Jembatan kaca Kemuning Sky Hills (Sumber Foto:Hypeabis/M Rochmad Purboyo)

Mudik Ke Solo? Yuk Kunjungi Jembatan Kaca Kemuning Sky Hills

20 April 2023   |   16:30 WIB

Selain bersilaturahmi, kebanyakan orang memanfaatkan mudik Lebaran dengan mengunjungi tempat wisata di sekitar daerah tempat dia mudik. Bagi kalian yang tinggal di Surakarta dan sekitarnya, tidak ada salahnya untuk berwisata ke jembatan kaca Kemuning Sky Hills yang lagi viral.

Kawasan Kemuning, Karanganyar Jawa Tengah yang tidak jauh dari tempat wisata kawasan pegunungan nan dingin Tawangmangu ini memang terus berbenah. Kawasan yang terkenal dengan wisata candinya seperti Candi Sukuh dan Candi Cetho ini terus menambah tempat wisatanya, salah satunya adalah jembatan kaca Sky Hills.

Baca juga: Inilah 10 Kota Populer Tujuan Mudik 2023, Ada Kampung Halamanmu?

Saat berkunjung sebelum Bulan Puasa lalu, jembatan yang berlokasi di Kecamatan Ngargoyoso ini masih ada bagian yang lagi dikerjakan dan baru terbangun sebagian, atau panjangnya sekitar 40 meter. Menurut petugas, panjang jembatan ini segera bertambah lagi menjadi 120 meter dalam waktu dekat.

Lokasi jembatan kaca di atas kebun teh dengan tiang setinggi 15-30 meter ini tidak terlalu jauh dari Candi Cetho, sekitar 3,9 km dan waktu tempuh dengan mobil kurang dari 15 menit. Adapun jarak tempuh dari Solo sekitar 1 jam bila lancar.

Kawasan pariwisata yang baru dibuka pada tahun ini tersebut sempat digratiskan, tetapi mulai Februari sudah ditetapkan tarif Rp20.000 per pengunjung.
 

jembatan kaca Kemuning Sky Hills (Foto Hypeabis/M R Purboyo)

jembatan kaca Kemuning Sky Hills (Sumber foto: Hypeabis/M R Purboyo)

Untuk menuju lokasi jembatan kaca ini, pengunjung harus parkir di tempat yang ditentukan yang jaraknya lumayan jauh. Pengunjung punya pilihan untuk berjalan kaki atau menggunakan kendaraan off road bila malas berjalan.

Pilihan berjalan juga cukup menyenangkan karena melewati kebun teh dan udaranya cukup dingin, dengan kondisi jalannya juga nyaman dengan banyak tempat jajanan makanan dan kafe sederhana.

Saat berkunjung bukan pada hari libur, pengunjung cukup sepi, sehingga kita bisa mengeksplorasi jembatan kaca tersebut tanpa terganggu dengan pengunjung lain. Apalagi udara cerah. Menurut petugas, jumlah pengunjung pada hari libur Sabtu - Minggu cukup banyak sehingga petugas sering membatasi pengunjung yang berada di lokasi jembatan kaca.

 

Bukit Teletubbies (Sumber foto: Hypeabis.id/MR Purboyo)

Bukit Teletubbies (Sumber foto: Hypeabis.id/MR Purboyo)

Dari jembatan kaca tersebut kita bisa melihat panorama kebun teh dan pemandangan Kemuning dan sekitarnya yang begitu indah. Tentu saat menginjakkan kaki pertama kali di atas kaca bening yang bisa melihat dasar yang terasa begitu tinggi, tentu menimbulkan rasa takut. Apalagi bila melihat anak-naak kecil yang  berlari di atas jembatan kaca tersebut, membuat kita jadi was-was.

Namun, pengunjung lama kelamaan akan terbiasa sehingga bisa lebih nyaman untuk melihat pemandangan dan mengambil foto di berbagai spot jembatan tersebut.

Selain jembatan kaca, di sampingnya juga ada bukit yang berbentuk mirip dengan rumah Teletubbies yang disebut sebagai Bukit Teletubbies. Kita juga bisa mengunjungi tempat itu tanpa membeli tiket lagi dan berfoto dengan tokoh Teletubbies yang stand by di tempat tersebut.

Di lokasi itu juga ada tempat untuk melakukan olahraga ekstrem Paralayang, tetapi, menurut petugas yang jaga, tempat tersebut sudah jarang dipergunakan. Namun jangan khawatir, bila ingin mencoba olahraga ini, bisa berkunjung ke Paralayang Kemuning yang jaraknya hanya 3,3 km atau sekitar 15 menit ditempuh denga mobil.

Baca juga: Enggak Perlu ke Luar Negeri, Indonesia juga Punya Jembatan Kaca Seruni Point

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cek Daftar Lokasi Salat Idulfitri Muhammadiyah di Kawasan Jabodetabek

BERIKUTNYA

Manajemen Istirahat Saat Mudik: Jangan Tunggu Lelah Baru Berhenti

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: