The Super Mario Bros. Movie tayang di pasar domestik Amerika Utara pada 5 April 2023 (Sumber gambar: thesupermariobros.movie)

Tanggapan Pengamat Soal The Super Mario Bros. Movie, yang Memuncaki Film Terlaris 2023

26 April 2023   |   12:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film The Super Mario Bros. Movie terus menunjukkan keperkasaannya di top chart box office. Film animasi tentang petualangan tukang ledeng di Brooklyn ini terus menciptakan selisih pendapatan yang lebar dengan pesaingnya, seperti Ant-Man and the Wasp: Quantumania.

Laman Box Office Mojo mencatat perkiraan pendapatan kotor The Super Mario Bros. Movie sebesar US$888,58 juta atau Rp13,06 triliun (US$1 = Rp14.699,14) selama 20 hari penayangannya di seluruh dunia.

Film yang bercerita tentang tukang ledeng bernama Mario dan Luigi ini berhasil memperoleh pendapatan lebih dari US$100 juta dalam kurun waktu sekitar satu minggu. Pada 19 April 2023, karya ini memiliki perkiraan pendapatan sebesar US$710 juta di seluruh dunia.

Dari total pendapatan yang diraih, lebih dari setengahnya diperoleh dari pasar internasional. Sementara, sisanya merupakan kontribusi penonton Amerika Serikat.

Perkiraan revenue yang diperoleh oleh film dari Universal Pictures ini membuatnya jadi karya paling laris di dunia yang rilis pada 2023 untuk sementara. The Super Mario Bros. Movie berhasil meninggalkan Ant-Man and the Wasp: Quantumania di posisi kedua dengan raihan US$474,52 juta. 

Baca juga: Review The Super Mario Bros. Movie, Petualangan yang Membangkitkan Kenangan (Spoiler Alert)

Menanggapi raihan The Super Mario Bros. Movie, pengamat Yan Widjaya menilai terdapat sejumlah alasan film animasi tersebut bisa memperoleh pendapatan lebih dari Rp13 triliun. Pertama, karya yang diarahkan sutradara Aaron Horvath dan Michael Jelenic itu merupakan film untuk keluarga.

Dengan begitu, maka semua umur dapat menyaksikannya. kedua, karya yang diputar di 4,343 bioskop pada pembukaannya di pasar domestik Amerika Utara ini dapat menghibur para penontonnya dan genre animasi yang tidak berbahaya untuk disaksikan.

Ketiga, The Super Mario Bros. Movie mengajarkan kasih sayang antara kakak dan adik dengan jenaka. “Tontonan anak-anak yang ke bioskop bersama orang tuanya,” katanya kepada Hypeabis.id.

Film yang melibatkan aktor Chris Pratt sebagai pengisi suara karakter animasi Mario itu telah dinilai oleh sekitar 74.000 pengguna akun Internet Movie Database (IMDb) dan mendapatkan ulasan dari 761 pengguna. Rata-rata pengguna akun tersebut memberikan nilai 7,3 dari 10 untuk The Super Mario Bros. Movie
 

Dikutip dari laman The Super Mario Bros. Movie, film ini bercerita tentang dua bersaudara Mario dan Luigi, yang merupakan keturunan Italia dan menjadi tukang di Brooklyn. Keduanya masuk ke dalam pipa misterius dan berkelana ke dunia baru yang ajaib ketika sedang bekerja di bawah tanah untuk memperbaiki saluran air. 

Mario yang terpisah dengan Luigi di dunia ajaib itu mulai melakukan pencarian dengan bantuan penduduk Kerajaan Jamur, yakni Tod. Dia juga memperoleh pelatihan dari penguasa kerajaan yang memiliki tekad kuat, yakni Putri Peach.

The Super Mario Bros. Movie merupakan karya dari perusahaan hiburan global Illumination dan Nintendo. Keduanya melakukan kerja sama untuk menghasilkan sinema yang menghibur para pencinta film dan juga gim Super Mario di seluruh dunia. Film ini mendapatkan pembiayaan bersama dari Universal Pictures dan Nintendo.

Produser film ini adalah Pendiri dan CEO Illumination Chris Melendandri p.g.a dan Nintendo’s Representative Director and Fellow Shigeru Miyamoto yang juga merupakan pembuat karakter Mario.

Skenarionya dibuat oleh Matthew Fogel yang bukan orang baru dalam industri film animasi. Fogel tercatat telah menjadi bagian dalam karya berjudul Minions: The Rise of Gru dan The LEGO Movie 2: The Second Part.

Selain Chris Pratt, sejumlah aktor dan aktris ternama juga menjadi pengisi suara dalam film ini. Mereka seperti Charle Day yang mengisi suara Luigi, Anya Taylor -Joy sebagai pengisi suara Ratu Peach, Jack Black mengisi suara Bowser, dan sebagainya. 

Baca juga: 7 Film Animasi yang Pas Ditonton Bersama Keluarga Saat Momen Lebaran
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sejarah & Makna Hari Tanpa Riasan Wajah yang Dirayakan Setiap 26 April

BERIKUTNYA

Asyik, Satu Akun WhatsApp Kini Bisa Dipakai di Berbagai Perangkat Sekaligus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: