Ilustrasi tanaman hias (sumber Unsplash /Towfiqu barbhuiya)

5 Tanaman Hias Pembawa Hoki, Bisa Menjadi Mood Booster hingga Meraih Kemakmuran Pemiliknya

28 September 2022   |   10:45 WIB

Memiliki tanaman hias untuk desain interior selain membuat ruangan di dalam rumah jadi lebih estetik.  Menurut penelitian ilmiah ternyata tanaman ini juga dapat membantu mengurangi kadar stres, serta memiliki efek postitif terhadap penghuninya.

Di sisi lain, berdasarkan ilmu Feng Shui, dengan menghadirkan tumbuhan tertentu di dalam ruangan juga dapat membantu menyelaraskan unsur air, yang melambangkan kekayaan, serta menyingkirkan energi negatif di dalam rumah.

Baca juga: Cobain Yuk! Bikin Kamar Kos Lebih Estetik dengan 5 Tanaman Hias Ini

Dari sinilah akhirnya ada beberapa jenis tanaman hijau yang dipercaya dapat membawa hoki atau keberuntungan bagi pemiliknya. Beberapa di antaranya bahkan ada yang disebut pohon uang dan tanaman hoki.

Lantas, apa saja tanaman pembawa hoki itu? Artikel di bawah ini akan mengulas tentang 5 jenis tanaman yang selain bagus untuk keseimbangan ekologi di dalam ruangan, ternyata juga membawa keberuntungan bagi pemilikknya.
 

1. Pachira Aquatica

Tanaman hias pertama yang dapat diaplikasikan ke dalam interior ruangan dan diyakini membawa hoki adalah Pachira Aquatica, nama latin dari Money Tree atau yang dalam Bahasa Indonesia berarti Pohon Uang. 
 

Ilustrasi Pachira Aquatica (sumber Unsplash/feey)

Ilustrasi Pachira Aquatica (sumber Unsplash/feey)

Kenapa dinamakan demikian? Karena tanaman ini diyakini memiliki aura yang membuat pemiliknya semakin giat untuk bekerja, atau bisa menjadi mood bosster,  sehingga akan semakin menambah rezeki, kemakmuran, dan pundi-pundi uang.

Di alam liar, tanaman ini bisa tumbuh hingga  ketinggian 10 meter, tapi yang kebanyakan dijual untuk hiasan rumah  adalah Pachira berukuran sedang, dalam bentuk bonsai yang sudah terkepang, sehingga dapat dengan mudah untuk dirawat.
 

2. Giok

Crasulla Ovata, atau Giok juga diyakini membawa hoki dan dapat memberikan energi positif untuk meraih kesuksesan dari apa yang dicita-citakan pemiliknya. Tanaman sukulen berbentuk oval ini biasanya bunganya yang mekar  berwarna merah muda dan putih.
 

Ilustrasi tanaman giok (sumber Unsplash/NordWood Themes)

Ilustrasi tanaman giok (sumber Unsplash/NordWood Themes)

Bagi sebagian orang tanaman ini juga sering diberikan pada pemilik bisnis baru sebagai hadiah. Mengapa demikian? Karena saat ditempatkam di dekat pintu masuk rumah atau kantor, hal ini dianggap menyambut kemakmuran serta kesuksesan yang akan masuk ke dalam ruangan tersebut.
 

3. Lidah Mertua

Sansevieria, atau Snake Plant, atau Lidah Mertua juga dipercaya dapat membawa hoki bagi pemiliknya. Selain itu, tanaman yang bisa hidup dalam kondisi sedikit air dan cahaya matahari ini juga memiliki banyak manfaat.
 

ilustrasi tanaman lidah mertua (sumebr Unsplash/Gabriella Clare Marino)

ilustrasi tanaman lidah mertua (sumebr Unsplash/Gabriella Clare Marino)

Beberapa di antaranya adalah membersihkan polusi udara, pemasok oksigen yang berlimpah, tanaman antiseptik, dan juga dapat  mengatasi sick bulding syndrome, kondsi di mana orang-orang di dalam rumah jatuh sakit, sesak napas, dan pusing akibat sirkulasi udara yang buruk.
 

4. Lucky Bamboo

Di antara beberapa jenis tanaman hias pembawa keberuntungan yang bisa diaplikasikan di rumah, Lucky Bamboo atau Bambu Hoki tentunya bisa menjadi salah satu pilihan yang pas. Sebab, selain indah, tanaman ini juga mudah untuk dirawat.
 

Ilustasi lucky bamboo (sumber Unsplash/Vipin Rajbher)

Ilustasi lucky bamboo (sumber Unsplash/Vipin Rajbher)

Dalam khasanah budaya Asia, tanaman yang oleh bangsa China disebut Fu Gui Zu  ini diyakini memang dapat membawa keharmonisan lewat tiga simbol  mereka yang menandakan keberuntungan, kekuatan, dan kehormatan  bagi pemiliknya.
 

5. Wijaya Kusuma

Tak hanya memiliki kecantikan alami, bunga Wijaya Kusuma diyakini juga dapat membawa keberuntungan, khususnya bagi masyarakat Jawa. Wijaya  berarti kemenangan, dan kusuma memiliki arti tegak. Maka wijaya Kusuma bermakna kemenangan yang mutlak bagi pemiliknya.
 

ilustrasi wijaya kusuma mekar (sumber Unsplash/hartono subagio)

ilustrasi wijaya kusuma mekar (sumber Unsplash/hartono subagio)

Bunga dengan nama latin Epiphyllum anguliger ini juga memiliki keunikan lain yang biasanya hanya mekar pada malam hari saja dan waktu mekarnya pun terbilang jarang. Maka dari itu tanaman ini juga dikenal dengan sebutan bunga ratu malam.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Fitur Headphone Bertenaga Surya Adidas RPT-02 SOL, Enggak Perlu Khawatir Kehabisan Baterai

BERIKUTNYA

5 Perbedaan Jenis Sunscreen Berdasarkan Tekstur, Sesuaikan dengan Tipe Kulit Kamu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: