Berburu buku di Big Bad Wolf Books (sumber : Dewi Andriani)

Kutu Buku Merapat, Cek 5 Tip Berburu Buku Murah di Big Bad Wolf

27 May 2023   |   19:06 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bazar buku internasional Big Bad Wolf resmi dibuka pada Jumat, 25 Mei dan akan berlangsung selama 11 hari hingga 5 Juni 2023 bertempat di Hall 3 dan 3a ICE BSD, Tangerang Selatan. Menghadirkan jutaan koleksi buku dari berbagai penerbit di dunia, bazar buku ini berlangsung mulai pukul 9 pagi hingga 12 malam.

Bagi Genhype yang ingin berburu buku berkualitas dengan harga terjangkau, di sinilah surganya. Sebab, kalian bisa menemukan aneka jenis buku mulai dari Rp10.000 hingga ratusan ribu rupiah, mulai dari yang berbahasa Inggris hingga bahasa Indonesia.

Genrenya pun beragam, ada buku fiksi, nonfiksi, buku motivasi, keagamaan, hingga buku anak-anak dengan total mencapai lebih dari 5 juta buku, di mana akan selalu ada buku yang baru setiap harinya.

Baca juga: 5 Bazar Buku Tahunan di Indonesia, Surganya Pencinta Buku Berburu Diskon

Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia, Uli Silalahi mengatakan bahwa BBW sendiri diselenggarakan memang untuk meningkatkan minat baca masyarakat sekaligus menyebarluaskan berbagai jenis buku berkualitas dengan harga yang terjangkau karena dengan membaca maka dapat memperluas wawasan masyarakat.

"Seperti namanya Big Bad Wolf. Ini adalah serigala yang ada di cerita anak-anak gadis berkerudung merah yang hendak dimakan serigala. Dalam hal ini, serigalanya hadir untuk memakan harga buku," ujar wanita yang juga akrab disapa Ibu Buku ini.

 

Uli Silalahi, Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia (sumber : Dewi Andriani)

Uli Silalahi, Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia (sumber : Dewi Andriani)


Lantas apa yang membuat harga buku di BBW lebih terjangkau?
Uli mengatakan bahwa mereka bekerjasama dengan penerbit. Pihak penerbit pun begitu antusias menyediakan buku-buku untuk dihadirkan dalam bazar BBW. Biasanya buku yang dibawa merupakan buku-buku yang sudah lebih dari 6 bulan terbit sehingga akan ada diskon yang disediakan oleh pihak penerbit.

"Semua yang ada di sini buku baru, tapi memang buku-buku yang dihadirkan di sini minimal 6 bulan setelah terbit. Tapi kita tetap menyediakan buku-buku terbaru dan buku best seller," jelasnya.

Nah, bagi Genhype yang mau berburu buku dan berwisata edukasi di bazar Big Bad Wolf, berikut beberapa tip yang disampaikan oleh Uli.


1. Fokus pada buku yang akan dibeli

Bazar Big Bad Wolf ini menempati Hall 3a dan 3 sehingga lokasinya cukup luas ya Genhype. Buku yang dihadirkan pun mencapai lebih dari 5 juta. Nah, untuk itu sebelum ke sini kalian harus tahu buku apa saja yang akan dibeli. Untuk lebih memudahkan pengunjung menemukan buku yang diinginkan, maka di depan pintu masuk akan disediakan denah posisi buku.

Diawali pada bagian depan pintu masuk ada buku-buku terbaru dan buku best seller. Selanjutnya ada buku fiksi dan non fiksi, serta di bagian tengah menempati area terluas yakni buku anak-anak dan di bagian paling belakang terdapat buku berbahasa Indonesia yang terdiri dari buku fiksi dan nonfiksi serta buku anak-anak.

Tak hanya menjual buku, di area pojok kiri terdapat mainan untuk melatih kreativitas anak-anak. Lalu di bagian area dekat kasir terdapat pula pernak-pernik dan mainan anak. "Dengan mengetahui buku apa yang akan dibeli maka pengunjung bisa langsung menuju tempat yang diinginkan," tuturnya.


2. Bawa tas belanja atau koper

Berada di BBW jelas menjadi surga bagi si pecinta buku. Jika berencana untuk memborong buku atau membeli buku titipan atau jastip jangan lupa membawa koper atau tas belanjaan. Jika memang lupa membawa koper, jangan khawatir sebab di area depan hall juga ada loh yang menjual koper dari harga Rp250.000 hingga Rp500.000.


3. Bisa datang setiap hari

Genhype yang tidak puas menjelajahi bazar BBW pada satu hari, kalian bebas untuk datang kapan saja ke situ karena untuk masuknya tidak dipungut biaya. Menariknya lagi kalian juga bisa menemukan buku yang berbeda setiap harinya.
"Tiap hari akan masuk buku-buku baru dan akan selalu ada kejutan judul buku baru jadi jangan khawatir ngga kebagian buku di sini," ucapnya.


4. Jangan lupa scan barcode di pintu masuk

Dalam bazar BBW ini juga ada kejutan kontes harian berhadiah dengan total Rp 7,5 juta dan hadiah utama 1 buah troli penuh buku. Selain itu, terdapat penawaran promosi harga buku dan flash sale setiap harinya, dan juga tersedia penjualan vocer belanja buku di customer service tersedia denominasi Rp50.000 dan Rp100.000.

"Untuk mendapatkan keuntungan keren bertubi-tubi, kesempatan semua promo dan menang kontes seru, cukup scan barcode yang tersedia," jelasnya.


5. Tunjukan kartu pelajar dan dapatkan promo tambahan

Keseruan semakin seru khusus bagi para pelajar. Nah, cukup dengan berseragam sekolah dan menunjukkan kartu pelajar pada hari biasa, kalian bisa mendapatkan diskon tambahan. Pastikan kamu dan teman sekolah hadir bersamaan untuk keseruan bersama. "Kesempatan meraih pengetahuan, imajinasi, dan kesenangan secara bersamaan dengan koleksi serba baru dan serba seru adalah tempat petualangan dan pengalaman membaca kekinian yang tak terlupakan," ungkapnya.

Bagi kalian yang ngga sempat hadir secara offline di ICE BSD City, BBW Jakarta 2023 juga hadir secara online di e-commerce Tokopedia dan Blibli pada 26 Mei–5 Juni 2023.

Baca juga: 7 Fakta Tjio Wie Tay, Pendiri Toko Buku Gunung Agung yang Bermodal Mimpi

Untuk memperluas sebaran akses buku gratis ke seluruh pelosok Indonesia, BBW juga memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) bernama Red Readerhood (RRH). Program ini mengajak para pengunjung berpartisipasi untuk mendonasikan buku-buku yang disediakan di pojok RRH. Penyaluran CSR RRH akan ditujukan kepada perpustakaan-perpustakaan di pelosok tanah air melalui organisasi wanita terbesar di Indonesia, Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Tahun ini, BBW akan tur ke 6 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Balikpapan, dan kota ke-6 akan menjadi kejutan pemberhentian tur tambahan. BBW Jakarta 2023 membawa pengalaman belanja buku yang menakjubkan. Ragam kejutan berhadiah dan kolaborasi yang keren.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Alasan Ini Bikin Film The Little Mermaid Jadi Menarik Untuk Ditonton

BERIKUTNYA

Rangkaian dan Makna Prosesi Adat Jawa di Pernikahan Putra Komisaris Sahid Group

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: