Ilustrasi imunitas berkurang (Sumber gambar: Freepik)

Dari Mager sampai Begadang, Ini 5 Penyebab Imun Tubuh Kalian Berkurang

20 September 2022   |   17:22 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Pernah kepikiran enggak kenapa ada beberapa orang yang rentan sakit? Orang yang sering sakit umumnya memiliki imunitas tubuh yang lemah. Imunitas yang lemah membuat tubuh tidak bisa menahan serangan bakteri dan virus. Efeknya, menjadi gampang sakit.

Imunitas adalah sistem daya tahan tubuh yang dimiliki oleh semua orang untuk menangkal berbagai penyakit dari luar. Memiliki kekebalan yang baik akan mencegah seseorang mengalami sakit. Namun, mempertahankan imunitas agar tetap prima memang butuh perjuangan.

Baca juga: Mengenal Vaskulitis, Penyakit Autoimun Langka yang Sempat Diderita Ashton Kutcher

Oleh karena itu, tidak selamanya orang akan memiliki sistem imun yang kuat. Ada kalanya sistem imun seseorang akan melemah dan membuatnya jadi rentan sakit. Genhype, kira-kira apa penyebab yang membuat sistem imunitas tubuh jadi berkurang?
 

1. Mager

Mager alias males gerak adalah salah satu penyebab sistem imun jadi melemah. Aktivitas fisik yang kurang membuat tubuh kurang fit. Kondisi ini adalah pintu masuk bakteri dan virus menyerang tubuh, karena imun sedang lemah. Tentu hal ini harus jadi warning bagi orang-orang, termasuk Gen Z.

Jika orang rajin melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga, dapat membantu fungsi neutrofil. Neutrofil adalah jenis sel darah putih yang berfungsi mematikan mikroorganisme penyebab penyakit tertentu.
 

2. Stres

Beban hidup yang makin berat dan berbagai tuntutan yang memaksa terkadang membuat seseorang jadi stres. Stres umumnya ditandai dengan perasaan tegang, sakit kepala, dan selalu gelisah. Kondisi ini ternyata juga memengaruhi kondisi imunitas tubuh.

Oleh karena itu, tubuh akan disibukkan untuk menyeimbangkan berbagai hormon akibat stres. Pada saat inilah kekebalan tubuh bisa berkuang karena tubuh harus bekerja lebih untuk mempertahankan diri dari serangan bakteri atau virus.
 

3. Sering Begadang

Sering begadang bisa menganggu sistem kekebalan tubuh. Sebab, tubuh dipaksa bekerja lebih lama dari biasanya. Lantaran memiliki waktu istirahat lebih sedikit, tubuh pun akan sulit melawan berbagai penyakit. Oleh karena itu, perhatikan durasi tidur agar sistem kekebalan tubuh tetap prima dan mampu melawan berbagai penyakit.
 

4. Dehidrasi

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, bila tubuh sampai kekurangan air, efeknya bisa membuat sistem di dalamnya terganggu, termasuk imunitas.Kekurangan cairan juga bisa membuat tubuh dehidrasi. Hal ini rentan menurunkan kinerja tubuh dan membuat tubuh lebih mudah terkena penyakit.
 

5. Kurang Gizi

Kurangnya konsumsi makanan-makanan bergizi bisa membuat sistem kekebalan jadi berantakan. Pemenuhan gizi dan nutrisi bagi tubuh sangat dibutuhkan untuk menguatkan sistem imun. Salah satu nutrisi yang penting bagi kekebalan tubuh adalah vitamin C. Vitamin dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit masuk.

Vitamin C yang baik tentu diperoleh secara alami, misalnya, dengan mengonsumsi buah-buahan atau sayuran. Namun, bila dirasa kurang, kamu bisa menambahkan dengan suplemen tertentu yang mengandung vitamin C.
 

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Sistem imunitas memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sistem canggih di dalam tubuh ini harus dirawat dan dijaga supaya bisa terus bekerja optimal melawan berbagai penyakit.

Menerapkan pola hidup sehat adalah kunci membuat imunitas tubuh bekerja maksimal. Pola hidup sehat bisa dimulai dari mencukupi waktu isrirahat. Setidaknya orang dewasa membutuhkan wkatu tidur sekitar 7 jam hingga 8 jam.

Kamu juga perlu mengontrol diri, terutama terhadap berbagai tekanan hidup. Dengan cara itu kamu bisa menghindari stres. Sebab, stres akan membuat tubuh memproduksi hormon kortisol yang mengakibatkan fungsi kekebalan tubuh menurun.

Kemudian rutinlah berolahraga setiap hari. Lakukan olahraga ringan setidaknya 30 menit per harinya. Misalnya, dengan jogging keliling rumah, berjalan kaki, atau latihan angkat badan di dalam rumah.

Selain berolahraga, barengi pula dengan makan-makanan yang bergizi, termasuk memenuhi asupan sayur dan buah. Jika masih kurang, kamu juga bisa memenuhinya dengan mengonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Selain Mencegah Stres, Ini 5 Manfaat Seni Membuat Tembikar (Pottery)

BERIKUTNYA

Aktor Namgoong Min Positif COVID-19, Konferensi Pers Drama One Dollar Lawyer Batal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: