Oleh-oleh khas Bogor (Sumber Foto: Unsplash/Adri Elfatih)

5 Oleh-oleh Kuliner Khas Bogor yang Populer, Ada Strudel dan Asinan

25 April 2023   |   11:12 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Liburan ke Kota Hujan rasanya tak lengkap kalau tak membawa buah tangan. Kita tahu Bogor memiliki paket destinasi wisata yang lengkap, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Kalian bisa mencicipi kuliner dari Bogor dan membawanya sebagai oleh-oleh.

Kuliner khas Bogor sangat beragam, ada banyak makanan lezat dan menarik dengan harga terjangkau di toko pusat oleh-oleh. Pemudik bisa membeli beberapa untuk diberikan ke teman dan keluarga terdekat. Yuk simak apa saja oleh-oleh khas Bogor yang terkenal.

Baca juga: Enggak Cuma Bakpia, Cek Rekomendasi Oleh-oleh dari Yogyakarta Selain Makanan Ini


1. Asinan Bogor

Asinan Bogor begitu populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke kota hujan. Pasalnya, asinan Bogor memiliki cita rasa khas yang tak mudah dilupakan. Segarnya buah-buahan bercampur dengan kuahnya yang asam dan pedas begitu lezat disantap di siang hari.

Toko asinan yang cukup populer di Bogor adalah Asinan Sedap Gedung Dalam di Jalan Siliwangi No 27, Bogor Timur yang buka pukul 09:00 – 21:00. Terdapat aneka asinan dan manisan yang berbahan dasar buah segar.

Seporsi asinan harganya sekitar Rp18.000 – Rp28.000, sedangkan untuk manisan harganya Rp50.000. Biasanya yang selalu menjadi favorit orang-orang adalah asinan buah yang harganya Rp25.000, sedangkan untuk manisannya ada manisan gandaria yang lezat.


2. Lapis talas

Bogor juga terkenal dengan buah talas. Ada banyak olahan kuliner yang dikreasikan dari buah tersebut, misalnya kue bolu lapis talas yang menjadi primadona oleh-oleh khas Bogor.

Bolu lapis talas memiliki warna yang khas yakni kuning dan ungu. Ada berbagai macam rasa yang ditawarkan, seperti keju, talas, cocopandan, hingga kopi susu. Kamu dapat membelinya di toko Lapis Bogor Sangkuriang.

Lokasinya di Jalan Padjajaran Nomor 20i Komplek Ruko Perkantoran. Adapun cabang lainnya di dekat Stasiun Bogor. Harga sekotak bolu mulai dari Rp34.000, harganya bervariasi tergantung rasanya. Sementara untuk ukuran kecil dibanderol seharga Rp18.000.


3. Roti Unyil

Roti unyil adalah roti kecil dengan isian yang bervariasi mulai dari yang manis sampai asin, di atasnya juga dihias dengan berbagai topping menarik. Ada banyak toko yang menjual roti unyil di Bogor, tetapi yang paling direkomendasikan adalah Roti Unyil Venus di Jalan Pajajaran No 1.

Selain lezat, harganya pun bersahabat. Satu buah roti unyil dibanderol seharga Rp1.500. Karena ukurannya yang mungil, kamu bisa membeli dalam jumlah banyak dengan varian rasa berbeda.

Selain roti unyil, kamu juga bisa mencoba Roti Keset Manis dengan harga Rp18.000 atau aneka donat yang dijual dengan harga Rp5.000. Tak ketinggalan, di sini kamu juga bisa membeli kue pie yang dijual seharga Rp3.500 – Rp4.000.


4. Makaroni Panggang

Bagi penggemar makanan asin dan gurih, makaroni panggang khas Bogor cocok jadi oleh-oleh. Kuliner ini terbuat dari makaroni yang dipanggang dengan berbagai rasa.

Genhype bisa membelinya di Macaroni Panggang Bogor yang berlokasi di Jalan Salak No 24, Babakan. Toko ini buka pukul 07:00 – 22:00. Macaroni Panggang dijual dengan harga Rp23.000 – Rp145.000, tergantung dari ukurannya, ada juga Macaroni Panggang Special dengan harga mulai dari Rp35.000 – Rp210.000.

Selain makaroni panggang, di sini kamu juga bisa membeli Cinnamon Cake dan Ontbijtkoek yang memiliki varian empat rasa, yaitu canary, rum kismis, cokelat, dan keju. Semuanya dibanderol dengan harga sekitar Rp55.000. Bagi penggemar biskuit, ada juga Biskuit Kayu Manis Canary atau Cashew yang dijual seharga Rp45.000.
 

5. Strudel

Strudel adalah kue yang berasal dari Austria. Dulunya, kue ini adalah hidangan istimewa di Kekaisaran Habsburg. Kue strudel memiliki isian buah-buahan yang rasanya manis dan gurih. Namun, di Bogor kalian bisa menemukan Strudel dengan isian unik seperti asinan dan bakso.

Kalian bisa membeli Strudel di Toko Jumbo Bakery yang berlokasi di Jalan Pajajaran No 3F. Toko ini buka pukul 08:00 – 21:00 setiap hari. Sekotak strudel dijual dengan harga sekitar Rp45.000. Menu favorit para wisatawan biasanya adalah Strudel Bogor Asinan dan Strudel Bakso yang dibanderol dengan harga Rp50.000.

Baca juga: 6 Rekomendasi Oleh-Oleh Unik khas Pantura

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Piala Oscar 2024 Siap Bergulir, Catat Tanggalnya

BERIKUTNYA

Bosen Makanan Lebaran? Cek Rekomendasi Restoran Keluarga di Jakarta Selatan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: