Pulo Cinta. (Sumber foto: Unsplash/We Do Creative Films)

5 Destinasi Wisata Bahari Indonesia Timur dengan Lanskap Super Cantik

26 April 2023   |   21:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kawasan Indonesia timur memang terkenal dengan wisata baharinya yang indah mempesona bagai surga. Pantainya membentang cantik dengan pasir putih bersih, begitupun dengan lautnya yang menyimpan beragam biota unik.

Ada banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini, seperti berenang, diving, surfing, atau sekadar berjemur dan jalan-jalan di tepi pantai. Pariwisata Indonesia bagian timur juga dikenal karena keindahannya masih alami, sehingga menjadi daya tarik para wisatawan lokal dan mancanegara.

Nah, berikut rekomendasi wisata bahari Indonesia timur yang indah dan menarik untuk dikunjungi selama liburan.

Baca juga: 4 Lokasi Snorkeling dengan View Bawah Laut yang Keren di Kepulauan Seribu

 

1. Pulo Cinta, Gorontalo

 
 

Pulo Cinta memiliki pesona memikat yang dijuluki sebagai Maldives-nya Indonesia. Terletak di wilayah Gorontalo, Sulawesi Utara, pulau ini memiliki keunikan yaitu rangkaian cottage terapung di atas air yang tersusun indah membentuk simbol hati. Deretan cottage tersebut dihubungkan oleh jembatan panjang yang terbuat dari kayu.

Wisatawan bisa duduk di jembatan tersebut untuk menikmati keindahan pantai. Tak jauh dari Pulo Cinta, terdapat sejumlah tempat wisata terkenal lainnya yang bisa dikunjungi, seperti Pulau Bajo, Gulf of Tomini, dan Pulau Bohu. Pulo Cinta juga merupakan salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan untuk para wisatawan yang gemar menyelam atau diving.


2. Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ERVAN DIMU (@ervan_dimu)

 

Pulau Rote atau Pulau Roti merupakan rumah dari sejumlah pantai-pantai menawan seperti Pantai Nemberala, Pantai Oesosole, Pantai Loedi, Pantai Bo’a, dan Pantai Mulut Seribu. Pulai ini memiliki luas sekitar 1.200 kilometer persegi.

Destinasi wisata ini cocok untuk kamu yang gemar mempelajari Seni Budaya tradisional. Di sini wisatawan bisa belajar bermain musik Sasando hingga membuat topi adat Ti’i Langga di Pulau Rote.


3. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

 
 

Wakatobi merupakan akronim dari empat pulau utamanya, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Sejak dulu tempat ini merupakan salah satu wisata alam Indonesia yang menjadi favorit para penyelam mancanegara karena keindahan bawah lautnya.

Wakatobi memiliki puluhan spot diving yang tersebar di empat pulau tersebut, di antaranya yang paling populer yakni Onemohute, House Reef, Cornucopia, Coral Garden, dan Roma’s Reef. Setelah asyik menyelam kamu juga bisa mempelajari budaya setempat dengan mengunjungi suku Bajo yakni penduduk lokal Wakatobi yang tinggal di rumah apung.


4. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

 
 

Taman Nasional Bunaken terletak di pusat Segitiga Terumbu Karang atau Coral Triangle. Wisata alam ini merupakan salah satu tempat dengan kualitas udara terbaik di Indonesia, sebagian besar pantainya pun masih sangat alami dan belum terjamah manusia. Adapun di sekelilingnya juga terdapat bukit dan hutan hijau lebat yang membuat udaranya makin sejuk dan bersih.

Taman Nasional Bunaken memiliki wilayah seluas 75.265 hektare dengan ratusan spesies karang, ikan, dan reptil. Di sana kamu juga bisa mengunjungi objek wisata lainnya, seperti Tomohon dan Bitung.


5. Taman Nasional Takabonerate, Sulawesi Selatan

 
 

Taman Nasional Takabonerate terkenal dengan gugusan atol atau pulau berbentuk cincin yang terdiri dari pulau-pulau karang dan terumbu. Tempat ini juga cocok untuk aktivitas diving, terdapat beberapa titik selam yang sangat strategis untuk melihat aneka jenis ikan cantik.

Apabila kamu ingin menguji adrenalin, di sini bisa mencoba pengalaman berenang bersama ikan hiu. Tak perlu khawatir karena ikan hiu di sini jinak, airnya pun cenderung hangat. Nah, bagi kamu yang tertarik berkunjung, disarankan untuk datang pada bulan November sampai Desember, serta Maret sampai Mei, karena pada saat itu air lautnya sangat jernih sebening kristal.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Belitung, Pulau di Lepas Pantai Timur Sumatra yang Memesona

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cara Menghilangkan Lemak & Memulai Kembali Hidup Sehat setelah Lebaran

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Hotel Nyaman dekat Ancol, Simak Fasilitas dan Harganya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: