Daun kelor memiliki banyak kandungan. (Sumber gambar ilustrasi: Pexels/ Nothing Ahead)

Cek Beragam Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

23 April 2023   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like

6. Mencegah Kanker

Kanker dalam tubuh juga dapat dicegah oleh manusia dengan mengonsumsi daun kelor lantaran dapat membunuh sel yang telah mati. Dengan begitu, maka pertumbuhan sel kanker dapat dicegah. Kandungan antiosidan yang ada di dalam tanaman ini diduga menjadi salah satu penyebabnya.

Antioksidan yang terkandung di dalam daun kelor disebut-sebut dapat mencegah sel yang menjadi rusak karena terpapar radikal bebas.


7. Meningkatkan Produksi ASI

Bagi Genhype yang tengah menyusui, daun kelor disebut bisa menjadi pilihan guna meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI) selain tanaman lainnya seperti daun katuk.

Sebuah studi yang pernah dilakukan memperlihatkan konsumsi tanaman ini dapat membuat produksi ASI mengalami peningkatan pada hari keempat – kelima setelah ibu melahirkan bayi prematur.


8. Mengurangi Gejala Menopause

Menopause adalah salah satu penyakit yang kerap dijumpai banyak wanita lantaran mengalami penurunan produksi estrogen yang memiliki peran menjaga kepadatan tulang. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral.

Daun kelor menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi menopause lantaran memiliki kandungan kaya akan nutrisi yang memiliki manfaat penting bagi kesehatan tulang dan penyerapan kalsium.


9. Menjaga Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat adalah dambaan setiap orang, terlebih para wanita. Berbagai pengobatan dan cara mahal kerap dijalani guna mendapatkan kulit yang sehat. Namun, sebenarnya, daun kelor dapat menjadi pilihan untuk membuat kulit tetap sehat tanpa biaya yang mahal.

Daun kelor memiliki sejumlah khasiat untuk wajah seperti dari mencegah penuaan dini sampai mengobati jerawat. Daun ini dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit lantaran memiliki manfaat antimikroba yang dapat membantu mengatasi jerawat.

Tidak hanya itu, minyak alami daun kelor yang mengandung asam linoleate juga dapat membantu mengobati jerawat secara alami.


10. Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya kulit, kesehatan mata juga dapat dijaga dengan mengonsumsi daun kelor. Antioksidan dan beta karoten yang terkandung di dalamnya menjadi alasan daun ini bagus untuk kesehatan indra penglihatan manusia.

Daun ini diklaim dapat memberhentikan proses pelebaran pembuluh darah retina, mencegah penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina.

Baca juga: Kolesterol Naik Saat Lebaran, Imbangi dengan Makanan dan Minuman Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Masih Banyak Pemudik Pada H2 Lebaran

BERIKUTNYA

Hindari Puncak Arus Balik Lebaran, Ada Diskon Jalan Tol di Tanggal Segini Loh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: