Konser Musik (Sumber Foto: Freepok)

Konser Musik Makin Menjamur, Begini Cara Menghindari Penipuan Calo Tiket

30 April 2023   |   19:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Pandemi Covid-19 yang mulai surut menjadi momentum bangkitnya konser musik Tanah Air, yang sempat senyap selama hampir 3 tahun. Gelaran seni pertunjukan ini memang mampu menciptakan lautan manusia yang siap menyaksikan para musisi favorit. Indonesia juga tercatat sebagai salah satu negara yang gandrung didatangi musisi kelas dunia. 

Pada tahun ini, ada banyak konser yang digelar. Musisi lokal hingga internasional telah mengumumkan jadwal manggung mereka di dalam negeri sepanjang 2023. Tiap-tiap gelaran yang telah berlangsung juga sukses mendatangkan banyak penggemar.  Misalnya, konser girl group asal Korea Selatan, ITZY bertajuk The 1st World Tour CHECKMATE pada 4-5 Februari lalu. 

Ada juga Westlife, boy band legendaris asal Irlandia yang menyapa penggemar Indonesia dalam konser bertajuk Wild Dreams Tour Indonesia selama 2 hari penyelenggaraan. Konser berlangsung pada 9 Februari 2023 di ICE BSD Tangerang dan 11 Februari 2023 di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. 

Tak ketinggalan musisi ternama asal Indonesia, Raisa juga menggelar konser tunggal bertajuk Raisa Live in Concert, yang bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 25 Februari 2023. Raisa Live in Concert kabarnya menjadi konser bertaraf internasional pertama dari penyanyi solo tersebut. 

Baca juga: Cek Agenda Konser Mei 2023, Ada Sheila on 7 hingga Babymetal
 
@hypeabisid Bulan Mei sudah tinggal sebentar lagi dan sudah ada agenda konser dari beberapa musisi, baik Tanah Air maupun internasional. Siapa yang udah enggak sabar nonton konser mereka? #hypeabisid #sheilaon7 #noah #maliqndessentials #redvelvet #babymetal #fyp #xyzbca ? DJ If You Know That I'm Lonely - DJ Utun Official


Eric Wirjanata selaku pengamat musik sekaligus Founder media musik Deathrockstar (DRS) memaparkan bahwa pertumbuhan industri konser musik semakin pesat, apalagi dengan banyaknya fenomena konser musik yang bermunculan setelah pandemi.

“Sangat wajar begitu pandemi reda konser-konser bermunculan, karena banyak yang memang mengandalkan hidup dari sana, mulai dari musisi sampai teknisi panggung,” kata Eric dalam wawancaranya bersama Hypeabis.id.

Industri konser musik, lanjutnya, diperkirakan tetap bisa bertahan di tengah ancaman resesi global yang makin nyata. Konser-konser dan festival ini justru bisa membantu perputaran roda ekonomi, asalkan bisa lebih banyak mendukung talenta-talenta dan sumber daya lokal. 

Talent lokal ini jumlahnya mungkin akan makin berkurang, tapi yang solid akan tetap bertahan,” jelasnya.

Meski begitu, ada juga sejumlah tantangan yang dihadapi industri konser musik tanah air. Misalnya ada sejumlah konser yang dibatalkan karena persiapan yang kurang matang atau adanya indikasi penipuan seperti konser fiktif, dan calo tiket yang merugikan konsumen.

Eric memaparkan bahwa banyak konser yang mendadak dibatalkan, sehingga calon penonton sulit melakukan proses refund atau pengembalian uang tiket. Untuk itu, dia menyarankan supaya orang-orang lebih selektif memilih festival musik yang terlihat mencurigakan.

“Sebagai penikmat konser, kita harus pandai dalam memilih-milih organiser konser, salah satu caranya juga bisa cross-check ke akun social media para penampil-penampil utama,” katanya. 

Adapun untuk para penampil konser, terutama dengan massa besar, juga perlu lebih bijak dalam berhubungan dengan penyelenggara kegiatan. Misalnya kalau tidak ada DP, CP yang jelas dan bukti perizinan, organizer dilarang memublikasikan nama penampil.

Baca juga: Marak Konser Bodong, Waspada Cek Kredibilitas Promotor

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

SEBELUMNYA

Lucunya 3D Art Latte Berbentuk Kucing di Kopi Cat Cafe by Groovy, Begini Cara Buatnya

BERIKUTNYA

Cek 7 Fakta Seputar Perayaan May Day atau Hari Buruh Internasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: