KCON 2023 Thailand. (Sumber foto: KCON Official)

Menparekraf Sandiaga Uno Bertemu VP CJ ENM, KCON Bakal Hadir di Indonesia?

05 May 2023   |   19:06 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar baik untuk penggemar K-Pop di Indonesia. Sebab, gelaran festival musik Korea atau KCON tampaknya akan digelar di Tanah Air. Hal ini terungkap dari hasil pertemuan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan pihak CJ ENM pada Jumat, (5/5/23).

Dalam unggahan di Instagram, Sandiaga memamerkan dirinya telah bertemu dengan senior VP CJ ENM, Sean. Menurutnya, perusahaan yang berbasis di Seoul, Korea Selatan itu merupakan perusahaan kreatif yang berhasil mencuri hati jutaan orang di seluruh dunia dengan konten Hallyu, salah satunya lewat KCON.

"Dalam rapat ini, kami berdiskusi tentang peluang besar KCON hadir di Indonesia, acara yang ditunggu-tunggu oleh para K-Popers di Indonesia," tulis Sandiaga.

Baca juga: iME Indonesia Boyong TXT sapa MoA lewat Konser ACT: SWEET MIRAGE 2023 di Jakarta

Menurut Sandiaga, festival akbar seperti KCON juga bisa berpotensi membuka lapangan kerja baru dan mendukung UMKM serta pelaku kreatif. Dia pun sangat yakin dengan adanya acara tersebut nantinya dapat mendorong kolaborasi dan investasi untuk kebangkitan ekonomi Indonesia.

Tak hanya itu, di bagian akhir postingannya pengusaha asal Gorontalo itu pun meminta penggemar K-Pop di Tanah Air untuk segera siap-siap dengan gelaran tersebut yang kemungkinan bakal digelar di Indonesia dalam waktu dekat ini.
 
 




"Yuk, K-Popers Indonesia segera siapkan dompet dan ramaikan acara KCON di Indonesia nanti! Tunggu informasi selanjutnya ya!" papar Sandiaga.

Dukungan Sandiaga terhadap produk kebudayan Korea hadir setelah sebelumnya mengajak masyarakat tak terlena dengan drama-drama asal Korea Selatan pada 2022. Dia pun sempat mengimbau mereka untuk lebih menikmati konten lokal seperti drama Sunda, Bali, dan Batak.

Hal itu dikemukakan saat Kemenparekraf mengumumkan kerja sama dengan salah satu platform over the top (OTT) asal Amerika Serikat. Bahkan, dalam kerjasama itu mereka juga menggalakan kampanye Wonderful Indonesia  lewat konten pariwisata, kuliner, hingga cerita lokal otentik.

"Kalau ada film [berbasis lokalitas] yang populer di platform ini, secara otomatis juga akan memopulerkan konten kita tentang destinasi wisata di Indonesia," kata Sandiaga pada awak media. 

Sementara itu, KCON merupakan festival kultur populer Korea terdepan di dunia yang diadakan oleh Koreaboo dan diselenggarakan oleh CJ ENM Entertainment. Festival ini pertama kali diadakan di California Selatan pada 2012 dan sejak itu telah menyapa para penggemar K-Pop di sepuluh negara pada 2022.

Tak hanya itu, KCON bisa juga dikatakan sebagai hajatan para penggemar K-Pop. Setiap tahunnya, deretan musisi asal negeri ginseng pun turut tampil bergantian pada panggung yang sama selama beberapa hari saat agenda ini dihelat.

Selama bertahun-tahun, KCON dipadati konser bertabur bintang yang menampilkan bintang K-Pop ternama, seperti BTS, MONSTA X, TWICE, dan bintang baru lainnya. ATEEZ dan ITZY yang masuk line up tahun ini juga sudah tampil pada gelaran sebelumnya.

Tahun ini, KCON juga sempat hadir kawasan Asia Tenggara, yakni di Thailand pada 18-19 Maret 2023. Sejumlah bintang yang hadir seperti ATEEZ, BamBam, (G)I-DLE, IKON, J01, KQ Fellaz 2, Mbitious, P1Harmony, 8TURN, dan masih banyak lagi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Pameran Antara Kecemasan & Harapan di Galeri Nasional Resmi Dibuka Malam Ini

BERIKUTNYA

Rangkaian Upacara Penobatan Raja Charles III

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: