Calon penumpang kereta api menunggu di stasiun (Sumber gambar: KAI)

Masih Banyak Pemudik Pada H2 Lebaran

23 April 2023   |   15:02 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Mudik biasanya dilakukan oleh banyak orang menjelang Lebaran. Namun, dengan sejumlah alasan, beberapa pemudik memilih pulang ke kampung halaman pada hari pertama atau kedua perayaan Idulfitri. Beberapa orang menggunakan kereta api jarak jauh untuk pulang ke kampung halaman.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan hari kedua Lebaran tahun ini, sebanyak 40.700 orang terpantau memadati Stasiun Gambir dan Pasar Senen. “Tingkat keterisian tempat duduk mencapai 98 persen,” katanya dalam pesan kepada Hypeabis.id.

Baca juga: Cek Buka Tutup Contraflow Cikampek & Angka Kecelakaan Mudik Lebaran 2023

Dari 40.700 penumpang, sebanyak 23.700 orang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan 32 kereta api yang beroperasi. Sementara sisanya, yakni 16.700 penumpang menggunakan moda transportasi berbasis rel melalui Stasiun Gambir dengan total 38 kereta api.

Secara keseluruhan, perusahaan mencatat sebanyak sekitar 445.000 pemudik telah menggunakan kereta api jarak jauh dari 12 sampai 23 April 2023 di Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Adapun, manajemen mencatat puncak arus mudik dengan keterisian tempat duduk mencapai 100 persen terjadi pada 18 - 22 April 2023.

“Sementara berdasarkan data Minggu 23 April 2023 sekitar 617 ribu tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual,” katanya,

Dari jumlah tersebut, mayoritas pemudik melakukan pemesanan tiket untuk keberangkatan pada tanggal favorit yakni, dari 14 sampai 23 April 2023. Berdasarkan data tiket terjual pada rentang tersebut, tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 persen-100 persen.

Sementara itu, volume penumpang tertinggi tercatat pada 18 - 22 April 2023 di mana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk mencapai 100 persen. Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.

Dia menuturkan, belum terdapat kenaikan jumlah penumpang yang tiba di aera Daop 1 sampai dengan Mingg, 23 April 2023. Tercatat, ada 23.000 pengguna kereta api jarak jauh yang tiba. “Jumlah tersebut masih terhitung normal untuk volume penumpang turun pada saat akhir pekan normal,” katanya.

Penumpang akan dikenakan biaya tambahan atau harus membeli tempat duduk ekstra jika barang bawaan yang dibawa lebih tinggi dari ketentuan yang ada. Biaya tambahan untuk bagasi penumpang di kelas eksekutif adalah Rp10.000 per kilogram (Kg). Sementara di kelas bisnis dan ekonomi masing-masing sebesar Rp6.000 dan Rp2.000 per kg. Selain itu, pemudik juga tidak boleh membawa sejumlah barang tertentu ketika masuk ke dalam kereta api jarak jauh.

Barang-barang itu seperti mudah terbakar, senjata api/ senjata tajam, narkotika, obat-obatan terlarang dan zat aditif lainnya, benda/barang yang berbau menyengat, serta hewan peliharaan.

“Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA,” katanya.

Dia menuturkan, pemudik dapat mengetahui ketersediaan tiket melalui aplikasi KAI Access. Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui perubahan jadwal dan melakukan pembatalan tiket melalui aplikasi tersebut.

Untuk diketahui, PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan satu juta tiket kereta api jarak jauh dari 12 April sampai 3 Mei 2023. Sedang, jumlah perjalanan yang disediakan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen sebanyak 1.513 kereta api.

Baca juga: 5 Alasan Pemudik Menggunakan Pesawat Untuk Pulang ke Kampung Halaman

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cek Buka Tutup Contraflow Cikampek & Angka Kecelakaan Mudik Lebaran 2023

BERIKUTNYA

Cek Beragam Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: