Ilustrasi perjalanan jarak jauh dengan bus. (Sumber Foto: Pexels/Jeremy Mosley).

Ragu Keluar Kota Naik Bus? Simak 4 Alasan Kamu Harus Coba Naik Bus AKAP

27 April 2023   |   14:11 WIB

Dari sekian banyak pilihan transportasi yang ada, masih terdapat segelintir orang yang memiliki pandangan tertentu jika menaiki Bus AKAP. Bagi sebagian orang, perjalanan darat membosankan atau terlalu memakan waktu, itu sebabnya transportasi udara menjadi pilihan yang paling efisien.

Berbeda halnya jika yang akan melakukan perjalanan darat adalah seorang pelancong atau solo traveler yang umumnya akan menggunakan transportasi yang paling murah dan mudah didapatkan, salah satunya adalah bus.

Sebutan 'bus mania' pasti sudah nggak asing kan, di telingan Genhype? Bus mania adalah sebutan bagi sekelompok orang yang memiliki hobi dan pengetahuan yang luas tentang jenis transportasi bus. Tak hanya itu, umumnya mereka juga terobsesi dengan segala pembaruan spek, mesin, bodi, air suspension, karoseri, dan sebagainya.

Sekarang, kita akan membahas beberapa fasilitas dan keunggulan yang hanya dapat Genhype rasakan jika menggunakan jasa transportasi bus AKAP (antar kota antar propinsi).
 

1. Banyak pilihan bus

Bagi Genhype yang belum tahu banyak tentang transportasi yang satu ini, berarti ini momen yang pas karena kamu akan tahu bahwa bus AKAP ada sangat banyak pilihan.

Bus antar kota antar provinsi terbagi menjadi beberapa kelas. Kelas paling bawah disebut dengan bus patas (cepat terbatas), VIP, eksekutif, dan yang paling atas adalah suites.

Bus patas umumnya berupa bus mini tanpa acpenyejuk udara (AC). Bus VIP dan eksekutif umumnya merupakan bus berukuran sedang dan biasanya sudah menggunakan pendingin ruangan. Sedangkan bus kelas suites merupakan tahta tertinggi dari suatu perusahaan otobus, sebab memiliki seat dan fasilitas unggulan di antara kelas lainnya.

Sebagai informasi tambahan, saat ini beberapa perusahaan otobus (PO) menyediakan layanan bus dengan fasilitas yang mewah yaitu dengan menggunakan seat yang luas ataupun bebentuk cabin yang nyaman untuk beristirahat.
 

2. Harga tiket lebih terjangkau

Harga yang ditawarkan setiap PO bus berbeda, menyesuaikan dengan tipe kelas bus yang tersedia. Namun Genhypes tak perlu khawatir, sebab harga tiket bus masih tergolong terjangkau dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Menurut pengamatan Hypeabis.id, harga tiket bus VIP/eksekutif tersedia mulai dari Rp250.000 untuk jurusan antar provinsi.

Sebenarnya masih banyak lagi kisaran harga dari setiap kelas bus yang berbeda. Buat Genhypes yang sudah kepalang ingin tahu lebih lanjut kisaran harga tiket bus, langsung cek di layanan resmi PO bus, ya!

 

Ilustrasi - Terminal Pulo Gebang, Jakarta. (Sumber foto:youtube)

Ilustrasi - Terminal Pulo Gebang, Jakarta. (Sumber foto:youtube)


3. Bisa melihat pemandangan

Hal yang paling mengasyikkan jika pergi menggunakan bus adalah kita dapat menikmati pemandangan jalan dengan leluasa. Kita dapat melihat pemandangan melalui kaca depan yang sangat besar, serta melalui jendela kanan maupun kiri tempat duduk.

Kaca bus yang panjang dan tidak bersekat membuat semua orang nyaman untuk menyaksikan pemandangan alam selama perjalanan.
 

4. Punya waktu untuk istirahat

Waktu istirahat adalah waktu yang dibutuhkan semua orang. Nah, buat Genhypes yang mau bepergian keluar kota, ada baiknya jika Kamu mengabil opsi untuk menggunakan bus AKAP. Mengapa begitu? Karena dengan naik bus AKAP, Genhypes jadi punya waktu yang panjang untuk beristirahat selama perjalanan ke kota tujuan.

Agar bisa beristirahat dengan maksimal, sesuaikan juga dengan anggaran yang Kamu miliki ya! Pastikan memilih PO bus dan kelas yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca juga: Yuk Atur Uang Mudik dengan Cara Ini, Biar Enggak Boros di Perjalanan

Nah, itu dia yang bisa Genhype peroleh jika memilih bepergian dengan menggunakan bus AKAP. Semoga dengan adanya artikel ini, Genhype jadi terinspirasi untuk menggunakan bus sebagai transportasi jalur darat yang on budget.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Aksi Marselino Ferdinan di KMSK Deinze, Nyanyi Bareng Suporter Hingga Pidato

BERIKUTNYA

Hindari Penipuan, Tinder Tambah Syarat Swavideo untuk Verifikasi Foto 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: