Kolase foto ilustrasi suvenir khas Jepang. (Dok. Unsplash)

Berencana Liburan ke Jepang? 5 Suvenir Khas Ini Wajib Dibawa Pulang

09 January 2022   |   12:05 WIB

Jepang merupakan destinasi wisata luar negeri yang menjadi favorit dan bucket list bagi banyak orang, sebab negara yang dikenal sebagai Negeri Sakura ini memiliki berbagai pengalaman alam, kuliner, hingga hiburan yang asyik.
 
Dalam setiap kegiatan liburan, hal yang enggak boleh terlewat adalah oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Mulai dari oleh-oleh yang mudah diberikan hingga oleh-oleh yang bisa digunakan di rumah, ini lho 5 suvenir otentik khas Jepang yang bisa Genhype beli saat berlibur dari Japan Wonder Travel Blog dan The Invisible Tourist.
 

1. Cinderamata kayu 

Jepang identik dengan beberapa suvenir berbahan kayu yang hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari gantungan hingga sumpit. Beberapa suvenir yang direkomendasikan adalah sumpit atau hashi, tsuko-tegata atau paspor kayu, dan hanko atau cap pribadi.
 
Sumpit bisa mudah ditemukan di beberapa toko yang menjual beraneka ragam sumpit yang dibuat secara khusus maupun massal. Sedangkan tsuko-tegata dan hanko hanya bisa ditemukan di lokasi khusus seperti toko spesialis hanko, kuil, dan resor permandian air panas.
 

2. Karya seni Ukiyo-e

Jepang memiliki karya seni yang unik jika dibandingkan dengan kawasan lain seperti Eropa. Dua teknik karya seni yang identik adalah ukiyo-e atau seni balok kayu dan lukisan yang sama-sama bisa ditemukan dalam berbagai bentuk seperti kartu pos, kaos, hingga lukisan tangan otentik.
 
Untuk menemukan barang-barang ini, Genhype bisa pergi ke beberapa museum di Tokyo seperti Ukiyo-e Ota Memorial Museum of Art, Museum Hokusai, dan Museum Seni Tokyo Fuji; destinasi wisata di Kyoto seperti kawasan Taman Tetsugaku-do dan toko hadiah di Kinkaku-ji (Paviliun Emas); serta toko suvenir lokal lainnya secara umum.
 

3. Perlengkapan alat tulis

Tidak hanya otentik, perlengkapan alat tulis di Jepang juga identik dengan kesan yang lucu atau biasa disebut kawaii. Bervariasi dari pena, buku catatan, kartu pos, set surat dan amplop, stiker, washi tape, tempat pensil, hingga tas, Genhype akan menemukan berbagai macam alat tulis yang efisien dan berkualitas tinggi.
 
Mencari barang-barang ini lebih mudah karena Jepang memiliki sejumlah toko, di mana kalian bisa mencarinya di toko-toko seperti Loft, Tokyu Hands, Ink Stand, Itoya, Kyukyodo, Muji, Kiddyland, Traveler's Factory, Papier Labo, Giovanni Kichijoji, Kakimori, Pigment Tokyo, Haibara, dan lainnya yang berada di Tokyo dan kota-kota lain.
 

4. Kipas uchiwa dan sensu

Salah satu cinderamata yang ikonik di Jepang adalah kipas kertasnya yang terdiri dari dua jenis, yaitu uchiwa dan sensu atau kipas lipat. Uchiwa memiliki berukuran besar dengan bentuk hampir bulat dengan pegangan kayu di bawahnya, sedangkan sensu merupakan kipas lipat berbentuk setengah lingkaran.
 
Dengan desain yang variatif dan cantik mulai dari pola tradisional hingga gambar karakter anime, kipas khas Jepang bisa didapat dengan harga bervariasi tergantung toko yang dikunjungi dan pembuatan kipas.
 

5. Cinderamata keramik

Satu cinderamata khas Jepang yang enggak boleh dilewatkan adalah barang-barang berbahan keramik dan tembikar. Meski barang ini cenderung rentan jika dibawa dalam keadaan yang kurang terlindungi dan perlakuan yang kurang baik selama perjalanan, barang ini biasanya memiliki visualisasi yang unik dan cantik.
 
Terkenal sebagai salah satu negara dengan tradisi keramik tertua di dunia, keramik khas Jepang bervariasi mulai dari set gelas sake, mangkuk makan, mangkuk khusus matcha, gelas, cangkir, teko, piring, hingga patung miniatur Maneki Neko. 
 
Untuk membelinya, Genhype bisa pergi ke desa-desa, kawasan spesialis, dan toko lokal keramik dan tembikar di beberapa kota seperti Kurashiki, Kanazawa, Kyoto, Mashiko, Tokyo, Arita, Imari, Shiragaki, Inbe, Tobe, Seto, Hagi, Tokoname, pulau Okinawa, Mino, Yokkaichi, dan Izushi.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Rekomendasi Resto Hotpot di Jakarta

BERIKUTNYA

7 Ide Ruang Cuci Minimalis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: