NewJeans (Sumber Foto: Twitter/@newjeans_ador)

NewJeans jadi Girl Group K-Pop Pertama yang Puncaki Chart Album Dunia Billboard dalam 7 Minggu

20 September 2023   |   23:22 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
NewJeans kembali mencatatkan prestasi baru di Billboard minggu ini. Mini album terbaru mereka yang bertajuk Get Up sukses mempertahankan posisinya di 40 besar Billboard selama delapan minggu berturut-turut. Pada minggu ke-8, Get Up tetap berada di posisi ke-36.

Mengutip dari Soompi, prestasi tersebut membuat NewJeans memecahkan rekor baru sebagai girl group K-Pop pertama yang berhasil menempatkan albumnya di peringkat 40 besar Billboard 200 selama delapan minggu berturut-turut.

Sejak minggu pertama sampai minggu ketujuh, Get Up masih berada di peringkat pertama chart Album Dunia Billboard. Prestasi ini membuat Get up dinobatkan sebagai album girl group K-pop pertama dalam sejarah yang berhasil menduduki puncak chart selama tujuh minggu.

Baca juga: Monster K-Pop Generasi 4, NewJeans Buat Sejarah Baru di Billboard

Adapun lagu Super Shy yang termasuk dalam album Get Up naik ke posisi 37 pada minggu kedua di chart Pop Airplay Billboard. Peringkat ini dihitung berdasarkan pemutaran mingguan di stasiun radio mainstream Top 40 di seluruh Amerika Serikat.

Sampai akhirnya pada minggu kedelapan, Get Up mempertahankan posisinya di No. 6 chart Top Album Sales dan chart Top Current Album Sales dan peringkat No. 18 di chart Tastemaker Albums.

Lagu-lagu dalam album Get Up juga mencatatkan prestasi yang baik di tangga lagu Billboard AS. Super Shy berada di posisi ke-12 minggu ini, diikuti oleh ETA di posisi ke-36, OMG di posisi ke-113, Ditto di posisi ke-122, Hype Boy di posisi ke-157, dan New Jeans di posisi ke-166. Sementara pada chart Global 200, Super Shy berada di posisi ke-24, ETA di posisi ke-64, dan OMG di posisi ke-186.

NewJeans sendiri adalah girl group asal Korea Selatan bentukan ADOR, anak perusahaan dari HYBE. Grup ini beranggotakan Minji, Hanni, Danielle, Haerin dan Hyein. Pertama kali muncul di industri K-pop, New Jeans meluncurkan pra-rilis single debut mereka yang bertajuk Attention pada 22 Juli 2022.

Perilisan single ini dinilai berisiko oleh Billboard, karena tidak ada informasi mengenai line up grup sehingga membuat orang bertanya-tanya siapa mereka. Meski begitu langkah ini juga memberikan nuansa baru yang menyegarkan di industri K-pop sebagai teknik marketing yang beda dari grup lainnya.

Nama NewJeans sendiri memiliki dua makna, yakni merujuk pada jeans sebagai busana yang tak lekang waktu. Filosofi ini mewakili para member yang ingin karyanya terus dikenang oleh semua orang. New Jeans juga merupakan permainan kata dari new gen atau gen baru. Artinya mereka akan menjadi grup yang memulai generasi baru musik pop.

Selanjutnya pada 23 Juli 2022, NewJeans merilis single kedua berjudul Hype Boy bersamaan dengan video klip yang mengungkapkan nama-nama anggota. Hype Boy mencetak prestasi sebagai lagu terlama yang berada di Billboard Global 200 oleh artis wanita K-pop, yakni selama 35 minggu. Sampai akhirnya pada 1 agustus 2022 NewJeans merilis mini album debut mereka yang bertajuk NewJeans.

Baca juga: NewJeans Pecahkan Rekor Dunia, Susul Jungkook BTS & Lisa BLACKPINK

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Film Biopik Glenn Fredly Karya Lukman Sardi Mulai Tahap Syuting

BERIKUTNYA

Tak Ada Pasar Tunggal, Raam Punjabi Ungkap Selera Tontonan Indonesia Makin Heterogen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: