Ilustrasi buah-buahan. (Sumber: Unsplash/Karolina Kolodziejczak)

5 Buah Yang Bisa Menurunkan Lemak

25 April 2023   |   15:00 WIB

Like
Makanan lebaran biasanya dipenuhi oleh makanan yang bersantan ditambah lagi daging sebagai hidangan utama akan membuat menu tersebut memiliki lemak yang tinggi. Ketika berpuasa biasanya orang akan mengalami penurunan berat badan, tetapi tak jarang karena kalap saat Lebaran tiba malah berat yakin bertambah. 

Genhype, lemak yang dihasilkan dari makanan lebaran dapat dinetralisir dengan buah-buahan. Biasanya, mengkonsumsi buah secara rutin dilakukan saat seseorang melakukan diet atau hanya sekedar menjaga kesehatannya.

Untuk itu, Genhype ada baiknya setelah mengonsumsi makanan tinggi lemak perlu dibarengi dengan buah-buahan yang dapat menetralisirnya seperti buah-buahan berikut ini.

Baca juga: Kolesterol Naik Saat Lebaran, Imbangi dengan Makanan dan Minuman Ini


1. Strawberry

Buah yang tumbuh di dataran tinggi ini memiliki nutrisi yang cocok untuk mentralisir lemak. Adiponektin dan leptin akan membantu proses metabolisme dalam tubuh sehingga memungkinkan penurunan kadar lemak yang ada di dalam tubuh.

Strawberry memiliki banyak jenis seperti tristar, mencir, dan holibert yang tumbuh di daerah Ciwidey dan sekitarnya. Citarasanya yang manis dan asam ini cocok diolah menjadi berbagai macam minuman contohnya smooties.


2. Jeruk

Buah yang memiliki nama ilmiah Citrus ini banyak dibudidayakan pada dataran rendah. Kandungan antioksidan, folat, dan serat didalamnya dapat membantu Genhype dalam membakar lemak yang ada di tubuh. 

Jeruk juga sering dijadikan sebagai tambahan buah dalam bebera minuman dan es jeruk peras dapat menjadi alternatif ketika ingin menikmati jeruk dengan cara yang lain.


3. Kiwi

Buah yang ditanam selama 240 hari ini memiliki citarasa yang asam dan manis tergantung jenisnya. Biasanya yang memiliki daging berwarna kuning atau gold memiliki rasa yang manis. 

Untuk diketahui, dalam sebuah kiwi terdapat 3 gram serat, 74,7 miligram vitamin C, dan 1,3 miligram vitamin E sehingga cocok dikonsumsi setelah memakan hidangan yang berlemak.  Selain menatralisir lemak, kiwi juga memberi manfaat pada kesehatan kulit dan mata. 
 

Ilustrasi kiwi. (Sumber: Unsplash/Lesly Juarez)

Ilustrasi kiwi. (Sumber: Unsplash/Lesly Juarez)


4. Apel

Apel memang menjadi langganan buah yang dikonsumsi bagi orang yang sedang berdiet bahkan, ada progran diet yang disebut Diet Apel. Sistemnya orang yang melakukan diet ini disarankan untuk mengonsumsi buah apel saja selama 5 hari berturut-turut.

Kandungan serat yang tinggi, protein, dan karbohidrat yang terkandung dalam sebuah apel membuat Genhype akan kenyang memakannya. Selain itu, apel juga bermanfaat untuk menetralisir lemak dalam tubuh serta, melancarkan metabolisme.


5. Semangka

Buah yang kaya air ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi sehingga disarankan untuk memakan buah semangka sebagai penetralisir. Selain antioksidan, buah yang memiliki nama ilmiah citrullus lanatus ini juga mengandung vitamin C dan A yang dapat menyehatkan kulit dan rambut.

Namun, Genhype ingat untuk tidak menhkonsumsi buah-buahan tersebut secara berlebihan. Lebih baik, mengimbangi konsumsi makanan dengan memenuhi kebutuhan tubuh yang meliputi, karbohidrat, protein, lemak, dan mineral agar tidak menjadi penyakit di kemudian hari.

Baca juga: Cara Menormalkan Kolesterol Setelah Lebaran, Coba 5 Makanan Sehat Ini

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Profil Iqbal Pakula, Pemeran Mas Bram di Cinta Fitri yang Meninggal Dunia Hari Ini

BERIKUTNYA

Cuaca Panas di Indonesia, Yuk Jaga Minum dan Lakukan Cara Ini Agar Tak Dehidrasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: