Dekorasi Rumah agar lebih nyaman. (Sumber gambar: Unsplash/Spacejoy)

7 Tip Simpel Dekorasi Rumah agar Terasa Lebih Homey

27 February 2023   |   18:30 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Apa arti sebuah rumah? Rumah sebagai tempat berlindung bersama orang terkasih seperti keluarga. Dan, sebuah rumah bisa menjadi hunian kanvas terbaik untuk kalian "melukis" di dalamnya agar tampak indah, apalagi didukung dengan suasana nyaman. 

Lelah setelah beraktivitas seharian, satu hal yang pasti begitu menyenangkan ketika di sudah sampai di rumah untuk beristirahat. Tak peduli bagaimana rumah yang sederhana, namun jika berada di rumah sendiri - seperti kata pepatah Home Sweet Home - memberi ketenangan jasmani sekaligus jiwa.

Terlepas dari ukuran rumah yang dimiliki, pasti pemiliknya sadar pentingnya desain yang tepat untuk setiap rumah, jadi desain dan tips yang tepat, rumah dengan dekorasi yang simpel pun bisa punya nuansa dan nilai lebih yang tepat bagi penghuninya.

Baca juga: 6 Tips Dekorasi Rumah yang Bisa Bikin Genhype Lebih Nyaman

Nah, pilihan dekorasi tertentu bisa membantu menumbuhkan rasa aman dan nyaman tersebut ke dalam rumah. Mendekorasi rumah juga bisa memberikan dampak yang cukup besar pada perasaan penghuninya saat berada di dalamnya. Rumah yang didesain dan didekorasi yang tepat dengan barang-barang yang disukai bisa menenangkan serta menghilangkan stres. 

Cukup dengan 7 kiat ini, kalian bisa menyulap setiap sudut rumah kamu menjadi ekstra nyaman dan menyenangkan. Siap untuk mendekor rumah bareng Hypeabis.id? Let’s get started!
 

1. Pilih Gaya Interior Rumah

Pilih gaya interior rumah. (Sumber gambar: Pexels/Rachel Claire)

Pilih gaya interior rumah. (Sumber gambar: Pexels/Rachel Claire)

Pertama sebelum kalian memutuskan mengubah tatanan rumah, pikirkan gaya yang akan dipilih. Tidak harus seluruh bagian rumah yang akan diubah atau dekorasi, misalnya kamar tidur anak perempuan dan laki-laki pasti berbeda dalam penanganannya.

Begitu juga dengan area keluarga, dapur, ruang makan, dan area manapun di rumah. Tidak semua ruangan perlu "diperindah" dengan aksesori barang-barang soft furnishing, jika terlalu banyak, ruangan terlihat lebih sumpek dan terasa tidak nyaman saat dihuni. Atau kalian dapat memilih gaya interior rumah sesuai kepribadian dan keinginan masing-masing anggota keluarga.
 

2. Sesuaikan Ruangan yang Akan Didekorasi 

Setiap ruangan pada rumah memiliki luas dan fungsi yang berbeda, karena itulah perlu treatment yang berbeda-beda pula. Contohnya, ruang keluarga yang mempunyai area lebih luas dibandingkan ruangan lainnya yang ada di rumah, sehingga memungkinkan treatment yang lebih banyak.

Mulai dari bantal, pelapis sofa, pelapis kap lampu, gorden karpet, dan agar tidak tampak monoton, permainan warna dan motif perlu diterapkan. Begitu pun area kamar tidur, bahkan kamar mandi, dan juga dapur serta ruang makan. Untuk ruang makan akan tampak lebih menarik jika taplak meja, serbet, atau pun tableware dipilih menggunakan bahan dengan warna yang cerah,  acara makan lebih menyenangkan.
 

3. Penambahan Tekstur 

Pemilihan variasi soft furnishing atau aksesori pada suatu ruangan akan terlihat lebih atraktif dan menarik. Apalagi memiliki tekstur menarik akan membuat Genhype ingin menyentuhnya, selain itu bisa  menciptakan rasa nyaman yang menyenangkan. Selain dari segi bentuk dan ukuran maupun warna dan motif, kalian bisa memadukan keduanya.

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan bantal shaggy, sofa beludru, dan throw yang dipajang di sofa ruang tamu, atau bahkan gorden sutra atau bahan kain lainnya yang bertekstur. Yang terpenting, padu padan tekstur-tekstur ini karena selain tidak enak dipandang, tidak terasa nyaman saat di dalamnya.

Dan, satu lagi hindari menggunakan semua jenis furnitur yang bermaterial kulit seperti sofa kulit, kursi kulit, dan sandaran kulit karena terlalu banyak tekstur yang sama bisa membuat ruangan terlihat terlalu seragam.             
               

4. Permainan Warna 

Pertimbangkan Pencahayaan Yang Lembut. (Sumber gambar: Press Loft/Caffe Latte)

Pertimbangkan Pencahayaan Yang Lembut. (Sumber gambar: Press Loft/Caffe Latte)

Rumah dengan beragam warna pada masing-masing ruangan akan terlihat menarik, tapi terlalu banyak warna cerah dapat membuat ruangan terlihat kecil dan ramai. Pilihlah warna putih atau warna netral seperti putih gading, beige atau abu-abu muda. Untuk mengelevasi ruangan, tambahkan dinding atau dekorasi aksen bahkan mungkin wallpaper dengan desain unik dan tentunya berwarna kontras namun tetap terlihat apik.

Atau, jika kalian ingin warna yang cenderung bold pada dindingnya, jangan diaplikasikan ke seluruh dinding cukup satu atau dua sisi saja ruangan entah di ruang keluarga, kamar tidur, ruang makan, dapur, bahkan kamar mandi sekalipun.

Penghuni akan merasa bosan dan bisa saja tertekan, sentuhan aksen floral atau yang kontras dengan ruangan misalnya pada soft furnishing, bedding, karpet, dan tableware mungkin bisa menambah suasana yang lebih cozy bahkan fun. Selain itu tidak perlu terlalu banyak meletakkan aksesori serta pemilihan warnanya, cukup satu tone saja.
                             

5. Sentuhan Tanaman

Tanaman atau dalam ruangan bisa menjadi salah satu cara untuk membuat rumah lebih homey ya Genhype. Terdapat banyak jenis tanaman hias yang bisa kalian tanam dan rawat di rumah.Selain menambah keindahan dalam ruangan, tanaman hias juga memiliki berbagai manfaat, seperti sebagai pembersih udara dan pengharum ruangan alami.

Kalian juga bisa menempatkan tanaman di beberapa sudut ruangan. Misalnya, di atas meja, di rak buku, di dekat pintu, atau di sudut kosong yang tak terpakai juga bisa kalian tambahkan sentuhan tanaman hijau. Cobalah meletakkan tanaman yang mudah tumbuh seperti sukulen yang bekerja dengan baik di terrarium. Sentuhan tanaman ini bisa diletakkan di ruang manapun di rumah, bahkan kamar mandi atau dapur sekalipun.
                

6. Pertimbangkan Pencahayaan yang Lembut

Saat malam datang dan semakin gelap, kamar tidur atau ruang keluarga mungkin menggoda kalian sebelum waktunya istirahat. Pencahayaan baik dapat membantu penghuni rumah melawan impuls dan tetap pada jadwal tidur seperti biasanya.

Sebagai alternatif bisa letakkan lampu meja LED atau lampu lantai bernuansa hangat untuk efek cahaya lilin yang nyaman tidak terlalu terang sehingga tetap membuat kalian tetap terjaga sehingga penghuni yang lain tidak terganggu. 
                  

7. Pajang Kenangan atau Buat Sudut Memori

Sudut kenangan di rumah. (Sumber gambar: Press Loft/ Oakdene)

Sudut kenangan di rumah. (Sumber gambar: Press Loft/ Oakdene)

Suasana homey dan cozy tidak hanya didapatkan dari warna, furnitur, atau aksesori lainnya, tapi dengan membuat sudut kenangan untuk semua penghuni rumah mengenang memori liburan atau memori menyenangkan lainnya. Kehadiran sudut kenangan tidak hanya menghangatkan ruangan tetapi adanya susunan penuh dengan kartu liburan atau dinding yang penuh dengan foto pribadi akan membuat hati kalian terasa penuh akan kehangatan.

Baca juga: Kelinci Air, Cek Fengsui Dekorasi Ruang yang Bawa Hoki

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)


Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Film Bioskop Maret 2023, Ada Virgo The Sparklings & John Wick

BERIKUTNYA

Kesadaran Pentingnya Kekayaan Intelektual Masih Rendah, Tak Capai 30 Persen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: