Proses pembuatan film kerap menghabiskan biaya tidak sedikit (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Cottonbro Studio)

Cek 10 Film yang Berhasil Meraup Pendapatan Miliaran Dolar AS

03 May 2023   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu ukuran kesuksesan sebuah film adalah meraih pendapatan tiket yang besar. Box office. Bukan tanpa sebab, penghasilan dari penjualan tiket menunjukkan jumlah penonton yang menyaksikan film tersebut ketika tayang di layar lebar.

Berdasarkan laman Box Office Mojo, sejumlah film berhasil meraih pendapatan hingga miliaran dolar Amerika Serikat ketika dirilis di bioskop-bioskop di dunia. Jalan cerita yang menarik, penyajian efek gambar yang memukau, pemeran ternama, dan sebagainya menjadikan sedikit faktor seseorang mau menonton.

Film-film itu menghabiskan biaya yang tidak kecil. Tidak jarang, ratusan juta dolar harus digelontorkan demi sebuah karya yang mumpuni. 

Baca juga: 5 Film yang Bakal Tayang di Bioskop Jadi Top Pencarian YouTube

Tidak banyak film yang berhasil menembus pendapatan miliaran dolar Amerika Serikat dalam 3 tahun terakhir, terutama ketika pandemi Covid-19 melanda. Pada 2020, tidak satu pun film yang berhasil memperoleh pendapatan US$ 1 miliar setelah pada 2019 terdapat 9 karya yang mencapai milestone tersebut. 

Pada 2021, Spider-Man: No Way Home menjadi satu-satunya karya yang berhasil menembus pendapatan miliaran dolar Amerika Serikat. Pada saat itu, film ini mencatatkan perkiraan penghasilan US$1,9 miliar.

Jumlah film yang memperoleh miliaran greenback bertambah menjadi tiga film pada tahun berikutnya, yakni Avatar: The Way of Water, Top Gun: Maverick, dan Jurassic World: Dominion. Pada 2023, The Super Mario Bros. Movie menjadi film pertama yang menembus US$1 miliar.

Beberapa film dengan nama besar seperti Ant-Man and the Wasp: Quantumania dan John Wick: Chapter 4 tidak mampu mendatangkan banyak penonton. Berikut, sepuluh besar film box office yang berhasil mencapai pendapatan miliar dolar Amerika Serikat setelah dirilis di seluruh dunia. 
 

1. Avatar (2009)

Avatar masih menjadi film dengan pendapatan terbesar sepanjang masa. Film yang rilis pada 2009 silam itu berhasil memperoleh US$2,9 miliar dari seluruh dunia. Karya ini tercatat telah dirilis ulang beberapa kali.  

Karya dari Twentieth Century Fox itu bercerita tentang seorang marinir lumpuh yang dikirim ke bulan Pandora dalam misi unik. Saat sampai di tempat tujuan, dia menjadi bimbang antara mengikuti perintah dari atasan dan melindungi dunia yang telah dianggap sebagai rumah. 
 

2. Avengers: Endgame

Film dengan pendapatan miliaran dolar Amerika Serikat lainnya adalah Avengers: Endgame. Karya yang rilis pada 2019 itu berhasil memperoleh penghasilan sekitar US$2,8 miliar. Film ini bercerita tentang langkah Avengers yang berusaha membalikkan tindakan Thanos dan memulihkan keseimbangan alam semesta. 
 

3. Avatar: The Way of Water

Avatar: The Way of Water yang rilis pada 2022 menjadi film lain yang berhasil meraih pendapatan miliaran dolar. Karya ini berhasil meraih US$2,3 miliar dari total seluruh bioskop di banyak negara. Film yang mendapatkan arahan dari Sutradara James Cameron ini bercerita tentang kehidupan Jake Sully dan Neyitri yang telah berkeluarga dan memiliki anak. Kehidupan mereka terancam, sehingga harus mencari sejumlah cara untuk selamat. 
 

4. Titanic  

Titanic merupakan film yang juga tercatat berhasil meraih miliaran dolar Amerika Serikat. Film ini telah melakukan beberapa kali pemutaran ulang. Pemutaran ulang terbaru adalah dalam rangka merayakan 25 tahun karya ini.

Karya yang bercerita tentang kisah asmara dua individu dan tenggelamnya kapal Titanic karena menabrak gunung es ini berhasil meraih pendapatan US$2,3 miliar.
 

5. Star Wars: Episode VII - The Force Awakens

Cerita tentang perang bintang dalam film berjudul Star Wars: Episode VII - The Force Awakens berhasil menarik perhatian banyak penonton di banyak negara. Kondisi ini membuat film rilisan 2015 tersebut berhasil meraih US$2,1 miliar.

Film ini bercerita tentang aksi karakter Rey dan Fin yang bergabung dengan Han Solo dan Chewbacca dalam mencari satu-satunya harapan guna memulihkan perdamaian di tengah ancaman terhadap galaksi yang terus mengalami peningkatan. 
1
2


SEBELUMNYA

ZEROBASEONE Resmikan ZEROSE Sebagai Nama Fandom, Cek Artinya!

BERIKUTNYA

Tema Hari Kebebasan Pers Dunia 2023 yang Diperingati Setiap 3 Mei

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: