Ilustrasi (dok. Pexels)

Perhatikan 2 Hal Penting ini Agar Ketahanan Finansial Kalian Terjaga

11 August 2021   |   09:27 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Menjaga ketahanan finansial penting loh. Artinya jika terjadi hal-hal tak terduga yang membutuhkan pengeluaran besar atau penghasilan terhenti, maka kita bisa memiliki cukup uang untuk bertahan hidup sampai kondisi keuangan kembali normal.

Oleh karena itu, perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan perlu bagi setiap orang memiliki dana darurat yang disimpan dalam suatu produk investasi yang aman, memberikan tingkat keuntungan yang stabil, dan mudah diakses. 

"Bisa dibagi ke tabungan, deposito, dan reksa dana pasar uang," ujarnya. 

Kendati demikian, kita tetap harus teliti dalam memilih produk investasi. Semua perlu disesuaikan dengan kebutuhan, tujuan yang ingin dicapai, dan prediksi kapan tujuan keuangan tersebut ingin diwujudkan.

Sebab, produk investasi ini nantinya akan menjadi wadah dari setoran uang rutin per bulan. "Jadi jangan asal pilih, asal murah, ikut-ikutan trend," sebutnya.

Nah pada saat pandemi ini, Mike menilai membuka peluang untuk invetasi jangka panjang di pasar modal, dengan surat berharga seperti saham dan obligasi atau produk investasi seperti reksadana saham bisa menjadi pilihan.

"Obligasi ritel atau ORI patut diperhitungkan karena memberikan yield lebih tinggi daripada deposito, namun tetap aman," tutur Mike.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Google Perbarui Keamanan untuk Anak, Apa Saja yang Berubah?

BERIKUTNYA

Lakukan 6 Mental Trick Ini untuk Mengatasi Rasa Cemas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: