Smartphone (Sumber: Unsplash/Towfiqu Barbhuiya)

Daftar Smartphone Paling Unik di Dunia, Ponsel Mini hingga Layar Melengkung

25 April 2023   |   20:12 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

HP atau ponsel pintar (smartphone) sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat era digital. Rasanya sulit membayangkan kita terlepas dari perangkat elektronik seukuran genggaman tangan itu. Pasalnya, ada banyak hal esensial yang bisa diakses lewat alat itu, mulai dari berkomunikasi, belajar, hingga pekerjaan. 

Saat ini ada banyak merek smartphone dari para vendor. Mereka berlomba-lomba menghadirkan ponsel yang sesuai dengan kebutuhan para penggunanya, dalam rangka meraup hati dan pasar di industri yang makin kompetitif ini. Inovasi dan fitur anyar terus dikembangkan, menghasilkan produk-produk ponsel pintar yang bervariasi. 

Dari sekian banyak model yang dirilis, ada sejumlah perangkat HP atau smartphone yang punya ciri khas dan keunikan tersendiri. Mulai dari ponsel berukuran mini hingga layar lengkung, berikut ini adalah daftar smartphone paling unik yang pernah eksis di dunia, dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber. Simak yuk! 

Baca juga: Tren Smartphone 2023: Layar Lipat, Ponsel Spesifik hingga Ekosistem Gawai
 

1. LG G Flex 1/2 

(Sumber gambar: LG)

(Sumber gambar: LG)

Perusahaan perangkat elektronik asal Korea Selatan, LG Electronics, merupakan salah satu pemain pasar ponsel global. Meskipun tidak setenar perusahaan senegaranya (aka Samsung), tapi LG punya rangkaian produk smartphone yang unik dan menarik. Salah satunya adalah seri LG G Flex yang pertama kali rilis pada 2013. 

Produk ini merupakan smartphone pertama dari perusahaan yang menggunakan layar fleksibel. Meskipun dinamai demikian, nyatanya ponsel ini tidak benar-benar fleksibel tapi berbentuk melengkung. Perangkat ini juga memiliki penutup belakang dengan konsep ‘self healing’, yang bisa memperbaiki lecet kecil dengan sendirinya. 
 

2. Yotaphone 2 

(Sumber gambar: Wikimedia Commons/Maurizio Pesce) 

(Sumber gambar: Wikimedia Commons/Maurizio Pesce) 

Nama Yota barangkali kurang familiar di telinga pengguna awam, tapi vendor asal Rusia ini pernah mengembangkan sebuah perangkat yang sangat unik. Namanya Yotaphone (seri 1 dan 2), yang punya layar di bagian depan dan belakang. Ya, produk asal Rusia ini merupakan smartphone pertama yang memiliki layar ganda. 

Agak berbeda dengan model smartphone saat ini, yang memiliki layar kecil di bagian belakang (biasanya dekat kamera), Yotaphone benar-benar punya dua layar di bagian depan dan belakang bodi. Layar utamanya berukuran 5 inci dengan resolusi Full HD dan panel AMOLED, sementara layar belakangnya berukuran 4,7 inci dengan tampilan warna grayscale dan teknologi layar e-ink display. 
 

3. Mini Android Phone ‘Nanex’

(Sumber gambar: Chinavasion) 

(Sumber gambar: Chinavasion)  

Siapa di antara Genhype yang merupakan penggemar ponsel mungil? Saat ini, ponsel yang bisa dibilang mini umumnya berukuran 6 inci. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa pernah ada ponsel berukuran jauh lebih kecil dari itu bernama Mini Android Phone ‘Nanex’. 

Smartphone tersebut memiliki layar berukuran hanya 2,45 inci. Dengan ukurannya itu, produk ini merupakan ponsel Android terkecil di dunia. Nanex memiliki sertifikasi perlindungan air IP53, kamera belakang, fitur bluetooth dan wifi. Bahkan, ponsel ini masih menyediakan slot memori MicroSD meski dengan ukurannya yang mini. 
 

4. Akyumen Holofone 

(Sumber gambar: Akyumen via OnMSFT) 

(Sumber gambar: Akyumen via OnMSFT) 

Pada gelaran Mobile World Congress 2016, perusahaan perangkat keras asal Amerika Serikat, Akyumen, memperkenalkan sebuah produk yang unik. Itu adalah ponsel atau lebih tepatnya tablet Windows 10 yang dari depan tampak biasa saja, tapi memiliki semacam punuk di bagian belakangnya. 

Punuk tersebut nyatanya menyimpan sebuah proyektor internal yang memungkinkan penggunanya memproyeksikan gambar hingga ukuran diagonal 100 inci. Proyektor itu menawarkan resolusi high definition dengan kecerahan mencapai 35 lumens dan resolusi gambar 720p. Adapun, layar utamanya berukuran 7 inci dengan resolusi Full HD. 
 

5. HubblePhone 

(Sumber gambar: Turing Space Industry/Uncreate) 

(Sumber gambar: Turing Space Industry/Uncreate) 

HubblePhone merupakan ponsel futuristik yang punya total empat layar yang digabungkan dalam satu sudut. Layarnya bisa diformasikan dalam berbagai posisi. Yang menarik, salah satu sisinya memiliki resolusi 4K sementara yang lain beresolusi 1080p. Ponsel ini juga dibekali dengan dua prosesor Snapdragon 855 dan dua buah baterai. 
 

6. Meizu Zero 

(Sumber gambar: Meizu) 

(Sumber gambar: Meizu) 

Keunikan smartphone Meizu Zero adalah tidak ada lubang di produk tersebut. Tidak ada porta colokan untuk pengisian daya atau peranti audio, tidak ada lubang untuk output suara, tidak ada. Bodi ponsel ini tidak memiliki celah sama sekali (yang ada hanya lubang kecil untuk input suara mikrofon), hal ini yang membuatnya jadi produk yang sangat unik. 

Ponsel ini hanya mendukung pengisian daya nirkabel, mentransmisikan suara melalui teknologi layar suara yang unik, dan memanfaatkan teknologi virtual untuk tombol power dan volume. Sementara itu, untuk operasi kartu SIM, ponsel ini menuntut pemanfaatan e-SIM untuk menggantikan kartu fisik. Dengan begitu, ponsel ini benar-benar bisa tidak memiliki lubang seperti pada perangkat umum. 
 

7. LG Wing 5G 

(Sumber gambar: LG) 

(Sumber gambar: LG) 

Selain seri G Flex, LG juga punya produk unik dan inovatif yang saat ini masih bisa didapatkan di pasaran. Produk itu adalah LG Wing 5G, yang punya bentuk unik tidak seperti ponsel pintar pada umumnya. Pasalnya, perangkat ini merupakan smartphone 5G putar pertama di dunia. Mirip dengan ponsel sidekick lama yang bisa diputar, tapi versi modern. 

Ponsel ini memiliki dua panel yang bisa digunakan. Layar pertama berukuran 6,8 inci dan yang kedua berukuran 3,9 inci. Model ini dirilis perdana pada 2020 sehingga sudah menggunakan cip yang mumpuni yakni Snapdragon 765 5G. Ya, seperti yang tersemat pada namanya, smartphone ini telah mendukung konektivitas jaringan generasi kelima alias 5G. 

Baca juga: 9 Cara Mematahkan Kecanduan Smartphone

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sinopsis The Love You Give Me, Drama China yang Dibintangi Wang-Wang Couple

BERIKUTNYA

Masih dalam Suasana Lebaran, Ini Lho Manfaat Memaafkan Orang Lain

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: