Pelancong menikmati akuarium (Sumber gambar: pexels/Abdulmomen Bsruki)

Intip 4 Akuarium Terbesar di Dunia dan Beragam Ikan Uniknya

21 December 2022   |   22:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Menikmati keindahan warna-warni beragam jenis ikan merupakan salah satu kegiatan yang cukup menarik bagi banyak orang, terlebih ikan-ikan yang berada di dasar laut yang sangat cantik dan bahkan memiliki ukuran yang tidak biasa. Namun, tidak semua orang bisa menyelam untuk melihat ikan di dasar laut, sehingga akuarium menjadi salah satu cara untuk menikmatinya.

Keinginan banyak orang untuk melihat kekayaan bawah laut tanpa harus menyelam membuat banyak pihak mencoba menghadirkan keindahan itu ke dalam akuarium, sehingga orang dapat melihat tanpa harus menyelam ke dasar laut.

Bahkan, beberapa pihak sengaja menghadirkan akuarium dengan ukuran yang sangat besar dengan koleksi ribuan ikan di dalamnya, lengkap bersama karang dan biota laut lainnya.

Berikut sejumlah akuarium berukuran besar yang ada di dunia.


1. Georgia Aquarium

Salah satu akuarium terbesar di dunia adalah Georgia Aquarium yang berada di Amerika Serikat. Akuarium ini memiliki memiliki lebih dari 11 juta galons air dengan lebih dari 100 habitat. Setiap tahun, akuarium ini juga mempersiapkan lebih dari 500.000 pounds makanan untuk para binatang yang terdapat di dalam akuarium ini.

Salah satunya adalah untuk makan hiu yang ada di akuarium yang mencapai 47.000 pounds makanan setiap tahunnya.


2. L’Oceanografic

Akuarium lainnya yang masuk dalam kategori akuarium terbesar adalah L’Oceanografic yang terletak di Valencia. Akuarium ini juga memiliki lebih dari 11 juta galon air yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, akuarium ini juga menjadi rumah bagi 500 spesies berbeda. Di tempat ini, para pelancong dapat menemukan angel shark, aldabra giant tortoises, dolphin, barrel jellyfish, beluga whales, dan sebagainya.


3. Marine Life Park

Marine Life Park adalah akuarium terbesar lainnya di dunia yang berada di Singapura. Akuarium ini memiliki lebih dari 12 juta galon dengan lebih dari 100.000 hewan laut dan lebih dari 800 spesies. Akuarium ini terdiri dari 10 zona dengan 49 habitat.

Salah satu koleksi yang ada di akuarium ini adalah pari manta terbesar di dunia, lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik, hiu martil bergigi, kepiting laba-laba jepang, dan sebagainya.


4. Chimelong Ocean Kingdom

Akuarium yang berada di China ini merupakan akuarium terbesar di dunia dengan menampung 12,9 juta galon air. Akuarium ini memiliki tangki pameran hiu paus yang menampilkan panel akrilik terbesar di dunia dengan ukuran 39,6 m (129 kaki 11,05 inci) kali 8,3 m (27 kaki 2,77 inci).

Tangki yang memamerkan hiu paus juga memiliki kubah pandang bawah air terbesar dengan diameter eksternal yang disebut mencapai 12 meter. Tangki itu sendiri memiliki volume 22,7 juta liter air asin, menjadikannya tangki akuarium terbesar di dunia. Chimelong Ocean Kingdom mengalahkan akuarium-akuarium besar lainnya yang ada di dunia sampai dengan saat ini.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Cek 5 Fakta Menarik Konser Tunggal Nadin Amizah Selamat Ulang Tahun

BERIKUTNYA

Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak di Si Doel Anak Sekolahan Tutup Usia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: