Ilustrasi begadang karena pekerjaan. (Sumber: Unsplash/Sean Do).

Liburan Jadi Sering Bergadang? Jangan Dibiasakan, Ini 6 Risiko yang Mengintai

26 April 2023   |   10:00 WIB

Gaya hidup, deadline pekerjaan, dan kondisi medis tertentu menyebabkan seseorang jadi terjaga dan sulit tidur pada malam hari, dan akhirnya membuat kita bergadang. Hal ini memang punya sisi positif seperti memberi ekstra waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Namun, bergadang secara berlebihan membawa lebih banyak dampak negatif. 

Bagaimanapun, bergadang juga memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh dan tidak dapat dianggap sepele lo Genhype! Melansir laman situs Siloam Hospitals, salah satu efek samping bergadang adalah dapat merusak struktur kolagen dalam kulit. Hal tersebut tentu akan menyebabkan berbagai macam masalah kulit seperti timbulnya garis kerutan di wajah, mata panda, jerawat, dan banyak lagi.

Selain hal tersebut, Genhype perlu tahu enam efek atau dampak buruk jika terlalu sering bergadang. Yuk simak apa saja dampak negatifnya dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Dari Mager sampai Begadang, Ini 5 Penyebab Imun Tubuh Kalian Berkurang
 

1. Memicu Obesitas

Efek bergadang yang pertama adalah dapat membuat seseorang mengalami peningkatan berat badan. Hal tersebut tentu berisiko memicu obesitas atau kegemukan, yang bakal berpengaruh pada aktivitas sehari-hari. 
 

2. Menyebabkan Masalah Mental

Berikutnya, bergadang dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah mental. Dengan kurang tidur, tubuh akan lebih rentan mengalami stres, sebab hormon kortisol yang memicu terjadinya stres akan diproduksi oleh tubuh dalam jumlah banyak ketika bergadang.
 

3. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imunitas juga akan ikut menurun apabila tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Pasalnya, antibodi dan senyawa sitokin yang berperan dalam melawan bakteri serta virus penyebab penyakit dalam tubuh akan diproduksi selama waktu tidur. Karena itulah, orang yang sering bergadang rentan terserang penyakit karena infeksi bakteri dan virus. 
 

4. Menurunkan Fokus atau Konsentrasi

Penurunan fokus atau konsentrasi karena kurang tidur akan memengaruhi tubuh seseorang menjadi merasa sangat lelah dan hal ini mengganggu perhatian, konsentrasi serta kewaspadaan seseorang. Tak hanya itu, bergadang juga menimbulkan efek pada daya ingat seseorang. Sebab sel-sel saraf pada otak tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan regenerasi karena sering bergadang. 
 

5. Memunculkan masalah kulit

Tidak hanya meningkatkan emosi, hormon kortisol yang diproduksi saat tubuh dipaksa untuk bergadang juga dapat menimbulkan berbagai macam masalah kulit. Penyebabnya adalah hormon kortisol sendiri yang dapat merusak struktur kolagen pada kulit sehingga elastisitasnya akan menurun. 
 

6. Memicu Diabetes

Bergadang bisa jadi faktor yang meningkatkan risiko diabetes jika terjadi dalam jangka waktu yang lama. Kurang tidur selama 3 hari berturut-turut akan membuat metabolisme tubuh terganggu, salah satunya sekresi hormon insulin. Hormon insulin adalah hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula dara pada tubuh. Jika sekresi hormon ini terganggu, mengakibatkan menumpuknya gula darah dan memicu terjadinya diabetes.

Itulah risiko bergadang bagi kesehatan tubuh yang perlu Genhype waspadai. Jadi, sesibuk apapun kalian, prioritaskan waktu tidur yang cukup di setiap malam untuk mendukung kesehatan fisik dan mental kamu.

Baca juga: Yuk Pahami Manfaat Tidur dan Porsinya Sesuai Usia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Waspada Dampak Gempa Bumi, Ini Langkah Penting yang Harus Diketahui

BERIKUTNYA

Sejarah & Makna Hari Tanpa Riasan Wajah yang Dirayakan Setiap 26 April

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: