjualan album debut minggu pertama yang dibuat oleh Ive.

Menurut laporan penjualan album lokal Hanteo Chart, album First Impact telah terjual lebih dari 200.000 kopi pada minggu pertama perilisannya, di mana sebanyak 150.000 kopi telah terjual di hari perilisannya.

Lagu-lagu dalam album tersebut juga berhasil menduduki puncak tangga lagu iTunes dari 11 negara di seluruh dunia seperti Jepang, India, Vietnam, Malaysia, Chili, Meksiko dan Brasil.
 

y

STAYC (Dok. High Up Entertainment)

Dua girl band K-pop baru yang juga mendapatkan perhatian global adalah aespa besutan SM Entertainment dan STAYC besutan High Up Entertainment, di mana keduanya debut pada November 2020.

Tak butuh waktu lama bagi aespa untuk langsung populer berkat konsep uniknya yang melibatkan alam semesta berbasis metaverse, dan para personelnya yang mengalami dunia baru bersama dengan avatar mereka. 

Kuartet ini dalam waktu kurang dari setahun, telah meramaikan industri K-pop dengan tiga hit berturut-turut yakni single Black Mamba, Next Level, dan EP pertamanya berjudul Savage. Mereka juga meraih penghargaan pendatang baru terbaik di ajang penghargaan musik akhir tahun domestik.

Sementara STAYC adalah satu-satunya grup K-pop yang dipilih sebagai bagian dari lima artis terkenal untuk tahun 2022 oleh platform musik global Apple Music dan aplikasi Shazam awal Januari 2022. Mereka memulai debut pada 12 November 2020 dengan merilis album single debut mereka berjudul Star to a Young Culture.

Grup yang digawangi Sumin, Sleun, Isa, Seeun, Yoon, dan J ini juga menjadi Best Female Rookie Award dalam Brand Customer Loyalty Award 2021. 

Kesuksesan beberapa grup baru tersebut juga tampaknya akan berlanjut. Pasalnya, baru-baru ini, JYP Entertainment yang menaungi grup seperti Wonder Girls, TWICE, dan ITZY, mengumumkan akan merilis grup baru beranggotakan tujuh orang pada Februari 2022. 

Selain itu, ADOR, label independen baru di bawah Hybe, juga sedang bersiap untuk merilis girl band baru pada tahun ini. Grup ini terdiri dari para anggota yang telah direkrut selama program Plus Global Audition Hybe 2019 dan diproduksi oleh Min Hee-jin.

YG Entertainment, belum lama ini juga mengumumkan rencananya untuk merilis girl band K-pop terbaru sejak debut BLACKPINK pada 2016. Meski begitu, belum ada informasi lebih lanjut tentang grup tersebut.

Editor: Gita

SEBELUMNYA

4 Tren Serangan Siber 2022 yang Perlu Diwaspadai Versi Kaspersky 

BERIKUTNYA

Wow, Kota di Australia Capai Rekor Suhu Terpanas 50,7 Derajat Celcius

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: