Poster-poster drama yang menjadi nominasi drama terbaik Baeksang Arts Awards 2023. (Sumber: Instagram/Baeksang.official)

5 Drakor Ini Jadi Nominasi Drama Terbaik di Baeksang Arts Awards 2023

19 April 2023   |   17:24 WIB

Like
Acara penghargaan prestisius di Korea Selatan, Baeksang Arts Awards 2023 akan segera dimulai. Penghargaan yang diperkenalkan oleh Chang Key-young pada 1965 ini, akan menjadi perhelatan yang ke-59. Penghargaan ini hanya diberikan kepada pekerja terbaik di dunia hiburan, yang meliputi drama, film, dan musik.

Terdapat puluhan kategori yang akan direbutkan oleh para insan seni di Negeri Ginseng tersebut. Salah satu kategori yang paling dinanti penonton adalah kategori televisi: Drama Terbaik, dengan lima judul yang menjadi nominasi setiap tahunnya.

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Baeksang Arts Awards Ke-59, The Glory Masuk Kategori Best Drama

Berikut nominasi judul drama televisi terbaik dalam Baeksang Arts Awards 2023.


1. The Glory

Drama yang mengisahkan tentang pembalasan dendam Moon Dong-eun seorang korban perundungan kepada lima anggota kelompok pembully-nya memancing emosi penonton di setiap episodenya.  Akting apik yang dilakukan Song Hye-kyo, Lee Do-hyun, Lim Ji-yeon, dan pemeran lainnya membuat drama ini memiliki rating 100 persen berdasarkan Rotten Tomatoes.

Dalam penulisan naskahnya sendiri, Hwam&Dam Pictures menggaet penulis Kim Eun-sook yang pernah menuliskan kisah dari drama Descendants of the Sun yang tayang pada 2016 lalu.

Kisah yang ditulisnya rata-rata diambil dari kisah nyata yang terjadi di kehidupan para remaja Sekolah Menengah Atas (SMA) di Korea Selatan. Dengan membawa genre thriller, drama, dan melodrama sukses menaikkan The Glory sebagai nominasi di Baeksang Arts Awards 2023.


2. Little Women

Little Women dihiasi dengan aktris papan atas Korea Selatan seperti, Kim Go-eun yang pernah beradu peran bersama Lee Min-ho dalam judul The King: Eternal Monarch, Nam Ji-hyun aktris 27 tahun yang sukses dengan perannya sebagai Yeon Hong-shim dalam 100 Days My Prince, dan Park Ji-hu yang dikenal melalui perannya dalam All of Us Are Dead.

Dalam drama ini, ketiga aktris tersebut menjadi saudara kandung yang memiliki keterbatasan dalam financial. Latar belakang orangtua mereka yang buruk mengharuskan Oh In-joo (Kim Go-eun) dan Oh In-kyung (Nam Ji-hyun) banting tulang dengan usaha terbaik mereka untuk menyejahterakan kehidupan adik kecilnya Oh In-hye (Park Ji-hu).

Nahasnya keluarga tersebut terjebak dalam kasus hilangnya uang yang bernilai 70 milliar won sehingga Oh In-joo harus berurusan dengan Park Jae-sang seorang politisi yang berambisi menjadi presiden.

Drama yang memiliki label aksi, thriller, dan misteri ini membuat orang yang menontonnya menjadi tegang dan ikut masuk ke dalam konflik yang terjadi di dalamnya. Little Women ditayangkan pada tahun 2022 lalu di Netflix.


3. Extraordinary Attorney Woo

Drama genre hukum dan romansa ini menghadirkan tingkah cerdas serta, menggemaskan dari Woo Young Woo yang diperankan oleh Park Eun-bin. Woo Young Woo dikisahkan sebagai orang yang mengidap autism spectrum disorder sejak kecil. Namun karena kecerdasannya dia berhasil lulus dengan nilai terbaik dari Seoul National University di bidang hukum.

Di firma hukum tempatnya bekerja, Woo Young Woo bertemu dengan Lee Joon-ho asisten pengacara di Firma tersebut. Petualangan yang dilakukan keduanya dalam kasus-kasus hukum menjadikan penonton kagum dengan kemampuan Woo Young Woo. Tak ayal, drama besutan Astory yang disutradarai Yoo In Shik mendapatkan rating 17,53 persen dalam laporan Nielsen Korea.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Drakor Extraordinary Attorney Woo Wajib Ditonton

4. My Liberation Notes

Drama melankolis My Liberation Notes yang tayang di JTBC dan platform Netflix ini sempat menjadi perbincangan pada tahun 2022. Dengan jumlah 16 episode penonton disajikan cerita yang relevan dalam kehidupan keluarga dan sosial.

Dikisahkan, Yeom Chang- (Lee Min-ki) anak sulung yang memiliki dua adik perempuan Yeom Gi-jeong (Lee El), dan Yeom Mi-jeong (Kim Ji-won) tinggal di sebuah pedesaan yang ada di pinggir Kota Seoul.

Jarak rumah dan kantor tempat mereka bekerja membuat ketiganya jenuh di perjalanan sehingga memikirkan kehidupan yang lebih baik dengan menetap di kota tetapi ayahnya yang tidak setuju membuat mereka harus rela pulang-pergi puluhan kilometer setiap harinya.

Di desa itu, ada seorang laki-laki pengangguran yang tidak diketahui nama dan latar belakangnya. Setiap hari, dia bekerja di pabrik milik ayah Yeom bersaudara. Ketika malam, Yeom Mi-jeong selalu memperhatikan aktivitas laki-laki itu sampai akhirnya mereka semakin dekat.

Naskah My Liberation Notes ditulis oleh Park Hae Young dan disutradari oleh Kim Seok Yoon. Nilai kekeluargaan, rasa kesepian, dan harapan yang dihadirkan mereka dalam kisah drama ini membuat penonton bercermin dalam kehidupan mereka.


5. Our Blues

Drama yang dibintangi pasangan Shin Min-ah dan Kim Woo-bin ini tayang pada 2022 lalu, dengan membawa kisah kehidupan warga pedesaan di Pulau Jeju. Berhasil menarik minat orang untuk menontonnya.

Membawa kisah keresahan warga Pulau Jeju dan latar belakang masalah dari masing-masing warganya membuat drama ini menjadi salah satu drama yang dinikmati penonton dan berhasil menjadi nominasi Baeksang Arts Awards tahun ini.

No Hee-kyung sebagai penulis naskah membawa cerita dengan gaya omnibus sehingga drama ini menjadi seperti gabungan anatara drama dan film pendek. Our Blues ditayangkan pertama kali di tvN dan Netflix dan berhasil meraih rating 14,60 persen berdasarkan Nielsen Korea.

Itulah lima judul drama yang masuk nominasi drama terbaik di Baeksang Arts Awards 2023. Kira-kira Genhype sudah menonton yang mana dan judul apa yang kalian dukung?

Baca juga: 4 Drama Korea Terbaru Untuk Menemani Libur Lebaran, Ada Duty After School

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Banyak yang Belum Tahu, Pemandangan Pantai Soge Pacitan Kece Badai

BERIKUTNYA

Tak Perlu Malu, Ini 5 Manfaat Menangis Ketika Galau

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: