Tempat Wisata Jakarta (Sumber Foto: Ancol.com)

7 Destinasi Wisata Populer di Jakarta yang Buka saat Libur Lebaran 2023

25 April 2023   |   14:49 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, yuk manfaatkan momen libur Lebaran yang masih tersisa dengan berwisata ke sejumlah tempat populer di Jakarta. Ada banyak sekali destinasi wisata menarik di Ibu Kota ini selain mal dan pusat perbelanjaan lainnya lo! Ada wisata sejarah, wisata alam, bahkan wisata kuliner khas Jakarta.

Kamu juga tak perlu khawatir karena beberapa tempat wisata ini tetap beroperasi seperti biasanya, bahkan ketika libur Lebaran Idulfitri. Yuk, rencanakan liburanmu bersama keluarga, sanak saudara, maupun teman-teman terbaikmu. Simak sejumlah destinasi wisata menarik di Jakarta berikut ini! 

Baca juga: Lebaran Enggak Mudik? Cek 6 Wisata Alternatif Sekitar Jakarta Selain Puncak
 

1. Ancol

(Sumber gambar: Ancol)

(Sumber gambar: Ancol)

Pantai Ancol merupakan destinasi wisata yang menarik dikunjungi, lokasinya berada di Jakarta Utara. Kamu bisa menikmati keindahan pantai Ancol dan bermain pasir. Ada juga sejumlah kuliner yang dijajakan di sekitar pantai. Menjelang malam suasana pantai makin cantik dihiasi lampu-lampu, kadang juga digelar konser musik di sana. 

Selama libur Lebaran 2023, Ancol memberlakukan jadwal operasional pada periode 19 April sampai 14 Mei 2023 untuk kunjungan ke Dufan, Atlantis, Samudra, Sea World Ancol, Ecopark, dan Jakarta Bird Land. 
 

2. Dunia Fantasi

(Sumber gambar: Ancol)

(Sumber gambar: Ancol)

Dunia Fantasi atau yang biasa disebut Dufan merupakan bagian dari kawasan wisata Ancol. Taman bermain yang luas ini memiliki banyak wahana menarik dan juga memacu adrenalin. Kamu bisa mencoba Ontang-anting, Hysteria, Halilintar, Kora-Kora, Kicir-Kicir, Arung Jeram, hingga Istana Boneka. Harga tiket masuknya bervariasi mulai dari Rp250 ribuan.
 

3. Jakarta Aquarium dan Safari 

(Sumber gambar: Jakarta Aquarium & Safari)

(Sumber gambar: Jakarta Aquarium & Safari)

Jakarta Aquarium dan Safari (JAQS) akan memberikanmu pengalaman melihat dunia bawah laut yang cantik dan menawan. Kamu juga dapat mencoba menyelam bersama ikan hiu dan menikmati pertunjukan putri duyung atau mermaid show. Lokasinya berada di Jalan Letjen S. Parman Nomor 106, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat. Adapun tiket masuknya mulai dari Rp109.000 hingga Rp214.000.
 

4. Kota Tua Jakarta

(Sumber gambar: Wikimedia Commons/Muhammad Syahid)

(Sumber gambar: Wikimedia Commons/Muhammad Syahid)

Kota Tua merupakan destinasi wisata sejarah yang menarik didatangi. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di kawasan ini di antaranya Art Street Kota Tua, Museum Fatahillah, Cafe Batavia, Jembatan Kota Intan, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, dan lainnya. Di samping itu juga ada banyak jajanan tradisional seperti kerak telor yang bisa kamu coba.
 

5. Monas 

(Sumber gambar: Wikimedia Commons/Salmiah La Suma)

(Sumber gambar: Wikimedia Commons/Salmiah La Suma)

Monas adalah Monumen Nasional Indonesia, lokasinya terletak di pusat kota Jakarta, tepatnya di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monas tetap dibuka selama libur Lebaran 2023, ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan untuk menemani waktu liburanmu seperti wisata malam Monas, video mapping, dan pertunjukan air mancur yang akan dibuka pada 23 April sampai 30 April 2023.

Pertunjukan Air Mancur dimulai pada 19:30-20.00 WIB dan 20.30-21.00 WIB, lokasinya di sisi barat kawasan Monas, lalu Video Mapping dimulai pada 20:00-20.30 WIB dan 21.00-21.30 WIB, lokasinya di sisi selatan kawasan Monas. Tugu Monas sendiri buka pada pukul 08.00-18.00 WIB, sementara kawasan Monas dibuka mulai 06.00-22.00 WIB.


6. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

(Sumber gambar: TMII)

(Sumber gambar: TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan kawasan taman wisata bertemakan budaya Indonesia yang berlokasi di Jakarta Timur, tepatnya di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur. Selama libur Lebaran 2023 ini TMII tetap dibuka dan bisa dikunjungi. para wisatawan dari dalam dan luar kota. 

Selama libur Lebaran 2023 ini ada beberapa acara atau kegiatan yang digelar di Taman Mini, mulai dari acara hiburan musik, pameran seni, hingga kegiatan dongeng Nusantara.


7. Hutan Kota GBK

(Sumber gambar: Bisnis/Abdurachman)

(Sumber gambar: Bisnis/Abdurachman)

Hutan Kota GBK adalah area taman outdoor multifungsi yang dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Lokasinya pun strategis di pusat kota Jakarta, tepatnya di jalan Jenderal Sudirman, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Area hijau terbuka seluas 14,711 m² menyediakan berbagai fasilitas menarik bagi pengunjungnya.

Mulai dari jogging track, area taman yang cantik dengan spot foto instagramable, serta foodcourt yang menjual beragam kuliner lezat. Kawasan ini dibuka pada Selasa-Minggu pukul 06.00-10.00 dan pukul 15.00-18.00 WIB, untuk mengunjungi Hutan Kota GBK tidak dipungut biaya sama sekali.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Yogyakarta dengan Spot Foto Instagramable

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Fix, India Geser China Jadi Negara dengan Populasi Terbesar di Dunia

BERIKUTNYA

Begini Kiat Menghadapi Gelombang Panas yang Melanda Kawasan Asia Selatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: