ilustrasi sakit gigi (sumber gambar: Freepik)

Begini Cara Meredam Sakit Gigi dengan Teknik Pemijatan Akupresur, Cek Nih!

08 September 2022   |   21:44 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sakit gigi memang berjuta rasanya dan sangat mengganggu. Kalau sedang mengalami sakit gigi, rasanya kita jadi tidak bisa merasakan kenikmatan dunia. Makanan yang paling enak sekali pun seolah jadi terasa tidak menarik saat kita sedang sakit gigi.

Lirik lagu “Daripada sakit hati, lebih baik sakit gigi” yang dipopulerkan Meggy Z seolah menjadi pengingat bahwa sakit gigi memang rasanya sangat tidak enak. Aktivitas harian dan mood seakan jadi berantakan kalau kita sedang sakit gigi.

Namun, tahukah kamu, selain dengan mengonsumsi obat apotek, sakit gigi juga bisa diredakan dengan pijatan akupresur di titik-titik tertentu. Melansir International Journal of Orthodontic Rehabilitation, WHO sendiri juga telah mengakui akupresur bisa jadi pengobatan untuk sakit gigi.

Oleh karena itu, teknik akupresur bisa dipelajari untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Namun, akupresur bukanlah obat. Kalau sakit gigi tetap berlanjut, konsultasi dengan dokter tentu lebih dianjurkan untuk mengetahui kondisi sesungguhnya pada gigi yang sedang sakit.

Kenali 5 Titik Akupresur untuk Redakan Sakit Gigi

Sudah sejak lama orang-orang menggunakan pijatan di titik tertentu untuk membantu pengobatan atau sekadar mengurangi rasa sakit. Jika sedang sakit gigi, teknik pemijatan di area tertentu juga bisa digunakan untuk mengurangi nyeri.

Untuk sakit gigi, titik akupresur bisa diterapkan di beberapa bagian, seperti pundak, leher, tangan, pipi, dan sebagainya. Genhype, kenalilah beberapa titik akupresur di bawah ini untuk membantu meredakan sakit gigimu.
  1. Titik L14
 
Titik L14/facebook
Titik L14 berada di antara sudut ibu jari dan jari telunjuk. Titik ini sudah dikenal di dunia akupresur karena punya manfaat yang banyak. Pemijakan di area ini dapat meredakan peradangan pada gigi. Tekanan dengan kekuatan yang pas juga bermanfaat untuk mengurangi sakit kepala, stres, dan nyeri.

Tempelkanlah ibu jari di antara ibu jari dan jari telunjuk. Pijat-pijat secara lembut selama 4-5 detik. Lakukan gerakan ini sambil menarik napas panjang.



 
  1. Titik ST36
 
itik ST36/drzuhri.com
Memijat di daerah kaki juga bisa mengurangi sakit gigi. Titik yang dikenal dengan nama ST36 ini terletak di sekitar empat sentimeter di bawah tempurung lutut. Kamu bisa menempelkan telapak tangan pada sisi yang sama dengan tempurung.

Titik yang tepat terletak pada sekitar jari kelingking. Kamu bisa mulai menekan dengan lembut di daerah tersebut. Untuk variasi, berikan dorongan ke bawah ke area tulang kering bagian luar. Lakukan gerakan secara perlahan untuk membantu mengurangi sakit gigi.


 
  1. Titik ST6
Titik ST6 dikenal dapat mengurangi nyeri pada mulut, misalnya adanya radang mulut atau masalah gigi lainnya. Titik ST6 sendiri terletak di garis yang bersinggungan dengan tulang rahang.

Kamu bisa mencoba menempelkan gigi atas dan bawah terlebih dahulu. ST6 sendiri ada di tonjolan yang terletak di tengah antara ujung bibir dan bagian bawah daun telinga. Kamu bisa memijat dengan ibu jari dengan perlahan dan ulangi bila perlu.
  1. Titik GB21
Titik GB21 atau dikenal titik kantong empedu memiliki manfaat meredakan sakit gigi dan area wajah. Meski namanya titik kantong empedu, letaknya sebenarnya tidak berada di dekat kantong empedu. Titik GB21 terletak di bagian sedikit di belakang bagian tengah pundak. Pijatlah dengan ibu jari dan telunjuk dengan tekanan sedang
  1. Titik SI18
Titik SI18 terletak di bagian bawah tulang pipi. Titik akupresur ini diketahui dapat membantu meredakan nyeri akibat sakit gigi, gigi berlubang, dan masalah gusi. Tekan titik ini dengan telunjuk dan jari tengah selama beberapa menit. Saat menekan, aturlah pernapasan sebaik mungkin.

Selain dengan cara pemijatan, kamu bisa juga mengombinasikan dengan cara-cara sederhana lain yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya, dengan berkumur dengan air garam atau mengompres dengan air dingin.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Penggemar Podcast Merapat, Spotify Luncurkan Tiga Original Video Podcast, Siapa Saja Mereka?

BERIKUTNYA

Dibandrol Hampir Rp12 Juta, Ini 7 Keunggulan Apple Watch Ultra

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: