Iqbal Pakula, pesinetron yang meninggal di usia 47 tahun. (Sumber gambar : Instagram/Iqbal Pakula)

Profil Iqbal Pakula, Pemeran Mas Bram di Cinta Fitri yang Meninggal Dunia Hari Ini

25 April 2023   |   13:21 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktor Muhammad Iqbal atau yang lebih dikenal sebagai Iqbal Pakula meninggal dunia pada Selasa, dini hari (25/4/2023). Dia mengembuskan napas terakhir pada usia 46 tahun di RS Siloam Semanggi, Jakarta. 

Istri Iqbal, Handis Kardinah Reswari atau yang dikenal dengan nama panggung Andiez La’ Nuite menyampaikan kabar duka tersebut melalui postingan di laman Instagram pribadinya. “Kami sekeluarga memohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya, mohon didoakan semoga ampunan Allah SWT dikaruniakan dan surga menjadi tempat tinggalnya. Al fatihah,” tulis Andiez. 

Baca juga: Vokalis Kahitna Carlo Saba Meninggal Dunia, Musisi Tanah Air Berduka
 

Iqbal meninggal diduga karena mengalami gagal napas dan jantung. Adapun jenazahnya akan disemayamkan di TPU Menteng Pulo, Blok AA1 blad 131, Jakarta Selatan. “Jenazah aan dimakamkan hari ini pukul 13.00,” sebut istri Iqbal itu.

Andiez tampak sangat terpukul ditinggal suami dalam suasana Lebaran. Terlebih, Iqbal meninggalkan seorang anak laki-laki yang masih kecil dan membutuhkan sosok ayah di sampingnya. 

Wanita yang berprofesi sebagai disk jockey itu pun memposting kebersamaan terakhir Iqbal bersama anaknya, Zaher Arslan Khedira. Tampak Zaher mencium wajah Iqbal yang sudah terbalut kain kafan. 
 

Profil Iqbal Pakula

Lahir 21 Februari 1997 di Balikpapan, Kalimantan Timur, nama Iqbal Pakula karib terdengar di kalangan pencinta sinetron. Biasa berperan sebagai tokoh protagonis, Iqbal memiliki wajah yang teduh dan kalem sehingga disukai para ibu rumah tangga. 

Dia memulai karir di dunia peran dengan terlibat dalam sinetron Tersanjung musim 5 yang tayang pada Maret 2020-Juli 2001, sebagai Andre. Pada tahun yang sama, dia menjajal layar lebar dengan main di film drama perang Merdeka 17805.

Dalam film yang menuai kontroversi besar saat dirilis pada 2001 itu dan akhirnya tidak beredar luas karena alasan politik, Iqbal Pakula yang dikreditkan sebagai Muhammad Iqbal, berperan sebagai Nurhadi, tiga anggota Seinen Dojo yang menonjol dalam pelatihan militer pemuda Indonesia di masa penjajahan Jepang. 

Dia kembali bermain film pada 2003. Iqbal membintangi film drama horor The Soul, garapan Nayato Fio Nuala. Kali ini, dia berperan sebagai tokoh antagonis, seorang anggota gerombolan pemerkosa bernama Roni yang menolak mengaku melakukan perbuatan keji itu namun dihantui rasa bersalah hingga ketergantungan obat penenang.

Lepas bermain film The Soul, dia kembali bermain sinetron dalam jangka waktu yang cukup lama. Tercatat selama 2004 hingga 2022, puluhan judul serial televisi dilakoninya. Terakhir, dia menjadi sorotan ketika main dalam sinetron Dari Jendela SMP.

Namun yang paling ikonik, Iqbal terlibat dalam sinetron Cintra Fitri yang tayang 7 musim dari 2007-2011. Dia mengambil peran sebagai Mas Bram, lelaki miskin dan oportunis, suami Maya, pemilik warung nasi soto yang menerima Fitri untuk bekerja pasca pergi dari rumah almarhum calon suaminya. 

Bekerja sama dengan Iqbal dalam sinetron Cinta Fitri dalam jangka waktu yang lama, Shireen Sungkar sebagai Fitri pun mengucapkan bela sungkawa di laman Instagramnya. “Kaaaaaaaa. Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu,” tulis Shireen dengan membubuhkan emotikon menangis di postingan terakhir Iqbal. 

Sementara itu, suami Shireen, Teuku Wisnu terlebih dahulu mendoakan kesembuhan Iqbal dalam postingan terakhir yang menunjukkan dia tengah duduk di sebuah kursi roda seraya menatap nanar ke arah jendela. “Syafakallah Bro,” tulis Wisnu sepekan lalu.

Baca juga: Aktor Ikranagara Meninggal Dunia, Berikut 7 Fakta Mengenai Hidupnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Sejarah & Makna Halalbihalal yang Sering Dilakukan saat Lebaran, Ternyata Ini Asal Usulnya

BERIKUTNYA

5 Buah Yang Bisa Menurunkan Lemak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: