Menghirup udara segar menjadi salah satu cara mengatasi mabuk perjalanan dengan kapal. (Sumber gambar: Pexels/ Oleksandr Pidvalnyi)

8 Tip Agar Tidak Mabuk Perjalanan saat Menaiki Kapal Laut

01 May 2023   |   14:53 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like

5. Jangan Membaca, Menonton Film, atau Melakukan Aktivitas dengan Melihat Gawai

Melakukan perjalanan dengan kapal memang kadang menimbulkan rasa bosan mengingat pemandangan yang terlihat di sekeliling hanya air dan langit. Untuk mengatasinya, membaca buku, menonton film, atau bermain gawai pintar kerap menjadi pilihan.

Aktivitas itu memang ampuh mengatasi rasa jenuh. Namun, membuat mabuk perjalanan yang dialami kian parah. Saat mata fokus kepada satu titik, tubuh berusaha menyeimbangkan posisi mengingat goyangan yang kerap dialami saat berada di atas kapal. Kondisi ini akan membuat mual dan pusing.

Tidak hanya itu, layar gawai yang terang, tulisan dalam buku bacaan, dan gambar bergerak yang ada di film dapat membuat kalian merasa pusing dan mual.


6. Cari Udara Segar

Udara segar menjadi salah satu cara agar kalian dapat terhindar dari mabuk perjalanan. Jadi, pergi jalan-jalan ke ruang terbuka di atas kapal dan hirup udara segar yang dapat dinikmati.

Selain membantu mengatasi rasa mual dan pusing, berada di area terbuka dengan udara yang segar juga dapat mengatasi rasa bosan dan tubuh bisa membaca pergerakan kapal. Dengan begitu, maka potensi mabuk dapat dikurangi.


7. Jangan Lupa Camilan dan Permen Jahe

Selain mengatasi rasa bosan dalam perjalanan dengan kapal, camilan dan permen jahe dapat ampuh mengatasi mabuk perjalanan. Kondisi ini dapat terjadi lantaran mengunyah bisa mengurangi mabuk dan jahe yang terkandung dalam permen juga cukup ampuh mengatasinya.

Jadi, jangan lupa untuk membawa camilan dan permen jahe ketika hendak bepergian dengan menggunakan kapal untuk menghindari mabuk perjalanan.


8. Pengalih Perhatian dan Aromaterapi

Kegiatan lain yang dapat menjadi pertimbangan untuk dilakukan ketika melakukan perjalanan dengan kapal agar tidak mabuk perjalanan adalah pengalih perhatian dan wangi-wangian aromaterapi. Pengalih perhatian itu seperti mendengarkan musik atau tidur.

Selain itu, wangi-wangian aromaterapi yang terdiri dari minyak kayu putih, lavender, dan sebagainya, juga bisa menjadi cara untuk terhindar dari rasa mabuk perjalanan saat naik kapal.

Baca juga: 3 Rekomendasi Parfum Lokal Beraroma Manis Seperti Dessert

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Kenali Gejala Narcissistic Personality Disorder yang Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

BERIKUTNYA

Korsel Sahkan UU Perlindungan Bintang K-Pop di Bawah Umur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: