Ilustrasi Menulis (Sumber gambar: Unsplash/Lilartsy)

4 Manfaat Menulis, Menjernihkan Pikiran sampai Memulihkan Kenangan

02 May 2023   |   19:00 WIB

Banyak hal yang bisa kita lakukan pada waktu senggang. Membaca buku, menonton film, mendengarkan musik sampai menulis. Kegiatan yang terakhir, merupakan hal dasar yang jamak dipakai dalam konteks keseharian mulai dari yang bersifat personal hingga pekerjaan. 

Banyak komunikasi yang mengharuskan kita untuk menulis. Salah satunya adalah postingan atau pesan di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Ini juga termasuk pesan yang dikirimkan masing-masing orang melalui platform atau aplikasi pesan seperti Skype dan WhatsApp. 

Selain dalam konteks komunikasi sehari-hari, menulis juga diperlukan di bidang pekerjaan. Jason Fried dan David Heinemeier Hansson dalam bukunya yang berjudul Rework mengatakan, bahwa di perusahaan yang mereka dirikan, salah satu kemampuan yang diminati saat mempekerjakan orang adalah kemampuan menulis.

Tidak peduli apakah mereka adalah tenaga penjualan, pemrogram, dan desainer. Alasannya sederhana karena tulisan yang jelas merupakan salah satu tanda pemikiran yang jernih. Penulis yang baik tahu bagaimana berkomunikasi, membuat hal-hal mudah dipahami, dan tahu kapan harus meninggalkan yang tidak perlu. 

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diketahui Fresh Graduate saat Menulis Cover Letter
 

Ilustrasi Menulis melalui Laptop

Ilustrasi Menulis melalui Laptop (unsplash/Glenn Carstens-Peters)

Jika Genhype terbiasa mengungkapkan ide, perasaan, tujuan, dll dengan cara menulis, kalian akan mendapatkan banyak manfaat. Ya menulis punya sejumlah kegunaan, mulai dari alat komunikasi hingga bisa menjernihkan pikiran. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak sejumlah manfaat dari kegiatan menulis berikut ini. 
 

1. Komunikasi Lebih Jelas 

Tidak seperti berbicara, ketika menulis kita akan mencari kata-kata dan ungkapan yang lebih sesuai untuk menggambarkan apa yang ada dalam pikiran. Hal ini membantu kalian membangun struktur yang memungkinkan untuk mengekspresikan diri dengan lebih baik dan mengomunikasikan ide-ide kompleks dengan cara yang jauh lebih efektif.
 

2. Membantu Menjernihkan Pikiran 

Kita semua terkadang merasa perlu untuk melampiaskan dan mengungkapkan pikiran untuk menyampaikan maksud. Nah, menulis dapat membantu melakukan hal tersebut. Cobalah dan tuliskan semua pemikiran, keluhan, keraguan, fantasi, dan semua hal lain yang terlintas di benak kalian.

Tulis saja tanpa memikirkan apa yang ada di atas kertas atau layar komputer kita. Hal ini dapat menjernihkan pikiran sehingga Genhype bisa menjalani hari dalam bekerja, memecahkan masalah, dan menikmati hidup. 
 

3. Menjadi Lebih Produktif 

Menulis mengaktifkan neuron di otak kita dan menyiapkannya untuk mengatasi berbagai tugas, atau kita dapat menggunakannya sebagai semacam pemanasan awal hari. Selain itu, menetapkan tujuan kita secara tertulis meningkatkan kemungkinan untuk mencapainya secara signifikan. 
 

4. Membantu dalam Memulihkan Kenangan

Kita akan terkejut melihat bagaimana menulis mampu mengembalikan kenangan lama dan hampir terlupakan. Mulailah menuliskan hal-hal yang Genhype ingat. Sebelum kita menyadarinya, kata atau frasa tertentu yang kita tulis di atas kertas akan memicu ingatan lain yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Beberapa dari ingatan itu barangkali tidak akan menyenangkan, tetapi kita akan dapat menempatkannya dalam berbagai perspektif dan merenungkan seberapa banyak yang telah kita pelajari dari pengalaman tersebut.  

Baca juga: 4 Tip Menulis Afirmasi untuk Motivasi Diri Sendiri ala Jenny Jusuf

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hypereport: Ketika Pendidikan dan Keahlian Bukan Jaminan Bagi Generasi Muda Sukses di Dunia Kerja

BERIKUTNYA

5 Cara Mengatasi Gerah Akibat Cuaca Panas saat Musim Kemarau

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: