Ilustrasi Menangis (Sumber gambar: Unsplash/Louis Galvez)

Tak Perlu Malu, Ini 5 Manfaat Menangis Ketika Galau

19 April 2023   |   21:34 WIB

Like
Menurut KBBI V, pengertian menangis didefinisikan sebagai melahirkan perasaan sedih (kecewa, menyesal) dengan mencucurkan air mata serta mengeluarkan suara (tersedu-sedu, menjerit-jerit). Kemudian, secara umum menangis merupakan respons alami saat merasa sedih, kehilangan, terharu, frustasi hingga bahagia.

Lalu, ada stereotip ketika pria menangis adalah sosok pria yang cengeng dan lemah. Pria juga selalu dituntut untuk kuat dan tabah. Padahal, tidak pernah ada larangan untuk pria menangis. Sementara itu, wanita seringkali dianggap wajar ketika mengungkapkan perasaan dengan menangis.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Siap Menyayat Hati Penonton
 

Ilustrasi Pria Menangis (unsplash/Annie Spratt)

Ilustrasi Pria Menangis (unsplash/Annie Spratt)

 

Dilansir dari berbagai sumber kesehatan, ada beberapa manfaat menangis yang harus diketahui oleh Genhype:

1. Meningkatkan suasana hati

Manfaat pertama dari menangis adalah meningkatkan suasana hati. Maksud dari pernyataan ini ialah ketika Genhype menangis terisak-isak maka kalian menghirup udara dingin dengan cepat. Hal ini dapat membantu kita mengatur dan menurunkan suhu otak. Otak yang dingin lebih disukai bagi tubuh dan pikiran dibandingkan otak yang hangat sehingga suasana hati kita membaik setelah menangis terisak-isak.


2. Menenangkan diri

Manfaat kedua dari menangis ini adalah menenangkan diri. Pernyataan ini bermaksud ketika Genhype menangis akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Saraf ini membantu tubuh dalam mencerna apa saja yang baru terjadi dan membantu tubuh untuk beristirahat.

Akan tetapi, manfaatnya tidak dirasakan secara langsung. Perlu beberapa waktu saat air mata kita menetes dan setelah itu manfaatnya baru terasa, yakni lebih tenang.


3. Mengurangi rasa sakit

Manfaat ketiga dari menangis, yaitu mengurangi rasa sakit. Maksudnya ketika Genhype menangis akan membantu tubuh dalam melepaskan hormon oksitosin dan hormon endorfin. Setelah hormon endorfin dilepaskan, tubuh kita akan mengalami sedikit mati rasa. Kemudian, hormon oksitosin ini dapat memberikan perasaan tenang atau sejahtera dan menggantikan mati rasa tersebut.


4. Mendetoksifikasi tubuh

Manfaat keempat dari menangis ini ialah mendetoksifikasi tubuh. Adapun manusia sendiri mempunyai tiga jenis air mata, yaitu air mata refleks, air mata yang terus-menerus keluar (continuous tears), dan air mata emosional.

Air mata emosional ini yang memiliki manfaat kesehatan. Jika continuous tears mengandung 98 persen air, air mata emosional diduga mengandung hormon stres dan racun lainnya. Para peneliti mempercayai bahwa menangis dapat mengeluarkan hal-hal buruk dari sistem tubuh meski dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut mengenai hal ini..


5. Membantu pulih dari kesedihan

Manfaat kelima dari menangis, yakni membantu Genhype pulih dari kesedihan. Kesedihan merupakan suatu proses yang kita lewati saat berduka. Dalam proses ini muncul rasa sedih, bersalah, mati rasa, dan kemarahan. Maka dari itu, menangis sangat penting dilakukan saat Genhype dalam masa berduka.

Menangis dapat membantu proses Genhype dalam menerima kehilangan orang yang dicintai. Adapun tiap individu mempunyai cara yang berbeda untuk melewati masa berduka ini. Jikalau rasa sedih ini tidak berkesudahan, sebaiknya Genhype segera minta bantuan ke ahlinya seperti psikolog.

Baca juga: Cek 7 Lagu Galau Sheila on 7, Cocok Jadi Playlist Patah Hati

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Drakor Ini Jadi Nominasi Drama Terbaik di Baeksang Arts Awards 2023

BERIKUTNYA

5 Tip Agar Ketupat Lebaran Awet dan Tidak Mudah Basi, Pulen dan Lembut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: