Cara menurunkan berat badan salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. (Sumber gambar: Freepik)

Cara Menghilangkan Lemak & Memulai Kembali Hidup Sehat setelah Lebaran

26 April 2023   |   17:10 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Berat badan cenderung meningkat setelah Ramadan dan Lebaran Idulfitri. Hal ini dipicu dari pola makan dan tidur yang berubah, porsi makan bertambah saat malam hari, belum lagi aktivitas fisik seperti olahraga yang berkurang untuk menghindari lemas saat berpuasa.  

Ketika Ramadan usai, tidak sedikit pula masyarakat yang kalap mengonsumsi berbagai makanan khas Lebaran, yang mayoritas berbahan santan dan tentunya mengandung lemak. Makanan-makanan itu termasuk opor dan rendang. Belum lagi ragam kue kering yang tinggi gula.

Ahli Gizi, Putri MJ, mengimbau masyarakat agar waspada dengan kenaikan berat badan setelah periode ini. Pasalnya, hal tersebut bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Maag, gastroesophageal reflux disease (GERD), hingga sembelit pun bisa muncul. 

Oleh karena itu, Putri membagikan kiat untuk menurunkan berat badan dan kembali fit usai Lebaran 2023. Berikut hal-hal yang bisa kamu coba di rumah. 

Baca juga: Cara Menormalkan Kolesterol Setelah Lebaran, Coba 5 Makanan Sehat Ini


1. Hindari Overeating, Terapkan Mindful Eating 

Makan berlebihan (overeating) dapat meningkatkan risiko obesitas dan berbagai penyakit kronis, seperti diabetes hingga penyakit jantung. Putri menyarankan masyarakat untuk menerapkan prinsip mindful eating untuk mencegah makan berlebihan sehingga bisa menurunkan berat badan.

Mindful eating didasarkan pada kesadaran penuh seseorang saat makan. Sebagai contoh, hindari multitasking atau mengobrol saat makan supaya kita sadar dengan porsi yang dikonsumsi. Kamu juga harus menikmati rasa, aroma dan tekstur makanan.

“Jangan lupa untuk memperhatikan isyarat dari tubuh, contohnya tidak mengabaikan respon tubuh ketika sudah kekenyangan,” jelas Putri, Rabu (26//4/2023).

Putri menganjurkan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan gizi dan mengontrol porsi makanan dengan menerapkan pedoman gizi ‘Isi Piringku’ yang digaungkan oleh Kementerian Kesehatan. Adapun, porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50 persen buah dan sayur, serta 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

Untuk memenuhi asupan nutrisi harian tubuh yang tidak tercukupi dari makanan, dia menyarankan untuk mengonsumsi multivitamin. Multivitamin juga berperan meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit yang cenderung ditemukan usai Lebaran. 
 

2. Pola Makan Bergizi Seimbang 

Untuk mempercepat proses regenerasi sel dalam tubuh, prioritaskan konsumsi makanan kaya protein. Putri menjelaskan, secara umum, kebutuhan harian protein seseorang adalah 0,8-1,2 gram dikali berat badan. Misal, jika berat badan seseorang adalah 50 kg, maka protein yang dibutuhkan yakni sekitar 40-60 gram per harinya.

Dia menuturkan untuk meningkatkan sistem imun, tubuh membutuhkan zat gizi makro dan mikro. Zat makro mencakup protein, lemak dan karbohidrat. Sedangkan zat mikro mencakup vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin D, magnesium, dan zinc. 

Perbanyak juga konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian dengan kandungan serat yang tinggi untuk mengatasi keluhan sembelit, meningkatkan imunitas tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah. “Salah satu jenis makanan kaya serat adalah oat,” sebut Putri. 
 

3. Perbaiki Jadwal Tidur dan Olahraga Ringan

Istirahat yang cukup bisa menjaga imunitas tubuh serta menurunkan berat badan. Putri menyampaikan selama berpuasa, jam tidur cenderung berkurang dan berantakan karena harus bangun sahur. “Setelah Lebaran, perbaikilah jadwal tidur secara perlahan menjadi kurang lebih 8 jam sehari,” tegasnya. 

Selain memperbaiki jadwal tidur, imbangi dengan olahraga ringan untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih fit saat beraktivitas setelah Lebaran. Kemampuan durasi berolahraga bisa dibangun pelan-pelan, mulai dari 10-15 menit. 

“Jangan langsung memaksa berolahraga berat. Beri juga jeda hari tanpa berolahraga untuk beristirahat,” saran Putri.
 
Kembalikan pula cairan dan elektrolit yang hilang saat berolahraga dengan meminum air kelapa dicampur dengan madu dan sedikit garam. Makan juga buah-buahan dengan kadar tinggi mineral, seperti pisang, semangka atau pepaya. Makanan kaya protein seperti daging ayam atau sapi juga sebaiknya dikonsumsi untuk pembentukan otot.

Baca juga: Lebaran Tiba! Intip 5 Kiat Tetap Sehat saat Merayakan Idulfitri

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Rilis Hari Ini, Cek 5 Fakta Menarik Game Honkai: Star Rail Besutan HoYoverse

BERIKUTNYA

5 Destinasi Wisata Bahari Indonesia Timur dengan Lanskap Super Cantik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: