Rangkaian kereta MRT. (Sumber Foto: MRT Jakarta)

Cek Jadwal Operasional MRT dan Transjakarta Selama Libur Lebaran

21 April 2023   |   22:01 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri 1444 H jatuh pada 22 April 2023. Pada momen tersebut sampai beberapa hari ke depan, sejumlah moda transportasi umum seperti Transjakarta dan MRT menyesuaikan jam operasionalnya untuk memudahkan mobilitas masyarakat.

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan penyesuaian waktu layanan saat perayaan Idulfitri 1444 H, dengan layanan perdana mulai pukul 09.00 WIB. Mengutip dari keterangan tertulisnya, direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta Daud Joseph, mengatakan bahwa kebijakan ini dalam rangka memberikan kesempatan kepada karyawan untuk melaksanakan salat Ied bersama keluarga di rumah masing-masing saat Idulfitri.

Baca juga: Cek Jadwal Operasional KRL pada Momen Lebaran 2023

Daud menyampaikan, penyesuaian jam operasional ini berlaku di semua layanan Transjakarta baik Bus Rapid Transit (BRT), Non BRT, Bus Wisata hingga Mikrotrans. Selama periode libur Lebaran pihaknya mengoperasikan empat rute-rute menuju tempat wisata, yaitu Puri Beta - Ragunan (13D), Pulo Gadung 2 - Ragunan (4H), Juanda - Ancol (5H) dan Ragunan - Departemen Pertanian (GR3).

“Rute-rute itu akan melayani masyarakat mulai 22 sampai 30 April 2023. Kami siap mendukung kegiatan berwisata bagi warga DKI Jakarta dengan layanan kami,” katanya.
 

Selain rute tersebut, Transjakarta juga memiliki layanan ke beberapa tempat-tempat wisata di Ibu kota. Salah satunya Taman Mini Indonesia Indah dengan rute Kampung Rambutan - Pancoran via TMII (7D) dan Kawasan Monas dengan rute-rute BRT Koridor 1 Blok M - Kota, Koridor 2 Pulo Gadung - Juanda dan Koridor 3 Kalideres - Bundaran HI.

Adapun MRT Jakarta (Perseroda) akan menerapkan pola operasional akhir pekan selama lebaran Idulfitri 1444 H, dari Rabu, 19 April 2023 sampai Selasa, 25 April 2023. Pola operasional MRT Jakarta berlaku dari pukul 06.00 sampai 24.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan kereta setiap 10 menit.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo mengatakan, seluruh 13 stasiun akan dibuka sesuai dengan jam operasional tersebut. Telah disiapkan 205 jumlah perjalanan kereta dan tujuh rangkaian kereta untuk melayani masyarakat sesuai dengan pola operasional tersebut.
 

“Selain itu, dalam rangka menghadirkan pengalaman terbaik bagi masyarakat selama liburan lebaran tahun ini MRT Jakarta menyiapkan sejumlah program menarik bagi para pengguna jasa,” kata Pratomo.

Program tersebut antara lain pelayanan contact center yang lebih efektif dan efisien, pelayanan stasiun dengan menitikberatkan potensi kepadatan penumpang, penjualan tiket single trip, hingga berbagai promo seperti bioskop, restoran, belanja, dan tujuan wisata. Informasi lebih detail dapat dilihat pada akun resmi media sosial PT MRT Jakarta (Perseroda).

“Terkait angka keterangkutan, jumlah pengguna jasa MRT Jakarta terus meningkat. Maret 2023, tercatat lebih dari 2,6 juta orang menggunakan MRT Jakarta dengan rata-rata harian 87.000 orang. Angka ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan MRT Jakarta,” jelasnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Begini Cara Mencegah Berat Badan Naik hingga Obesitas setelah Lebaran

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Kamera CCTV 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: