Tanaman Hias Air (Sumber Foto: Freepik)

7 Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh di Air, Cocok untuk Akuarium dan Kolam Ikan

28 April 2023   |   19:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Tanaman hias yang bisa tumbuh di air dapat mempercantik tampilan kolam ikan di halaman rumah. Di samping itu, tanaman hias jenis ini juga mudah dirawat. Kamu hanya butuh media tanam air saja. Selain tumbuh di kolam, tanaman ini bisa juga di akuarium atau toples kaca berisi air.

Tanaman air atau hidrofit merupakan tanaman yang tumbuh di sekitar perairan dan dapat beradaptasi di air asin maupun air tawar. Mereka bernapas melalui akar dengan cara menyerap air yang mengandung oksigen dan melakukan fotosintesis menggunakan daunnya. Mengutip Better Homes & Gardens Australia, berikut beberapa tanaman hias yang bisa tumbuh di air. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Pembawa Hoki, Bisa Menjadi Mood Booster hingga Meraih Kemakmuran Pemiliknya
 

1. Sirih Gading

Sirih gading merupakan salah satu tanaman hias air yang tumbuh merambat. Daunnya berwarna kuning cerah atau hijau pucat kekuningan. Tampilannya yang cantik membuatnya banyak digemari para pecinta tanaman. Apabila hendak membiakkan Sirih Gading di botol kaca, kamu dapat memotong batangnya terlebih dahulu dengan panjang sekitar 20-30 sentimeter.


2. Ara Biola

Tanaman hias air lainnya adalah Ara Biola. Cara menanamnya mudah, cari potongan Ara Biola yang memiliki banyak simpul. Selanjutnya letakkan potongan tersebut di wadah berisi air tawar dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari tidak langsung lalu tunggu sampai tumbuh. Kamu akan melihat akarnya tumbuh dalam waktu sekitar 6 minggu.


3. Pakis Lidah

Pakis Lidah merupakan tanaman hias air yang tumbuh dari batang yang disebut rimpang. Tanaman ini dapat menyerap nutrisi dari air melalui daun dan akarnya. Pakis Lidah juga dapat tumbuh dengan baik di bawah terik matahari. Kamu bisa menempatkan tanaman ini dalam botol berisi air atau dalam akuarium di area yang terkena sinar matahari.


4. Tradescantia

Tradescantia atau yang juga dikenal dengan sebutan spiderwort merupakan tanaman hias air. Warna ungunya yang khas dan cantik cocok disimpan dalam botol atau vas kaca. Apabila ingin diletakkan dalam ruangan, pastikan untuk mendapatkan cahaya matahari dengan intensitas sedang. 


5. Bambu Air

Bambu air atau horsetail merupakan tanaman hias air yang dapat tumbuh hingga 100 sentimeter. Daunnya agak bengkok berwarna abu-abu atau hijau, serta tingginya bisa mencapai 23 sentimeter. Bedanya dengan pohon bambu yang tumbuh di darat, adalah bambu air memiliki batang yang cenderung berdaging. 


6. Melati Air

Melati Air juga merupakan salah satu tanaman hias air yang cantik. Bunganya berwarna putih dan memiliki tiga kelopak, serta daunnya kaku. Biasanya, tanaman ini mekar pada pagi hari dan akan menguncup kembali saat sore hari. Kamu bisa menumbuhkan tanaman ini di media air, tapi pastikan jangan sampai tenggelam.


7. Calla Lily

Calla Lily memiliki tampilan yang menawan dengan kelopak berwarna putih, ada juga warna ungu, hijau, oranye, hingga merah. Tanaman ini dapat tumbuh di media air, misalnya seperti kolam atau dalam botol kaca. Namun bisa juga tumbuh di media tanah yang agak basah seperti lumpur.

Baca jugaTips Merintis Bisnis Tanaman Hias, Ubah Hobi Menjadi Cuan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tawarkan RAM Besar, Intip Spesifikasi Infinix Hot 30i

BERIKUTNYA

Simak 4 Kunci Sukses Brand Sneakers Lokal Dongkrak Penjualan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: