Ada lima pembaruan status di WA, salah satunya adalah status suara (Sumber gambar: tangkapan layar laman blog whatsapp)

Ada 5 Pembaruan, Fitur Status WhatsApp Tambah Lengkap Nih!

08 February 2023   |   11:21 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Platform berbagi pesan, WhatsApp menjadi aplikasi andalan banyak orang pada saat ini. Berbagai fitur yang tersedia menjadi salah satu daya tarik bagi banyak pihak menggunakannya untuk berbagai kepentingan. Bahkan, untuk meningkatkan pengalaman pengguna, WhatsApp pun aktif menambahkan set fitur baru seperti yang tersedia dalam fitur status.

Berdasarkan laman blog WhatsApp, perusahaan menuliskan bahwa status adalah cara populer untuk berbagi pembaruan singkat dengan kontak dan teman dekat di WhatsApp. Status akan menghilang dalam waktu 24 jam dan dapat berupa foto, video, GIF, teks, dan banyak lainnya.

Sama halnya dengan panggilan dan chat pribadi, platform milik Meta ini juga memastikan bahwa status WhatsApp pengguna mendapatkan perlindungan enkripsi end-to-end, sehingga dapat berbagi secara pribadi dan aman.

Baca juga: Cara Mengatur Proxy WhatsApp di Smartphone, Tak Perlu Takut Kehabisan Kuota Saat Kirim Chat

Untuk memudahkan pengguna WhatsApp mengekspresikan diri dan terhubung dengan orang lain, perusahaan menambah set fitur baru di status WhatsApp. Pembaruan ini sudah diluncurkan kepada pengguna secara global dan nantinya akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa pekan ke depan. “Kami berharap setiap orang dapat menikmati fitur status baru ini segera,” demikian dalam keterangan tertulis Whatsapp.

Nah penasaran fitur apa saja yang disematkan kali ini. Berikut pembaruan yang terdapat dalam status WhatsApp tersebut.


1. Pemilih Audiens Pribadi

Fitur ini menyediakan fleksibilitas bagi pengguna untuk memperbarui pengaturan privasi per status agar dapat memilih orang yang bisa melihat status setiap kali posting pembaruan status. Pilihan audiens paling baru akan disimpan dan digunakan sebagai opsi default untuk status pengguna berikutnya.

Aplikasi menghadirkan fitur status ini lantaran semua status yang dibagikan oleh pengguna WhatsApp mungkin tidak selalu cocok untuk semua orang yang ada di kontak.


2. Status Suara

Sebelumnya, pengguna dapat posting status berupa foto, video, GIF, teks, dan sebagainya. Dengan pembaruan terbaru, maka pengguna WhatsApp dapat membuat status suara. Kalian bisa merekam dan membagikan pesan suara berdurasi sampai dengan 30 detik di status WhatsApp.

Pengguna dapat memanfaatkan status suara untuk membagikan pembaruan yang lebih personal, khususnya jika seseorang merasa lebih nyaman mengekspresikan diri dengan berbicara daripada mengetik pesan.


3. Tanggapan Status

Fitur lainnya adalah fitur tanggapan status untuk memberikan cara yang mudah dan cepat guna merespons pembaruan status dari kontak dan teman dekat. Perusahaan menuliskan bahwa fitur ini merupakan yang paling diinginkan oleh para pengguna setelah perusahaan meluncurkan fitur tanggapan pada tahun lalu.

Dengan fitur ini, Genhype dapat dengan mudah membalas status apa pun dengan menggeser ke atas dan mengetuk salah satu dari delapan emoji. Pengguna masih dapat membalas status menggunakan teks, pesan suara, stiker, dan sebagainya.


4. Lingkaran Profil Status untuk Pembaruan Terkini

Lingkaran profil status baru menjadi fitur teranyar lainnya yang tersemat di aplikasi WhatsApp. Dengan fitur ini, maka pengguna tidak akan melewatkan status dari orang terkasih.

Lingkaran ini akan muncul di sekeliling foto profil kontak setiap kali mereka membagikan pembaruan status. Lingkaran akan terlihat di daftar chat, daftar peserta grup, dan info kontak.


5. Pratinjau Tautan di Status

Fitur terakhir dalam pembaruan status di aplikasi WhatsApp adalah pratinjau status. Ketika mempos tautan di status, pengguna secara otomatis akan melihat pratinjau visual konten tentang tautan tersebut.

Baca juga: WhatsApp Kini Kebagian Fitur Avatar, Begini Cara Pakainya

Kondisi itu sama ketika pengguna mengirimkan pesan. Pratinjau visual diklaim akan menjadikan status tampil lebih menarik dan memberikan gambaran yang lebih baik kepada orang-orang di kontak mengenai isi tautan tersebut sebelum mereka mengekliknya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Tinder Perbarui Fitur Keamanan Guna Melindungi Penggunanya Dari Kejahatan Daring

BERIKUTNYA

Lee Ha Eum, Adik Jihyo TWICE akan Debut Sebagai Artis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: