Wisata Yogyakarta Heha Ocean View (Sumber Foto: Jackal Holidays)

5 Rekomendasi Wisata Yogyakarta dengan Spot Foto Instagramable

22 April 2023   |   13:52 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sejak dulu Yogyakarta telah menjadi destinasi wisata favorit masyakarakat Indoensia. Selama ini kita hanya mengenal Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton Yogya, dan Jalan Malioboro saja, padahal ada banyak hidden spot tempat wisata di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi

Banyak sekali pilihan tempat liburan di Yogyakarta, baik yang bernuansa alam maupun perkotaan modern. Genhype bisa menikmati wisata alam, wisata budaya, wisata belanja, hingga wisata kuliner pun lengkap semuanya ada. Tak ketinggalan, semuanya memiliki spot foto yang instagram-able. Yuk, simak rekomendasi wisata di Yogyakarta berikut ini!

Baca juga: 10 Kuliner yang Harus Diburu di Yogyakarta
 

1. Heha Ocean View

Heha Ocean Tour (Sumber Foto: Jogja Tour)

Heha Ocean View (Sumber Foto: Jogja Tour)


Heha Ocean View berlokasi di Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Destinasi wisata ini menawarkan panorama laut dengan lampu-lampu yang memikat. Ada sejumlah aktivitas menarik yang bisa dinikmati, seperti berfoto di spot Instagramable dan glamping (glamorous camping) dengan konsep unik. Heha Ocean Park merupakan bagian dari wisata HeHa Ocean View.


2. Tugu Yogyakarta


Tugu Yogyakarta (Sumber Foto: Trip Advisor)

Tugu Yogyakarta (Sumber Foto: Trip Advisor)

Tugu Yogyakarta merupakan salah satu spot ikonik Kota Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Monumen ini berada tepat di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro. Tugu ini berusia hampir 3 abad dan memiliki makna sejarah yang dalam.

Tugu Yogyakarta dikenal dengan istilah “Tugu Pal Putih” (pal juga berarti tugu), karena warna cat yang digunakan sejak dulu adalah putih. Tugu pal berbentuk bulat panjang dengan bola kecil dan ujung yang runcing di bagian atasnya. Jika dilihat dari Keraton Yogyakarta ke arah utara, maka akan terlihat bahwa Jalan Malioboro, Jalan Margo Utomo, Tugu Yogyakarta, dan Jalan A.M. Sangadji membentuk garis lurus menuju puncak Gunung Merapi yang dikenal sebagai Garis Imajiner Yogyakarta.
 

3. Goa Jomblang

Goa Jomblang (Sumber Foto: Garasi Jogja)

Goa Jomblang (Sumber Foto: Garasi Jogja)

Goa Jomblang merupakan salah satu destinasi wisata populer di Yogyakarta. Temoat ini terkenal dengan cahaya surga-nya yang menjadi spot foto menarik di Instagram. Meski begitu, perjalanan menuju ke sana tidak mudah. Butuh kekuatan fisik yang prima.

Wisatawan akan diturunkan ke dasar sebuah cekungan besar sedalam 60 meter, kemudian melanjutkan perjalanan dengan trekking selama beberapa menit ke dalam perut goa. Jalan yang dilalui pun berlumpur, sehingga perjalanan ke dalam Goa Jomblang makin menantang. 
 

4.  Waduk Sermo

Waduk Sermo (Sumber Foto: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air)

Waduk Sermo (Sumber Foto: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air)

Waduk Sermo merupakan sebuah waduk besar di Kabupaten Kulon Progo. Fungsi utamanya memang sebagai penampungan air untuk saluran irigasi area pertanian dan perkebunan. Namun, pemandangan indah di Waduk Sermo juga membuat tempat ini menjadi destinasi wisata alam favorit di Yogyakarta. Di sini kita bisa melakukan aktivitas seperti bermain kano atau kayak, serta memancing.


5. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger (Sumber Foto: Trip Advisor)

Hutan Pinus Pengger (Sumber Foto: Trip Advisor)

Hutan Pinus Pengger merupakan sebuah destinasi wisata yang menyajikan pemandangan hutan pinus yang indah. Di samping itu ada juga instalasi seni unik berbentuk tangan yang dibuat dari pepohonan. Tempat ini cocok dikunjungi saat pagi atau sore hari, karena udaranya yang sejuk di tambah aroma pohon pinus yang menyegarkan.

Baca juga: 6 Rekomendasi Staycation di Yogyakarta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Update Jadwal Lengkap Konser Coldplay 2023, Adakah Indonesia?

BERIKUTNYA

Ketentuan Puasa Syawal: Keutamaan, Niat & Waktu Terbaik Mengerjakannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: