Illustrasi sakit gigi (Sumber foto: Pexels/Pavel Danilyuk)

Meski Kurang Populer, Ini 2 Cara Alami untuk Atasi Sakit Gigi

29 April 2023   |   17:15 WIB

Sakit gigi adalah hal yang lumrah dirasakan oleh semua orang. Pemicu timbulnya sakit gigi pun beragam, bisa karena mengkonsumsi makanan manis berlebih, gigi berlubang, pertumbuhan gigi yang tidak normal, dan masih banyak lagi.

Jika Genhype pernah mengalami sakit gigi, kalian mungkin ingin meredakannya secepat mungkin. Rasa sakit yang konstan atau timbul-tenggelam bisa lebih dari sekadar gangguan yang tak tertahankan dan tentunya dapat merusak seluruh hari atau membuat kalian tidak bisa tidur di malam hari.

Karena ingin rasa sakitnya hilang secepat mungkin, Genhype mungkin bertanya-tanya apakah ada solusi rumahan yang bisa dicoba. Mengunjungi dokter gigi adalah suatu keharusan, tapi untuk mengurangi rasa sakitnya ada sejumlah cara alternatif yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah.
 
Cara untuk mengatasi sakit gigi pun beragam, terlebih masyarakat masih banyak yang menggunakan cara tradisional sebagai metode penanganan yang murah dan mudah.
 
Simak dua cara alami untuk mengatasi sakit gigi berikut ini:


1. Berkumur dengan Air Garam

Alternatif pereda nyeri sakit gigi satu ini mungkin jadi andalan sebagian besar orang. Kumur dengan air garam sering direkomendasikan sebagai obat rumahan untuk meredakan sakit gigi. Air garam memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit pada gigi dan gusi.

Air garam memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan pada gigi dan gusi yang sakit. Selain itu, larutan garam juga memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu membunuh bakteri dan mencegah infeksi pada gigi dan gusi.

Kamu hanya perlu menyiapkan segelas air mineral dan setengah sendok makan garam. Larutkan garam dalam air mineral, dan berkumurlah dengan larutan air garam tersebut selama 30 detik.

Berdasarkan informasi dari website Halodoc, cairan kumur ini hanya dapat membantu meredakan rasa nyeri sakit gigi, namun tidak dianjurkan untuk dilakukan dalam jangka panjang karena kandungan garam yang tinggi dapat merusak enamel gigi.
 

2. Mengunyah Daun Binahong

Binahong adalah tumbuhan yang biasanya digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat herbal. Meskipun belum banyak penelitian ilmiah yang mendukung manfaatnya, beberapa orang percaya bahwa binahong dapat membantu meredakan sakit gigi.


Binahong diketahui mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu meredakan rasa sakit, termasuk nyeri gigi. Kandungan flavonoid dan saponin pada binahong juga diyakini memiliki efek anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gigi dan gusi yang sakit.
 
Untuk mengatasi sakit gigi, pastikan terlebih dahulu membersihkan daun binahong yang sudah dipetik, kemudian taburi dengan sejumput garam. Kemudian, kunyak racikan daun binahong pada bagian gigi yang sakit hingga halus dan terasa berlendir. Jika dirasa sudah halus, kamu bisa membuang sisa daun.
 
Jika Genhype mengalami sakit gigi, dua cara alami di atas dapat digunakan sebagai alternatif. Selebihnya, jika rasa sakit sudah tidak tertahankan atau menunjukkan efek samping, segera konsultasi dengan dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang sesuai prosedur.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Sejarah & Filosofi Lebaran Ketupat, Tradisi Unik Sepekan Pasca Idulfitri

BERIKUTNYA

4 Alasan Wajib Nonton Comeback Jerry Yan di Drama The Forbidden Flower

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: