menonton film bertema pendidikan bisa menjadi salah satu cara untuk merayakana Hardiknas. Salah satu adegan film Serdadu Kumbang (sumber gambar/ YouTube Alinea Pictues)

Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton saat Hardiknas, Penuh Inspirasi & Motivasi!

02 May 2023   |   09:56 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

3. Negeri 5 Menara (2012)


Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama Ahmad Fuadi, film ini menceritakan sosok Alif, seorang anak rantau dari Tanah Minang yang memiliki cita-cita masuk SMA agar bisa berkuliah di ITB dan menjelajahi Eropa. Namun, ibu Alif menginginkan Alif menempuh pendidikan di sekolah keagamaan atau pondok pesantren.

Karena menghormati keinginan sang ibu, Alif pun melanjutkan pendidikannya di pesantren  meski dengan terpaksa. Namun, seiring berjalannya waktu dia belajar banyak hal di pesantren dan berhasil meraih cita-citanya. Salah satu kutipan motivasi dalam film ini adalah “Man Jadda Wajada", yang artinya "siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil”.

4. Laskar Pelangi (2008)


Sama seperti film sebelumnya, Laskar Pelangi juga diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Andrea Hirata. Adapun, film ini menceritakan tentang kisah perjuangan anak-anak kurang mampu di sebuah desa di Belitung dalam mengenyam pendidikan di sebuah sekolah yang karena saking buruknya hampir mirip kandang kambing.

Namun, tekad para karakter di dalamnya seperti Ikal, Lintang, Mahar, hingga Harun untuk menggasak berbagai ilmu pengetahuan patut diacungi jempol. Film ini pun membuktikan bahwa kualitas pendidikan tidak hanya bisa dicapai melalui sarana prasarana yang baik, tetapi juga dengan tekad dan cita-cita yang kuat dari pelajar.

Disutradarai Riri Riza, Laskar Pelangi juga berhasil mencetak rekor sebagai salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan 4,6 juta penonton. Mengambil lokasi syuting di Pulau Belitung, film ini juga menampilkan kepiawaian akting dari aktor dan aktris berbakat Indonesia seperti  Ikranegara, Mathias Muchus, Slamet Rahardjo, hingga Cut Mini.

5. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)


Film besutan John de Rantau ini berkisah tentang sosok Denias, seorang anak laki-laki yang tinggal di pedalaman Papua yang memiliki cita-cita untuk mendapat pendidikan tinggi. Namun,  di daerah dia tinggal, tidak terdapat lembaga pendidikan resmi yang dapat menampung kegelisahannya.

Syahdan, ketika satu-satunya tempat dia belajar sudah tidak ada karena sang guru pulang ke Jawa akibat sakit keras. Dari sinilah dia pun nekat pergi ke kota untuk bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Perjuangannya untuk meraih cita-cita ternyata tidak sia-sia karena akhirnya Denias diterima di sebuah sekolah di kota.

Menurut beberapa sumber resmi, cerita dalam film ini merupakan adaptasi dari kisah nyata seorang anak Papua bernama Janias. Film ini bahkan masuk dalam panitia seleksi Piala Oscar tahun 2008 untuk kategori film asing. Selain kisahnya yang seru, penonton juga akan disuguhi keindahan provinsi Papua yang masih asri.

Editor: Fajar Sidik 
1
2


SEBELUMNYA

Cek Fakta Menarik The Super Mario Bros Movie yang Cetak Rekor Pendapatan Film 2023

BERIKUTNYA

Bakal Ada yang Beda pada Academy Awards 2024, Intip Ketentuannya Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: