Sayuran untuk Diet (Sumber Foto: Freepik)

5 Sayuran yang Wajib Ada Dalam Menu Diet, Bantu Berat Badan Cepat Turun

27 April 2023   |   19:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sayuran menjadi menu yang wajib dikonsumsi saat sedang menjalankan program diet. Makanan sehat ini mengandung vitamin, mineral, dan serat yang dapat membentu proses menurunkan berat badan jadi lebih cepat. Di samping itu juga baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. 

Pilihlah sayuran berdaun hijau untuk di tambahkan ke dalam menu diet, misalnya seperti bayam, brokoli, kale, dan lainnya. Sayuran berdaun hijau kaya akan mineralnya yang tinggi, di antaranya zat besi, magnesium, potasium, kalsium, seng. 

Baca juga: Ini Akibat Anak Susah Makan Sayur, Salah Satunya Risiko Obesitas

Berikut 5 jenis sayuran berdaun hijau yang bisa membantu menurunkan berat badan.


1. Bayam

Bayam memiliki serat tidak larut yang akan membuat kita kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi sayuran ini, kalori tidak akan terserap oleh tubuh. Sehingga bisa lebih efektif dalam membakar lemak perut. Selain itu, bayam juga mengandung gizi dan nutrisi tinggi.

Mengutip dari Healthline, dalam 100 gram bayam mentah mengandung 23 kalori, 91 persen air, 2,9 gram protein, 3,6 karbohidrat, 0,4 gram gula, 2,2 gram serat, dan 0,4 gram lemak. 


2. Brokoli

Brokoli merupakan sumber karbohidrat yang baik dan mengandung serat tinggi. Kandungan gizi brokoli di antaranya ada vitamin K dan kelompok vitamin B-kompleks , seperti niacin (vit B-3), asam pantotenat (vit B-5), piridoksin (vit. B-6), vitamin B-12, dan riboflavin.

Brokoli juga mengandung asam lemak omega-3 yang biasanya terdapat pada ikan. Sayuran ini rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi. Khasiatnya dapat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, menjaga gula darah tetap seimbang, dan mengurangi keinginan makan berlebih. 


3. Kale

Kale adalah salah satu sayuran yang rendah kalori, namun kandungan airnya tinggi. Dalam 21 gram kale mentah, hanya terdapat 7 kalori saja. Di tambah kandungan vitamin A, C, dan K, serta mangan, kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin B.

Di samping baik untuk menurunkan berat badan, kale dapat mengurangi risiko penyakit jantung, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker. Kale bisa dimakan mentah dalam bentuk salad atau smoothie, bisa juga dikukus, ditumis, direbus, atau dipanggang.


4. Selada

Selada merupakan sayuran yang rendah kalori, namun kaya serat dan air yang dapat membuat kita kenyang lebih lama sehingga bisa mencegah keinginan makan berlebihan. Kandungan lemaknya yang rendah juga membuat selada cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

Selain itu, dalam daun selada terdapat kandungan antioksidan seperti antosianin, betakaroten, dan vitamin C. Ketiganya dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh.


5. Daun kelor

Daun kelor kaya akan antioksidan termasuk asam klorogenat. Khasiatnya dapat membantu membakar lemak dan menormalkan kadar gula darah. Sayuran ini juga kaya akan Kalium, magnesium, zat besi, seng dan kalsium. Selain itu daunnya juga memiliki sifat anti inflamasi yang bagus untuk kesehatan.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Garena Umumkan Kolaborasi AoV x Pretty Guardian Sailor Moon Cosmos The Movie

BERIKUTNYA

(G)I-DLE Siap Tur Dunia Lewat Tajuk I am FREE-TY , Cek Lokasi & Jadwalnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: